Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tips Lihat Preview Gambar di File Explorer Windows dengan Spacebar

Anom Penulis

Kali ini saya mau membahas salah satu cara cepat untuk melihat atau preview gambar yang ada di File Explorer Windows hanya dengan menekan tombol spasi alias spacebar.

Tapi sebelumnya, saya mau memberi konfirmasi beberapa hal terlebih dahulu.

popculture.id

Pertama, File Explorer di Windows juga memiliki tampilan dengan panel Preview. Kalau kamu aktifkan, tampilan ini akan muncul di samping daftar file. Kedua, membuka gambar dengan double click (klik ganda) — yang membuka aplikasi Photo — sebenarnya juga sudah cukup cepat. Ketiga, melihat preview gambar dengan spacebar merupakan perilaku asli di Finder macOS (Finder adalah File Explorer macOS).

Jadi, melihat preview gambar di File Explorer dengan menekan spacebar ini hanyalah salah satu alternatif saja.

Untuk bisa melakukannya, kita butuh sebuah aplikasi tambahan yang bernama QuickLook. Kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi Microsoft Store.

tampilan preview gambar dengan quicklook di file explorer windows

Setelah kamu install, kamu langsung bisa memakainya tanpa perlu setting ini-itu. Aplikasi ini juga secara otomatis terbuka saat kamu menyalakan komputer (tapi nggak berat kok).

Yang tidak kalah menarik, kamu juga bisa memakainya untuk melihat atau memutar file video. Kamu juga bisa langsung melihat preview gambar selanjutnya/sebelumnya dengan menekan tombol panah di keyboard (pada dasarnya berpindah file).

Lalu, dengan install plugin, kamu juga bisa melihat preview file Office, seperti Word, Excel, dll tanpa perlu membuka aplikasi. Kamu bisa mengunduh plugin tersebut di GitHub.

preview word di file explorer windows

Bagaimana? Menarik kan? Dengan aplikasi QuickLook ini kita jadi punya alternatif lain untuk melihat preview file dengan cepat di Windows, hanya dengan spacebar, tanpa membuka aplikasi. Menurut saya, QuickLook termasuk aplikasi Windows yang paling berguna.

Nah, kalau kamu ingin memakainya, silakan download QuickLook dari Microsoft Store.

    %d blogger menyukai ini: