5 Perbedaan Spesifik antara Mouse Biasa dengan Mouse Gaming

Kamu tim mouse biasa apa gaming nih?

Penasaran nggak sih kira-kira apa saja perbedaan antara mouse biasa dengan yang versi gaming? Baca artikel ini buat tahu jawabannya.

Pengguna laptop atau PC pasti sudah nggak asing dengan mouse. Ya kan? Benda kecil yang satu ini dapat memudahkan pengguna untuk menavigasikan laptop atau PC dengan cepat.

Makin ke sini, mouse telah dibagi menjadi beberapa jenis. Ada mouse biasa dan juga mouse gaming. Mouse biasa dirancang untuk aktivitas ringan, sedangkan yang versi gaming dirancang khusus untuk menunjang aktivitas gaming.

Tapi sebenarnya masih ada perbedaan mouse biasa dengan mouse gaming yang lebih spesifik lho. Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk, langsung saja kepoin ulasan di bawah ini.

Desain

Mouse biasa pada umumnya memiliki desain yang polos alias biasa-biasa saja. Bahkan untuk pemilihan warna pun, mouse biasa mayoritas cuma pakai satu warna saja. Kalau pun ada yang memadukan beberapa warna, mereka tetap saja terlihat kalem alias nggak mencolok.

Sumber : Lazada

Beda dengan mouse khusus gamer, di mana mayoritas dari mereka dibikin dengan desain yang lebih keren. Nggak cuma itu, warna-warna mouse model ini juga sengaja dibikin lebih mencolok seperti merah, kuning, biru, hijau, dll.

Punya Banyak Tombol

Sebagai pengguna mouse biasa, kamu pasti paham banget kalau mouse biasa umumnya punya tombol yang simpel. Dengan begitu penggunanya lebih mudah menavigasikan mouse sesuai kebutuhan.

Sumber : Amazon

Terus gimana dengan yang versi gaming? Beda. Mouse model ini mayoritas hadir dengan banyak tombol tambahan. Fungsinya beda-beda, ada tombol untuk mengatur resolusi DPI, Triple Click, Back-Next, dll.

Resolusi DPI

Mungkin sebagian dari kamu nggak pernah memperhatikan resolusi DPI pada mouse. Apa sih yang dimaksud resolusi DPI?

Sumber : The WiredShopper

DPI adalah standar yang digunakan untuk mengukur sensitivitas mouse. Semakin besar jumlah DPI, maka semakin tinggi pula sensitivitas mouse.

Mouse biasa rata-rata cuma memiliki DPI sekitar 500 – 800. Sementara mouse gaming mampu mencapai 1200 DPI ke atas. Bisa dibilang kalau sensitivitas mouse gaming jauh lebih akurat dan cepat dibanding versi biasa.

Sensor LED

Mouse gaming nggak cuma dibekali banyak tombol dan warna mencolok. Perangkat yang satu ini juga dibekali sensor LED yang disematkan di dalamnya. Inilah yang jarang dimiliki oleh mouse biasa.

Lalu apa sebenarnya fungsi sensor LED pada mouse gaming? Sensor ini berfungsi untuk membantu memperbaiki kualitas kecepatan gerakan mouse.

Harga Jauh Lebih Mahal

Perbedaan terakhir ini sebenarnya yang paling mencolok sih menurut saya, yakni soal harga. Mouse gaming rata-rata pasti dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding versi biasa.

Sumber : Blibli

Kenapa? Sebab versi gaming hadir dengan desain dan teknologi yang lebih modern. Selain itu, fitur-fiturnya juga jauh lebih lengkap dibanding mouse biasa.

Biasanya harga mouse khusus gamer bisa sekitar Rp 500.000 ribu sampai jutaan rupiah. Sementara mouse biasa bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 30.000 hingga ratusan ribu. Perbedaan harganya kontras banget kan?

%d blogger menyukai ini: