Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Perfect Tube: Aplikasi YouTube Lain di Windows Phone

Anom Penulis

Windows Phone adalah tempat developer indie berjaya. Salah satunya untuk aplikasi YouTube. Setelah beberapa aplikasi berkualitas hadir, tetap ada aplikasi bagus lain datang. Pilihan lain itu bernama Perfect Tube.

Aplikasi Perfect Tube dikembangkan oleh Perfect Thumb. Nama yang disebut belakangan ini sudah merilis banyak aplikasi di Windows Phone. Hebatnya, rata-rata aplikasi itu memiliki kualitas yang baik. Sebelum ini kami sudah membahas Perfect Music dan Perfect Recorder.

Dari segi tampilan, bisa dibilang cukup standar. Di bagian atas (header) ada beberapa pilihan untuk Kategori, Home, Search, dan Profile. Di bawahnya, ada pivot yang menunjukan pilihan halaman YouTube, seperti Popular, Subscription, dll.

Yang menarik, di samping menggunakan gestur swipe untuk pivot, kita juga bisa menggunakannya untuk memunculkan Kategori dan Profile. Swipe dari pinggir layar, dari kiri untuk Kategori, dan dari kanan untuk Profile. Maka menu pilihan lain akan muncul.

Perfect Tube mendukung video dengan kualitas dari 240p sampai 1080p (full HD). Aplikasi ini juga mendukung mini player. Misalnya kita mencari video lain, video yang kita tonton sebelumnya masih bisa ditonton di bagian kanan bawah. Swipe mini player ke kiri untuk menghapusnya.

Tampilan komentar juga cukup menarik. Komentar hadir dalam bentuk thread. Balasan akan muncul terkait dengan komentar utama. Desainnya juga enak dilihat.

Fitur lain yang hadir cukup standar. Yah, tidak jauh berbeda dengan aplikasi YouTube lain. Di antaranya seperti: Mengatur kualitas standar yang akan dimainkan, memilih region, memilih warna theme, juga upload video. Oh, ada juga pilihan membagi komentar di Google+ (Hehehe…).

Pengguna Windows Phone boleh berbahagia dengan hadirnya banyak aplikasi pihak ketiga. Semakin banyak pilihan (yang berkualitas), juga akan menguntungkan. Pengguna bisa memilih sesuai yang mereka sukai. Persaingan juga akan membawa aplikasi yang bersangkutan ke arah yang lebih baik.