Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

pin.it: Aplikasi Pinterest yang Layak Dipertimbangkan

Anom Penulis

Setelah aplikasi resmi Pinterest menghilang dari bursa Windows Phone secara diam-diam, kita kembali memalingkan wajah ke aplikasi pihak ketiga. Untungnya, komunitas Windows Phone memiliki developer aplikasi pihak ketiga yang solid. Begitu pun untuk aplikasi Pinterest. Ada Scrapbook for Pinterest (dulu bernama Pinspiration), ada Pin.it, atau PinInterest, dll. Sekarang kami mau membahas pin.it.

pin.it memiliki rating dan review yang baik di bursa. Kelihatannya yang paling baik di antara aplikasi Pinterest lainnya. Mari kita lihat bersama.

Tiap aplikasi Pinterest Windows Phone memiliki pendekatan yang berbeda untuk tampilannya. Yang paling mirip dengan mobile web atau–ahem–aplikasi resminya, kelihatannya PinInterest. Pin.it memang mempertahankan identitas Pinterest. Tapi dengan sedikit improvisasi penambahan ikon sebagai header pivot.

Saya suka pendekatan ini. Menurut saya, pendekatan semacam ini merupakan yang paling tepat untuk aplikasi jejaring sosial. Apalagi dengan pivot ala Windows Phone yang mengijinkan kita beralih halaman hanya dengan swipe kiri/kanan.

Dengan sistem pivot itu, pin.it menghadirkan fitur Pinterest dengan cukup nyaman. Ada timeline, kategori, notifikasi, pesan, juga profil. Kita juga bisa membuat pin–baik copy-paste url gambar yang dituju atau upload–dan bisa juga membuat board.

Sayangnya, browser IE Windows Phone belum mendukung bookmarklet. Jadi agak sedikit repot kalau mau membuat pin dari ponsel. Semoga Spartan membuat perubahan besar. Pilihan lainnya, bisa menggunakan trik membuat semacam bookmarklet.

Kegiatan lainnya juga bisa dilakukan dengan baik. Melihat pin, melakukan repin, like, mengirim pin via message, atau memberi komentar. Membagi pin melalui sarana lain atau menyimpan gambar di ponsel juga bisa dilakukan di aplikasi pin.it.

Pengaturan, baik profil, pin, board, dll, juga bisa diselesaikan melalui aplikasi ini. Kelihatannya memang fitur yang cukup standar. Toh hal-hal tersebut membuat Pinterest cukup unik di dunia jejaring sosial.

Oya, profil juga hadir dengan tampilan pivot. Bedanya dengan halaman muka, di sini header menggunakan kata-kata. Lebih Windows Phone sih.

Salah satu keluhan yang banyak diajukan adalah login yang susah dan loading yang lama. Terus terang, saat mencoba aplikasi ini saya juga mengalaminya. Setelah berkomunikasi dengan Chris Zorn dan sedikit membandingkan dengan aplikasi lain, kelihatannya kesimpulannya sederhana.

Saat pertama dibuka, Pinterest kelihatannya memang cukup berat, bahkan melalui browser di komputer. Kelihatannya butuh waktu supaya aplikasi bisa mengaksesnya. Setelah proses login yang cukup lama, saya masih menunggu lagi supaya semua pin bisa muncul dengan baik. Tapi setelah beberapa kali, semua berjalan cukup baik. Yah, paling tidak begitu pengalaman saya (koneksi di tempat saya juga tidak terlalu baik).

Secara keseluruhan, saya menilai aplikasi pin.it merupakan aplikasi Pinterest yang layak. Walau saya pikir desainnya bisa lebih baik lagi, fungsinya sudah mencukupi kebutuhan. Apalagi aplikasi ini gratis (didukung iklan). Kalau mau mendukung developer-nya juga boleh. Silakan beli aplikasi ini (dan menghilangkan iklan) dengan harga Rp20.000,-