YouTube Android Punya Posisi Tombol dan Fitur Gestur Baru

YouTube memperbarui aplikasi mereka di Android dengan merubah beberapa letak tombol dan menambah penggunaan gestur. Apakah sekarang jadi lebih enak?

Bukan rahasia lagi kalau smartphone adalah gawai yang paling sering kita pakai. Dengan begitu, penampilan dan pemakaian aplikasi pun menyesuaikan perilaku di smartphone. Secara perlahan, penampilan aplikasi di smartphone berbeda dengan di komputer.

Perubahan di aplikasi YouTube Android pun merupakan hasil perkembangan itu. Tentunya agar aplikasi lebih nyaman dipakai. Bahkan YouTube pun sudah mendukung video vertikal dan meluncurkan Shorts untuk merangkul pengguna smartphone.

Seperti apa perubahan tombol dan penambahan gestur di aplikasi YouTube Android?

Posisi Tombol Close Caption dan Autoplay

Dulu, posisi tombol close caption (teks video) ada di dalam menu yang muncul dari bawah, tapi untuk membukanya tersembunyi di tombol elipsis (titik tiga). Kini posisi tombol close caption aplikasi YouTube Android ada di pojok kanan atas video. Langsung terlihat dan bisa langsung ditekan.

tombol teks video youtube android

Sedangkan tombol autoplay tadinya berada di bagian bawah, di atas video yang akan muncul selanjutnya (saran video). Kini tombol autoplay aplikasi YouTube Android juga pindah ke bagian atas kanan video yang sedang kamu tonton.

tombol autoplay youtube android

Letak tombol baru ini memang lebih mudah karena semua berada di posisi yang serupa. Jadi pengguna tidak perlu repot mencari dan mudah mengingatnya.

Gestur Swipe untuk Layar Penuh

YouTube juga menerapkan gestur baru di aplikasi Android, yaitu swipe (geser) untuk mengubah tampilan layar video menjadi penuh atau mengecilkannya.

pemakaian gestur di aplikasi youtube android

Sekarang kamu bisa menggeser video ke atas untuk mengubah ke mode layar penuh. Lalu, ketika di mode layar penuh, kamu bisa menggeser video ke bawah untuk mengecilkan layar ke posisi semula.

Gestur ini sangat intuitif. Karena pengguna tidak perlu memencet tombol. Apalagi kini Android sudah memakai gestur sebagai cara operasional standar. Jadi memang sesuai.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: