Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Samsung Galaxy A72 – Modal Paten Untuk Mulai Jadi Content Creator

samsung galaxy a72
Anom Penulis

Memulai karir jadi content creator (atau kreator konten) membutuhkan nggak cuma kerja keras dan konsistensi. Tapi juga modal perangkat yang memadai sebagai alat bantu. Yah, paling nggak berdasar pengalaman saya. Nah, kalau kamu mencari perangkat yang pas untuk mulai jadi content creator, ponsel Samsung Galaxy A72 pantas jadi pilihan.

Bukan apa-apa. Smartphone saat ini sudah menjadi perangkat yang paling sering kita pakai. Fungsinya pun beragam. Mulai dari menelpon dan mengirim pesan, memotret, merekam video dan mengeditnya, sampai menerbitkan konten atau karya. Kalau kata Three Musketeers, “One for all, and all for one.”

Lalu kenapa Samsung Galaxy A72? Well, dengan harga sekitar Rp6 juta, Samsung Galaxy A72 memiliki berbagai fitur yang memenuhi—bahkan di atas rata-rata—kebutuhan membuat konten. Hm, saya memang bukan pakar investasi. Tapi menurut saya, dengan fitur dan kualitas yang dimilikinya ponsel ini punya nilai lebih.

Tapi coba kita lihat kemampuan ponsel ini lebih jauh.

Kamera: Jernih & Banyak Fitur

Kalau kamu mau jadi content creator, foto dan video adalah konten yang wajib kamu siapkan. Apa kamu perlu jadi pakar fotografi atau videografi? Heh, nggak juga. Karena teknologi kamera jaman sekarang sudah memadai.

Bagaimana dengan kamera Samsung Galaxy A72? Ponsel ini punya 4 kamera belakang. Ada kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 12MP, kamera telefoto 8MP, dan kamera makro 5MP. Kamera utama dan kamera telefotonya memiliki dukungan OIS (optical image stabilization). Lalu kamera depan (selfie) memiliki resolusi 32MP.

Dari sisi mode yang ada di aplikasi kamera, Samsung Galaxy A72 juga punya banyak mode. Termasuk beberapa mode seru. Seperti AR Zone untuk menghadirkan bentuk 3D (termasuk AR Emoji), Single Take untuk mengambil beberapa mode dalam sekali rekam, video Super Slo-mo, dan mode Fun yang menghadirkan filter atau mask dari Snapchat.

Hasil foto dan videonya pun jernih dan terang. Jadi selain bisa kreatif membuat konten, kamu tetap mendapat hasil maksimal tanpa perlu repot mengatur ini itu. Termasuk kalau kamu mau memakai ponsel sebagai pengganti webcam.

Layar: Tajam & Mulus

Layar jadi faktor berikutnya yang layak kita perhatikan. Yah, karena inilah “ruang kerja” kita. Asiknya, Samsung Galaxy A72 punya layar jempolan.

Layarnya berukuran besar, yaitu 6,7 inci. Namun karena rasio 20:9, ponsel ini masih bisa kita pegang dengan enak. Ukuran dan rasio layar ini memberi ruang leluasa, misalnya untuk split screen waktu riset. Bagian atas bisa buat nonton referensi video, bagian bawah untuk bikin catatan konsep.

layar samsung galaxy a72

Tapi ukuran layar ini baru sebagian kisah saja. Kualitas dan responsivitas layar memberikan pengalaman penggunaan yang membuai. Bagaimana tidak, layar FHD+ ini merupakan Super AMOLED dengan kecerahan mencapai 800 nits tapi dilengkapi Eye Comfort Shield supaya nyaman dilihat. Lalu, dukungan refresh rate 90Hz membuat tampilan gerakan animasi dan operasional di layar sangat mulus.

Kualitas layar yang jempolan ini bisa bikin kamu betah beraktivitas di ponsel. Entah itu membuat konten, mengedit video, atau rapat dan kolaborasi lewat video call, bahkan untuk sekedar mengikuti tren di media sosial.

Baterai: Besar & Awet

Bicara soal betah beraktivitas di ponsel tentu tidak afdol kalau nggak bicara soal baterai. Yah, Samsung Galaxy A72 punya baterai berkapasitas 5000mAh, dan saya yakin kamu sudah tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan kapasitas seperti itu.

Anyway, sekedar memberi gambaran, saya bisa pakai kamera ke laptop sebagai webcam selama 30 menit dan baterai hanya turun tidak sampai 10% persen. Kelihatannya sederhana, tapi aktivitas ini menuntut layar aktif, aplikasi kamera aktif, dan secara bersamaan mengantar tampilan 1080p (full HD) dari kamera ke laptop.

pemakaian baterai samsung galaxy a72

Asiknya lagi, Samsung Galaxy A72 juga mendukung fast charging 25W. Artinya, kamu bisa mengisi baterai dengan cepat. Saya bisa mengisi baterai dari 17% sampai 89% tidak sampai satu jam.

Jadi… ya, kamu tidak perlu kuatir baterai terkuras ketika kamu sibuk membuat konten. Kalau pun habis, kamu nggak butuh waktu lama untuk mengisinya lagi. Dengan begitu, aktivitasmu tidak terganggu oleh masalah low-bat (hari gini masih bingung low-bat?).

Performa

Spesifikasi internal Samsung Galaxy A72 meliputi chipset Octa-core, pilihan RAM 6GB atau 8GB, dan penyimpanan 128Gb atau 256GB, dengan dukungan SDcard. Spesifikasi ini mungkin bukan yang paling canggih. Tapi sudah di atas rata-rata dan mampu menjalankan berbagai aplikasi (termasuk berpindah antar aplikasi) dengan mulus.

Misalnya untuk main game sambil merekam tampilan layar, mengeditnya, menambah logo atau teks, dan upload ke berbagai medsos, seperti Instagram atau YouTube. Apalagi kalau “cuma sekedar” rekam video biasa. Gampang.

Investasi yang Bikin Hoki

Jadi bisa kamu lihat. Dengan berbagai fitur di atas, harga sekitar Rp6 juta untuk Samsung Galaxy A72 bisa dibilang sebuah investasi. Paling tidak dalam beberapa tahun ke depan (let’s say 2-3 tahun) kamu sudah aman dalam membuat konten.

Dalam jangka waktu itu kamu bisa mendorong konten yang kamu buat ke berbagai media sosial dan, syukur-syukur, sudah bisa meraih pendapatan. Pada titik itu, kamu bisa mengembangkan kelengkapan untuk membuat konten (lampu, mikrofon, dll) atau bahkan ganti smartphone (naik kelas ke Samsung Galaxy S21 mungkin?).

Lagipula, merek Samsung membawa nilai tersendiri. Kalau kamu mau jual lagi, nilainya masih cukup tinggi. Bahkan kamu bisa memanfaatkan program tukar tambah dari Samsung. Sebagai gambaran, Samsung masih memberi nilai tertinggi untuk Galaxy A71 sebesar Rp3.000.000. Not bad, huh?

Bagaimana? Menarik kan? Kalau tertarik, silakan kunjungi situs resmi Samsung.

    %d blogger menyukai ini: