Armello Untuk Android: Permainan Strategi Keren dan Offline

game strategi offline armello

Kamu mencari permainan strategi Android? Sudah coba Armello? Game ini merupakan turn-based strategy game dengan pendekatan ala board game dan bisa kamu mainkan offline.

Turn-based strategy game adalah permainan yang dijalankan bergiliran. Jadi, kamu dan musuh akan melakukan langkah taktis secara bergantian. Perhitungan langkah menjadi salah satu strategi untuk menang di game sejenis ini.

Armello mengambil inspirasi dari board game. Board game sendiri juga dimainkan secara bergantian. Tapi pendekatan Armello tidak hanya sebatas itu.

Gameplay Armello

armello android

Inti game Armello adalah perebutan tahta. Ketika raja hampir wafat (sekitar 7 hari), empat ksatria bergerak berebut wilayah dan pengaruhnya. Kamu adalah salah satunya. Gameplay Armello cukup kompleks. Jadi saya berusaha menjelaskan semampu saya.

Kamu bisa memilih Thanes (klan serigala), Amber (klan kelinci), Sana (klan beruang), atau Mercutio (klan tikus). Masing-masing memiliki karakteristik dan kemampuan berbeda. Kalau kamu memilih permainan offline, tokoh lain akan dimainkan oleh komputer (AI). Kalau memilih multiplayer, ya dimainkan oleh orang lain.

tampilan game armello

Pada setiap giliran, kita bisa melakukan tiga langkah/petak, kecuali lewat petak gunung yang terhitung 2 langkah. Ada petak desa yang bisa kita kuasai dan menjadi sumber emas, ada petak labirin dengan “bonus”, dll.Waktu menjalankan giliran terbagi dua, pagi dan malam. Ada tugas yang meminta kita menuju petak tertentu. Langkah menjadi bagian dari strategi permainan.

Setiap pagi, kamu akan menerima emas dari desa yang kamu kuasai. Kamu juga berkesempatan mendapat kartu sebagai modal senjata dan strategi melawan musuh. Ada tiga jenis kartu (item, spell, trickery) yang masing-masing memberikan kartu secara acak. Ada kartu yang bisa kita pakai sendiri, ada kartu yang bisa kita pakai untuk petak lain (termasuk untuk ksatria atau monster yang ada di petak itu).

kartu modal pertempuran

Pertempuran di Armello

Karena Armello meminjam sistem board game, pertarungan dilakukan melalui kocokan dadu (ada beberapa). Tiap sisi dadu memiliki simbol yang menentukan serangan atau pertahanan. Kalau kamu punya modal kartu di inventory, kartu itu akan mengganti salah satu dadu. Sehingga serangan atau pertahananmu lebih pasti.

battle di armello

Pertempuran terjadi kalau kamu bertemu dengan ksatria lain, monster, penjaga istana, atau bahkan raja. Kadang kalau kamu melangkah ke petak tertentu yang ada benderanya, kamu akan menemui tantangan (kartu yang dipasang di sana). Kamu harus mendapat simbol dadu yang sesuai dengan yang diminta (bisa juga dibantu kartu). Kalau tidak punya, kamu kena penalti.

Armello di Android

Armello sebenarnya tersedia di banyak platform. Kamu bisa membeli permainan strategi ini melalui Steam untuk Windows, macOS, atau Playstation. Tapi di Android game ini gratis dan bisa dimainkan offline. Sedikit keuntungan tersendiri.

Namun sejauh ini, kelihatannya permainan ini masih terbatas. Untuk versi single player yang Story, baru tersedia Prologue saja (silakan koreksi kalau saya salah). Sedangkan untuk multiplayer, kita harus menunggu cukup lama sampai semua pemain masuk ke gelanggang.

menang main armello

Walau begitu, permainan offline pun sudah cukup menghibur. Sayangnya, waktu permainan (perebutan tahta) terasa cukup pendek. Sehingga kita akan merasa belum cukup melakukan langkah strategis. Kadang sudah menang pun masih merasa belum puas.

Nah, kalau kamu memang penggemar permainan strategi β€” terutama yang bergiliran β€” silakan coba Armello.  Permainan strategi Android ini cukup lumayan untuk menghabiskan waktu. Lumayan sebagai alternatif dari game lain yang berirama cepat.

Download (Android)

Versi lain di Steam

More Stories
SaferPass: Aplikasi Password Manager Untuk PC dan Smartphone