Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Perbedaan Netbook dan Notebook yang Belum Diketahui Banyak Orang

Indri Penulis

Mungkin pada waktu dulu, komputer hanya dapat digunakan dalam satu tempat saja. Namun berbeda dengan saat ini, dimana seseorang dapat membuka komputer dimana saja.

Tentunya komputer yang kami maksud disini, tidak yang berukuran besar dan berat. Melainkan sebuah perangkat yang dapat dibawa kemana pun. Banyak orang menyebutnya sebagai laptop atau notebook.

popculture.id

Perangkat tersebut memang sangat populer saat ini. Sebab banyak orang telah menggunakannya. Memang laptop terasa lebih praktis, hemat listrik dan dapat dibawa kemana saja.

Namun beberapa orang belum mengetahui, bahwa sebenarnya notebook atau laptop merupakan dua device yang sama namun berbeda.

Masih ada varian lain yang mirip dengan notebook atau laptop, namun mempunyai ukuran lebih kecil. Perangkat ini sering disebut dengan netbook.

Laptop pada awalnya merupakan komputer jinjing, yang mempunyai dimensi layar 18 inci. Hanya seiring berkembangnya zaman, laptop selalu mengacu pada berbagai jenis komputer yang dijinjing, berapapun dimensi layar yang dimilikinya.

Namun saat ini ada pula komputer jinjing yang mempunyai dimensi layar 18 inci. Umumnya perangkat tersebut disebut dengan notebook.

Tapi beberapa waktu terakhir, istilah notebook dan laptop saling tergantikan. Selain notebook dan laptop, masih ada lagi istilah lain yaitu netbook.

Sumber Gambar : Buka Review

Netbook biasanya mengacu pada kata ‘internet’ dan ‘book.’ Netbook biasanya identik dengan perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet, dan dapat dibawa kemana saja layaknya buku. Tidak jarang, netbook juga kerap disebut sebagai laptop.

Banyak orang bertanya-tanya perbedaan antara notebook dan netbook. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah merangkum 5 perbedaan notebook dan netbook. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain:

Dimensi Layar

Layar menjadi pembeda yang paling menonjol pada notebook maupun netbook. Laptop yang mempunyai dimensi layar sebesar 12-17 inci umumnya disebut notebook. Sementara itu, laptop yang mempunyai dimensi layar 7-11 inci disebut dengan netbook.

Akibat perkembangan smartphone dan tablet yang kian pesat, menjadikan netbook tidak terlalu populer seperti dahulu.

Bahkan kini sulit untuk menemukan netbook dengan dimensi layar 7-10 inci. Kini, laptop yang mempunyai dimensi layar 10-12 inci disebut dengan netbook.

Sementara untuk perangkat dengan dimensi layar dibawah 7 inci, umumnya hadir dalam tablet. Tablet dipandang bisa menggantikan netbook untuk saat ini.

Kehadiran DVD

DVD menjadi salah satu pembeda utama bagi notebook dan netbook. Notebook pada umumnya hadir dalam DVD. Hal ini disebabkan dimensi laptop lebih luas, sehingga muat untuk penambahan slot DVD.

Sementara itu, netbook tidak mempunyai slot untuk DVD. Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut mempunyai desain kecil.

[irp posts=”39920″ name=”Notebook Rocketbook Everlast Menggabungkan Analog dan Digital”]

Prosesor

Netbook pada umumnya merupakan laptop yang menggunakan prosesor kelas bawah. Bahkan prosesor netbook tergolong lambat, terlebih bila digunakan untuk pekerjaan berat.

Penggunaan prosesor kelas bawah dilakukan untuk menghemat daya. Hal ini karena netbook kerap dibawa kemana pun, dan biasanya hanya digunakan untuk browsing dan mengetik ringan.

Sedangkan notebook mempunyai prosesor dari kelas low-end hingga high-end. Prosesor low-end pada umumnya digunakan untuk kebutuhan dasar mengetik, nonton film, edit foto ringan, atau browsing.

Sementara itu, prosesor high-end mayoritas digunakan untuk pekerjaan berat dan gaming. Hal inilah yang kemudian memunculkan istilah notebook kelas, yaitu notebook gaming dan notebook premium.

Bobot

Karena netbook mempunyai dimensi lebih kecil, maka sudah pasti perangkat ini mempunyai bobot lebih ringan dibanding notebook.

Netbook memang sengaja didesain lebih kecil. Hal ini dilakukan agar mudah dibawa kemana saja. Pada umumnya, netbook mempunyai berat dibawah 2 kg.

Walaupun kini banyak notebook ringan, namun masih belum dapat menandingi netbook. Hanya saja, saat ini banyak notebook dengan layar 12 inci keatas, yang dibuat dengan desain tipis dan lebih ringan.

RAM

Pada awal munculnya netbook, perangkat ini hadir dengan RAM 512 MB hingga 1 GB. Namun saat ini banyak vendor memproduksi netbook dengan RAM 2 GB saja.

Untuk saat ini, mungkin RAM 2 GB terasa kurang. Apalagi jika pengguna ingin menggunakan sistem operasi Windows 10.

Sementara notebook hadir dalam berbagai varian RAM. Mulai dari RAM 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, bahkan ada pula RAM 32 GB.

    %d blogger menyukai ini: