Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Google Play Games di Windows akan Hadirkan Persyaratan Sistem yang Lebih Rendah

Indri Penulis

Uji coba beta kedua Google Play Games dimulai. Kali ini Google juga menurunkan persyaratan sistem Google Play Games untuk Windows.

Sebentar lagi impian gamer untuk memainkan game Android langsung di Windows akan segera jadi kenyataan. Semuanya akan terwujud lewat layanan Google Play Games yang sebentar lagi hadir di Windows.

popculture.id

Pengujian beta pertama Google Play Games untuk Windows telah dilakukan beberapa waktu lalu di 3 negara. Ketiga negara yang kebagian uji coba beta pertama adalah Korea, Hong Kong dan Taiwan.

Akhir Agustus 2022 ini, uji coba beta kedua sudah resmi dilakukan ke lebih banyak negara. Kali ini negara baru yang kebagian uji coba adalah Thailand dan Australia.

Walaupun statusnya masih beta, namun Google telah melakukan beberapa perbaikan pada Google Play Games Windows. Salah satunya adalah penurunan persyaratan sistem supaya Google Play Games bisa diakses oleh lebih banyak perangkat Windows.

Dalam uji coba beta kedua, Google mengatakan jika pengguna tidak lagi membutuhkan GPU khusus untuk menjalan Google Play Games. Jadi perangkat dengan GPU terintegrasi sudah bisa menjalankan layanan dengan lancar.

Google sendiri merekomendasikan agar perangkat setidaknya didukung Intel UHD Graphics 630 (atau yang setara). Fyi, Intel UHD Graphics 630 adalah GPU terintegrasi yang sudah berumur beberapa tahun. Kalau syarat sistemnya seperti itu, sepertinya mayoritas PC akan bisa menjalankan Google Play Games di Windows dengan aman sentosa.

Oya, Google juga telah mengubah persyaratan CPU. Kalau sebelumnya Google mematok CPU untuk memiliki minimal 8 core, sekarang CPU dengan 4 core pun sudah bisa. Dengan persyaratan ini, prosesor yang punya satu thread per prosesor (biasanya beberapa CPU kelas bawah atau kelas menengah) bisa menjalankan layanan dengan lancar.

Terakhir, Google juga menurunkan persyaratan penyimpanan. Sebelumnya Google mematok penyimpanan minimal untuk Google Play Games sebesar 20GB. Tapi sekarang syarat kapasitas sudah diturunkan menjadi 10GB.

Sementara itu, sampai sekarang belum diketahui pasti kapan layanan Google Play Games untuk Windows resmi diluncurkan. Tapi setidaknya dengan adanya penurunan persyaratan sistem, ini bisa jadi angin segar buat para pemilik PC entry-level.

    %d blogger menyukai ini: