3 Problematika Umum pada Komputermu dan Cara Mengatasinya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, membuat komputer atau laptop memang sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa disangkal lagi.

Bahkan kegiatanmu sehari-hari didukung dengan adanya komputer maupun laptop, baik digunakan untuk bekerja, mengerjakan tugas, bermain game, ataupun berkomunikasi dengan sesama pengguna internet.

Namun bagaimanapun juga komputer akan mengalami kelelahan jika digunakan secara terus menerus dan diperlakukan seenaknya saja.

Kamu harus memberinya waktu istirahat dan merawatnya dengan baik agar komputer maupun laptopmu dapat terus digunakan untuk kedepannya.

Dalam pengunaan komputer untuk kebutuhan sehari-hari tentu semua itu tidak berjalan mulus setiap harinya, pasti terkadang ada juga masalah yang menghampiri komputermu.

Meskipun masalah yang kamu alami terbilang masalah umum yang sering terjadi bukan hanya pada komputermu saja, namun tetap saja hal ini akan membuatmu kesal.

Jika sewaktu-waktu komputermu mengalami masalah, kamu jangan ikut bermasalah juga, seperti marah-marah ataupun malah membantingnya.

Setiap masalah pastinya mempunyai solusi masing-masing, sama halnya dengan daftar-daftar masalah umum yang terjadi pada komputer ini, tentu semua dapat diatasi dengan baik.

Penasaran apa saja masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini !

Layar biru

Sumber Gambar : Kutazo.Net

Masalah  umum yang pertama dan sering terjadi adalah layar biru ini. Masalah ini terjadi karena Microsoft Windows yang tiba-tiba berhenti.

Biasanya masalah ini terjadi karena ada masalah serius pada komputer maupun laptopmu, entah itu dari hardware-nya ataupun dari software-nya.

Dibutuhkan kode error untuk mengetahui masalah layar biru yang terjadi pada komputermu ini.

Namun jangan khawatir, masalah ini tetap bisa diatasi. Cara paling mudah adalah dengan me-restart komputermu terlebih dahulu.

Namun dengan cara ini tidak menyelesaikan masalah hanya saja dapat menormalkan komputermu, dan tentu saja masalah ini bisa terulang lagi kapan saja.

Cara yang paling ampuh adalah dengan menulis ulang kode-kode error tersebut, kemudian kamu dapat mencarinya di Google.

Missing DLL Files atau DLL error

Sumber Gambar : Lifewire

Berikutnya adalah masalah yang disebabkan karena komputermu memiliki data yang korup. Adanya masalah ini membuat kamu tidak bisa menjalankan beberapa aplikas-aplikasi tertentu.

Namun tenang saja, tetap masih ada aplikasi yang bisa dijalankan meskipun tertera tulisan adanya DDL yang hilang.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu perlu menggunakan fitur system file check.

Dengan menggunakan fitur ini kamu akan dapat men-scan komputermu, dan kemudian kamu akan mengetahui apa yang hilang.

Maka dengan adanya fitur ini, sesuatu yang hilang dalam komputermu akan dapat diganti maupun diperbaiki.

Aplikasi berjalan lambat

Sumber Gambar : style.tribunnews.com

Yang ketiga ini adalah masalah yang sangat paling umum ditemui, jika aplikasi yang ada dikomputermu berjalan lambat, sebenarnya hal yang paling umum karena komputermu tidak mampu mengolah aplikasi yang ada.

Bisa jadi karena RAM pada komputermu yang terlalu kecil atau memang aplikasinya yang terlalu berat, seperti Google Chrome dan lain-lain.

Kamu juga dapat mengatasi masalah ini dengan cukup mudah, yaitu pertama-tama ketahui dulu penyebab masalahnya.

Apakah itu karena RAM pada komputermu atau yang lainnya, jika RAM yang bermasalah maka kamu harus mencari RAM yang lebih baik dan mempunyai kapasitas yang lebih besar.

Namun jika masalahnya terdapat pada aplikasinya, maka kamu dapat membuka Windows task Manager dengan cara menekan CTRL+ALT+delete.

Kemudian kamu dapat mengecek tabulasi processes, lalu matikan saja aplikasi yang terlalu berat. Caranya dengn klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian pilih end processes.

More Stories
bakuman manga tentang mangaka
5 Manga Pilihan Yang Bercerita Soal Mangaka