5 Produk Gagal Microsoft

instagram windows phone

Hampir semua orang yang mengenal dunia teknologi, pastinya sudah mengenal juga dengan nama Microsoft. Salah satu perusahaan teknologi terpopuler di dunia ini paling dikenal dengan produknya, yaitu Sistem Operasi Windows, Windows Phone, Xbox, Azure, Office dan lain-lain.

Beberapa produk diatas adalah contoh produk dari Microsoft yang terbilang cukup berhasil dipasaran. Meskipun Microsoft termasuk perusahaan besar di dunia, namun bukan berarti ia tak pernah gagal dalam membuat sebuah produk.

Ada juga beberapa produk Microsoft yang gagal dan justru merusak reputasi perusahaan tersebut. lalu apa sajakah produk-produk gagal tersebut?

Windows Mobile

Sumber Gambar : techlog360.com

Yang pertama adalah Windows Mobile, Windows Mobile ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. Ini adalah sistem operasi seluler pertama yang dikembangkan oleh Microsoft untuk smartphone dan Pocket PC.

Windows Mobile ini merupakan software sebuah ponsel cerdas yang paling populer di AS, tetapi kepopulerannya semakin memudar karena hadirnya iOS dan Android.

Akhirnya Microsoft berhenti mendukung Windows Mobile setelah berhasil merilis Windows Phone 7 pada tahun 2012 silam.

Zune

Sumber Gambar : Mashable

Zune ini merupakan sebuah produk dan layanan media digital yang diluncurkan oleh Microsoft agar bisa bersaing dengan Apple iPod, yang sudah mampu terjual sebanyakk 100 juta unit ketika Zune resmi dirilis.

Zune sendiri diluncurkan pada November tahun 2006 silam. Produk-produknya mencakup pemutar media portabel, software pemutar media digital untuk PC Windows, dan layanan berlangganan musik yang dikenal sebagai Zune Music Pass.

Selain itu, ada juga layanan streaming musik dan video untuk konsol Xbox 360 melalui perangkat lunak Zune, store music, TV, film, serta peragkat lunak yang bisa disinkronisasikan dengan desktop untuk Windows Phone.

Namun Zune membutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk bisa menjual hampir 2 juta unit, itulah sebabnya mengapa Microsoft terpaksa menghentikan layanan Zune ini pada Juni 2012.

MSN

Sumber Gambar : BuzzFeed

Tepat 10 tahun sebelum Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, dan tepat 15 tahun sebelum WhatsApp muncul, Microsoft membuat layanan jejaring sosial yang bernama MSN. Melalui MSN ini, para penggunanya dapat berkirim pesan, mengatur pesan status dan berbagai hal jejaring sosial lainnya.

Namun entah kenapa, pada tahun 2012 Microsoft akhirnya resmi menghentikan MSN ini.

Windows ME

Sumber Gambar : Windows ME

Kemudian ada Windows ME, Windows Me ini merupakan salah satu sistem operasi terburuk yang pernah diluncurkan Microsoft.

Dirilis setelah Windows 98 pada September tahun 2000 sebagai iOS edisi milenium, Windows ME ini menjanjikan peningkatan kinerja dan aksesibilitas, namun itu semua ternyata gagal total di pasar.

Windows ME sendiri adalah sistem operasi terakhir yang dirilis pada seri Windows 9x. Karena seringnya terjadi crash dan ketidakcocokan terhadap beberapa aplikasi populer yang berjalan pada perangkat lunak Windows 98, akhirnya mau tak  mau Microsoft meninggalkan OS ini setelah 1 tahun kemudian.

Microsoft Bob

Sumber Gambar : Reddit

Dan yang kelima adalah Microsoft Bob. Microsoft Bob ini dibuat pertama kali pada tahun 1995. Dan Microsoft Bob sendiri merupakan sebuah tampilan antarmuka untuk Windows 3.1 dan Windows 95.

Program dari Microsoft ini dimaksudkan untuk menyediakan antarmuka yang lebih user friendly, namun Microsoft Bob justru banyak dikritik oleh media dan tidak mendapatkan penilaian yang cukup bagus dari penggunanya.

Akhirnya produk ini pun tak mampu berumur panjang, dan resmi dihentikan oleh Microsoft pada awal tahun 1996.

%d blogger menyukai ini: