Asikkk.. Instagram Sekarang Punya Fitur Pin Post dan Reels!

Indri Penulis

Instagram umumkan fitur baru yakni untuk pin post dan Reels. Memungkinkan kamu menyematkan postingan dan Reels favorit di Instagram.

Persaingan antara Instagram dan TikTok makin memanas nih. Ya, apalagi sejak Instagram mendebutkan fitur Reels yang kini sukses menjadi rival tersengit TikTok. Sejak saat itu, Instagram makin sering mengadopsi fitur-fitur yang ada TikTok. Biar apa? Jelas biar pengguna setia mereka nggak hijrah ke TikTok.

Di bulan April lalu, Instagram dilaporkan tengah menguji coba fitur pin postingan. Sesuai namanya, fitur tersebut bisa dipakai untuk menyematkan postingan di halaman Profil.

Instagram Resmi Rilis Fitur Pin Post dan Reels

Setelah melalui tahap uji coba, awal Juni 2022 ini, Instagram akhirnya benar-benar merilis fitur tersebut. Kini fitur pin bisa kamu pakai untuk menyematkan post dan juga konten Instagram Reels favorit. Kabar ini diumumkan Instagram via akun Twitter resminya.

Selama ini Instagram memang sudah punya fitur pin. Tapi itu cuma bisa dipakai untuk menyematkan Stories favorit ke bagian atas kisi halaman Profil.

Dengan adanya pengumuman terbaru Instagram, sekarang kita bisa menyematkan postingan dan video Reels favorit di halaman Profil deh.

Bagaimana Cara Pin Post dan Reels Instagram?

Untuk menyematkan foto / Reels, caranya gampang banget. Kamu hanya perlu membuka postingan yang mau kamu pin. Setelah itu klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih menu “Pin to your profile.” Selesai.

Postingan yang disematkan bakal menempati baris pertama halaman Profil. Kalau kamu sering pakai TikTok, kamu pasti nggak bakal asing dengan tampilan fitur pin Instagram. Pasalnya selain postingan menempati baris pertama di halaman Profil, postingan yang disematkan juga bakal ditandai dengan logo pin di pojok kanan atas.

Bisa dibilang ini adalah cara rapi untuk menyorot postingan favoritmu, yang selama ini mungkin sudah terkubur jauh oleh postingan-postingan terbaru. Konten kreator yang notabene sering memposting konten baru, pasti juga akan merasa sangat terbantu dengan adanya fitur anyar ini.

Sementara itu dengan adanya fitur pin postingan di Instagram, hal ini akan membuat Instagram makin identik dengan TikTok. Yah seperti yang kita tahu, fitur pin semacam ini sudah ada di TikTok cukup lama. Jadi setelah Instagram meluncurkan fitur tersebut, kesannya mereka ‘lagi-lagi’ mencomot fitur yang ada di TikTok.

Hmmm mau gimana pun juga, nggak bisa dipungkiri, keberadaan fitur pin di Instagram benar-benar sangat membantu. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: