Pertolongan Pertama yang Wajib Kamu Lakukan Saat Laptop Tersiram Air.

laptop-kena-air

 

Laptop yang tak sengaja terkena air tentu merupakan mimpi buruk yang tak di inginkan bagi setiap penggunannya.

Apalagi, jika bagian dalam laptop yang terkena, seperti bagian keybordnya. Hal Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian yang terpenting seperti motherboard.

Meski kedengarannya hanya sebuah hal sepele,  tapi alangkah baiknya kamu benar-benar menjaga laptop-mu dari kejadian seperti ini. Karena jika tidak, resiko yang kamu terima bisa jadi lebih berat dari yang kamu perkirakan.

Contohnya  hal yang paling sering dialami kebanyakan orang ini,  karena saking sibuknya para karyawan hingga terkadang tak sadar saat meletakkan air mineral di samping laptopnya.

Alhasil tanpa sengaja, air mineral yang ada disamping laptop tumpah membasahi laptop tersebut. Dan lebih parahnya lagi bagian terpenting dari laptop ikut tersiram air, yaitu bagian motherboard-nya.

Dan beberapa saat kemudian, laptop kalian pasti akan  mati. Jika hal itu terjadi, kalian pun harus menerima konsekuensi kerusakan pada bagian motherboard-nya. Biaya penggantian komponennya pun tidak sedikit.

Tentunya kalian harus segera mengganti komponen motherboard atau membeli laptop baru ,yang harganya tak jauh berbeda dari motherboard itu sendiri.

Nah, jika kalian mengalami kejadian yang sama seperti itu, sebaiknya simak tips khusus yang wajib dilakukan ketika laptop tersiram air.

Intinya jangan sampai panik ya guys, berikut ini adalah tips-tips yang harus kalian terapkan.

Lepaskan Kabel Charger

Sumber Gambar: ShopBack

Jika laptop sedang di-charger, segera cabut koneksi kabel charger-nya . Begitu juga dengan segera melepaskan baterai dari tempatnya, agar laptop benar-benar dalam keadaan mati tanpa ada aliran arus listrik apapun.

Pastikan Semua sumber listrik sudah terlepas dari laptop kalian , laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang sangat tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air tersebut .

Hal yang harus kamu ingat,  jika laptop-mu terkena air saat di-charger dan langsung mati, JANGAN sambungkan kabel charger ke unit laptop.

Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop dengan tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik yang cukup besar bagi kalian.

Keringkan Laptop

Sumber Gambar: Sodagar Komputer

Segera keringkan laptop dengan membalikkan laptop ke arah bawah ,dan lap menggunakan kain yang menyerap air. Atau keringkan menggunakan hairdryer untuk mengurangi air yang sudah masuk ke laptop.

Upaya ini dilakukan agar ‘mengurangi’ resiko air yang terlanjur masuk lewat celah keyboard. Kalau bisa, letakkan dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk mengetahui banyaknya air yang keluar .

Bersihkan bagian yang basah

Sumber Gambar: SegiEmpat

Sambil membalikkan laptop-mu, coba perhatikan kembali bagian-bagian dalam seperti lubang kabel USB, lubang charger , layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas kering untuk menarik cairan pada celah-celah lubang kecil tersebut . Lakukan tindakan ini dengan upaya untuk mengurangi cairan , tentunya dari bagian bagian yang basah.

Letakkan di dalam beras

Sumber Gambar: suckhoexanh.vn

Sama halnya dengan Smartphone yang sedang terkena air, simpan juga laptop ke dalam tumpukan beras. Hal ini dilakukan untuk mengingat kembali, jika beras adalah bahan yang bisa menyerap cairan.

Segera Bawa ke Reparasi

Sumber Gambar: Sodagar Komputer

Jika kamu sudah melakukan cara-cara diatas  namun laptop tak kunjung menyala juga, segeralah bawa laptopmu ke jasa reparasi  terdekat untuk diberikan pertolongan yang lebh lanjut.

Agar kajadian buruk ini tak terulang lagi, jangan sampai ceroboh lagi ya guys. Jaga laptopmu dengan baik agar tak mengganggu aktivitas kerjamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ada komentar?