Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Prahara Snapchat Windows Phone

Anom Penulis

Ya, aplikasi messenger Snapchat memang menciptakan prahara di dunia Windows Phone. Pertama, mereka belum merilis aplikasi resmi Snapchat Windows Phone, dan kedua, keputusan untuk melarang aplikasi pihak ketiga menyebabkan 6snap, aplikasi Snapchat buatan Rudy Huyn, ditarik dari bursa.

Seperti yang sudah kita ketahui, Windows Phone sekarang berada di posisi ketiga dalam market share smartphone. Rentang jumlah penggunanya pun cukup besar dari kedua platform lain. Dengan kata lain, masih jauh kalau dibanding iPhone dan Android. Ini menyebabkan perhitungan investasi dalam membuat aplikasi jadi sedikit kompleks. Beberapa pihak meragukan keuntungan dalam merilis aplikasi untuk Windows Phone. Pihak lain, lebih mementingkan investasi di kekuatan brand dan kepuasan penggunanya.

Entah kenapa, Snapchat tidak tergerak untuk membuat aplikasi di Windows Phone. Spekulasi tentang alasannya sudah cukup banyak dibahas. Sampai saat ini masih menjadi misteri.

Rudy Huyn kemudian membuat aplikasi pihak ketiganya, 6snap, sama seperti ia membuat 6tag untuk Instagram dan 6tin untuk Tinder (yang juga sempat jadi prahara). Dengan ini, keinginan pengguna Windows Phone (terutama di luar negeri) terhadap aplikasi resmi Snapchat bisa tersalurkan. Untuk sementara.

Seiring beberapa skandal foto yang bocor, Snapchat memperketat keamanannya. Seperti tertulis di blog mereka:

We want to prevent that from happening in our community. Starting today, we will notify Snapchatters when we have detected that they may be using third-party apps and we’ll ask those Snapchatters to change their password and stop using unauthorized apps.

Hasilnya, beberapa pengguna Snapchat yang memakai aplikasi pihak ketiga dikunci akunnya. Hal ini terjadi di semua platform. Kalau kalian membaca artikel di blog resmi Snapchat tersebut, kalian bisa melihat komentar soal itu.

Baca Juga:  Snapchat Kenalkan Fitur Dual Kamera Mirip BeReal, Namun Dengan Sentuhan Agak Berbeda

Yang paling menderita di sini tentunya pengguna Windows Phone yang notabene tidak memiliki pilihan lain. Dari sekian aplikasi Snapchat di Windows Phone, setahu saya, 6snap adalah yang paling sering melakukan update dan mengikuti peraturan Snapchat. Demikianlah, banyak pengguna Windows Phone menerima email peringatan dari Snapchat, dan lalu dibekukan akunnya. Kemudian, aplikasi 6snap ditarik dari bursa.

Prahara Snapchat ini melanda berbagai komunitas Windows Phone. Dari forum blog seperti di Windows Centra, forum Windows Phone di Reddit, dll. Ada yang mengusulkan beralih ke aplikasi lain yang sejenis, seperti Cyber Dust. Tapi seperti masalah messenger pada umumnya, penggunaan selalu mengikuti di mana teman-teman kita berada. Kalau di Indonesia, mungkin kasusnya seperti WhatsApp dan BBM.

Prahara ini pun mengalami jalan buntu. Semua usaha–baik melalui jejaring sosial, melalui halaman support Snapchat untuk incompatible device, melalui layanan uservoice (salah satunya ini: Make Snapchat for Windows Phone)–tidak mendapat tanggapan. Snapchat Windows Phone tetap menjadi angan-angan.

Bahkan belum lama ini Rudy Huyn berusaha menghubungi Snapchat melalui Twitter. Ia mempersilakan Snapchat mengecek source code aplikasi 6snap. Tentunya dengan harapan mendapat ijin, dan pengguna Windows Phone bisa tetap eksis di layanan Snapchat.

Memang, masalah perbedaan aplikasi antara di Windows Phone dan di platform lain sudah lama jadi bahan perbincangan. Baik yang sinis, optimis, atau sekedar menganalisa. Tahun lalu cukup menarik karena beberapa aplikasi besar merilis aplikasi resminya di Windows Phone. Misalnya Wunderlist dan Flipboard. Beberapa lainnya mendukung aplikasi pihak ketiga, seperti Pocket mendukung Poki.

Baca Juga:  Snapchat Kenalkan Fitur Dual Kamera Mirip BeReal, Namun Dengan Sentuhan Agak Berbeda

Bicara soal aplikasi pihak ketiga, sebenarnya di sini terletak keunggulan Windows Phone. Komunitasnya cukup solid. Developer indie banyak menerbitkan aplikasi pihak ketiga yang berkualitas (lihat aplikasi YouTube). Untuk itu, sudah selayaknya pengguna Windows Phone menghargai usaha para developer tersebut. Cara termudah adalah memberikan feedback soal bugs dan peningkatan kualitas melalui email atau kontak lain, memberikan rating dan review di bursa dengan baik: berikan deskripsi dan alasannya, kalau bisa, jadilah beta tester yang baik.

