Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Perfect Music: Music Player yang Sesuai Namanya

Anom Penulis

Masih dari ranah musik. Sekarang saya mau membahas aplikasi Perfect Music, sebuah music player Windows Phone yang mendapat banyak review positif. Kelihatannya aplikasi ini memang sesuai namanya. Apa memang begitu?

Perfect Music adalah aplikasi besutan Perfect Thumb. Developer ini telah meluncurkan banyak aplikasi Windows Phone. Salah satu yang pernah kami bahas adalah Perfect Recorder. Aplikasi yang menarik.

Player musik Windows Phone ini pun tidak kalah menarik. Perfect Thumb tetap mempertahankan desain yang sederhana. Perfect Music hadir dengan tampilan single view, bukan pivot. Fungsi swipe dimanfaatkan untuk navigasi dan beberapa fungsi lain.

Saat membuka aplikasi ini, kita langsung disuguhkan pada tampilan player. Player ini hadir dengan desain yang berbeda dari player Windows Phone biasanya. Mirip dengan MusikPlayer, Perfect Music memperlihatkan piringan yang berputar saat memainkan musik.

Di sini kita bisa tap pada piringan untuk on/off lagu, swipe kiri/kanan untuk lagu sebelum dan sesudah, swipe atas/bawah di slide kiri untuk opacity (tingkat tembus pandang) background aplikasi, swipe atas/bawah di slider kanan untuk volume, dan tap tombol yang ada untuk fungsi lain.

Salah satu fitur menarik adalah lirik. Saat memainkan lagu, aplikasi ini juga bisa membantu mencari lirik. Entah sumbernya dari mana, tapi ada beberapa lagu yang tidak muncul liriknya. Beberapa lainnya muncul dengan sukses.

Fitur menarik lain adalah memilih background aplikasi. Walau fitur ini mungkin cukup standar, tapi dengan desain aplikasi yang seperti ini, background benar-benar menambah cantik Perfect Music.

Tentunya, aplikasi ini juga menampilkan daftar lagu. Kita bisa mengatur filternya. Berdasarkan artis, album, alfabet, atau tanpa filter. Tampilannya cukup efisien. Kita bisa langsung memainkan lagu yang ada tanpa pergi ke halaman player (now playing). Lagi-lagi, kita cukup tap ikon untuk on/off lagu, dan swipe kanan/kiri untuk lagu berikut atau sebelumnya. Simpel dan solutif.

Baca Juga:  Deretan Fitur Resso yang Spotify Tidak Punya

Di samping fungsi gestur, sebenarnya yang membuat aplikasi ini efisien adalah pusat navigasi yang ada di application bar. Ada satu tombol yang hampir selalu hadir di tiap halaman. Tombol itu akan memunculkan menu dengan banyak pilihan. Tombol sakti ini sangat berguna terutama bagi pengguna ponsel Windows Phone yang cukup besar. Jari tidak perlu meraih jauh ke atas. Sekali lagi, simpel dan solutif.

Banyak yang bisa dibahas dari aplikasi Perfect Music ini. Tapi biarlah sampai sini dulu. Toh, di dalam aplikasi ini juga sudah ada panduan penggunaannya. Yah, sebagai music player, Perfect Music memang cukup lengkap. Jadi, aplikasi ini memang hadir cukup sesuai dengan namanya.