Nah, bagaimana menurut kalian pengguna Windows Phone di Indonesia?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. hedeh snapchat, ada ap sih dengan mu, instagram walaupun masih beta bertahun” tpi akhirnya mau aj tu nghadirkan diWP walau masih beta…. masih beta bro, beta brooo, T-T beta bro, bro beta bro. BETA Asem juga sih whahaha 6gag rudy keren abis dah.. manteppppp Lanjutkan para devlop WP… #Semangat

  2. mungkin para developer inti (pihak pertama) sedikit iri dengan pihak ketiga dimana mungkin dari segi desain, dan UI lebih bagus dan bisa merauk untung dari situ, jadi aplikasi utama kurang “laku”, lah ini, aplikasi utama aja ga ada, tapi sosoan -_-

  3. kayaknya gara gara snapchat mengunggulkan privasi makanya aplikasi aplikasi dan akun akun pihak ketiga dibekukan dan ditarik dari bursa. ya tapi emangnya aplikasi sanapchat dari rudy mengurangi keprivasian pengguna akun snapchat ya?

  4. maap oot gan. kalo softreset gagal memulihkan data kartu SD gimana ya solusinya??

  5. mungkin snapchat takut aplikasi pihak ketiga bisa jd celah buat hack situs atau akun user snapchat.

  6. yg menarik dr tulisan ini, afit ngambil intepretasi yg beda ttg twit rudy hyun. beda dari yg sy baca di windowscentral. ini yg sy suka dr blog ini, keep up the good works!

  7. teilah, make facebook dan twitter ga? itu yg bikin keturunan yahudi kok, tapi gw ga masalah, karena gw mikirin fungsi dan tujuan penggunaan kedua aplikasi itu, bukan siapa pembuatnya

  8. emang soft reset bisa buat memulihkan data di SD card ya? baru tau gw -,-

  9. untung di indonesia lebih banyak yg make BBM dan itu didukung oleh developernya

  10. Pendiri Microsoft Bill Gates juga orang Yahudi, bos Whatsapp juga keturunan Yahudi. Jadi ente jangan pake Windows Phone, pake feature phone aja yang harganya 100 ribu, aman.

  11. soft reset itu, direset tapi secara lembut. dibelai2 gitu.. :v bhahha

    mari ditelaah
    “set” artinya “atur, kumpulan, setelan, pasang”
    “re” artinya “mengulangi, melakukan lagi”

    jadi gak ada hubungannya sama memulihkan data SD card. Emangnya kenapa SD card nya ?

  12. ini kok jadi bahas ras ya ?
    emang kenapa dengan israel ?

    koreksi : bill gates bukan jews, tapi agnostic. CMIIW

  13. para fan wp. sudah sebaiknya kick balik, toh masih banyak app sos/ mesenjer yang lebih menarik dari snapchat … . besekutu aja ama bbm( suport bbm)

  14. Saya tidak mengerti masalah bisnis, apakah biaya membuat aplikasi lebih mahal ketimbang keuntungan yang di dapat dari pengguna wp ???

  15. gan kalau mau hard reset kan ane udah denim, la ntar pas udah di hard reset lumia ane masih di denim kan gan? ga kembali ke amber lagi kan?

  16. ane sh gk,,,,blm lma d hard reset,tpi ttp denim kok…itu pngalaman ane…

  17. maaf out dari berita.
    Gan cara ngembalikan live tile email yg hilang gimana gan , udah saya cari di swipe kiri gk ada juga,
    thanks.

  18. iya gan kembali ke pebgaturan pabrik tapi kembali ke amber lagi ato masih denim?

  19. harusnya mereka memberi toleransi untuk pengguna windows phone. salah mereka. kenapa gak menyediakan aplikasi resminya untuk windows phone.

  20. Saya pernah coba hard reset ketika masih di Cyan, OS bawaan pabrik saya adalah Amber. Pas selesai reset OS saya tetap Cyan. L625

  21. tetep denim gan,,,,hard reset g ngaruh ke firmware.,.trakhir denin ya tetep denim…

  22. oalah ok gan makasih infone, soale budrek ane memory internal cuma 1gb kurang -__- padahal ya cuma bbm yang di internal nya, ada solusi lain buat nambah space di memory internal?

  23. rudy hyun emang paling jago, gw aja lbh suka pake 6tag ketimbang instagram official..

  24. jangan takut…
    apa lagi sampe nangis…….
    tenang windowsphone masih bisa buat telpon dan sms. snapchat ora penting…

  25. Ada gak aplikasi di WP Store buat fix mata merah akibat flash?

  26. Snap chat ga ada juga ga masalah, toh fungsi utamanya sama dgn Line, BBM, kakaotalk, wechat, dll
    Percuma punya banyak media chat tapi kalo temennya itu2 juga.. :p