OPPO akan Mulai Produksi Chipset Mandiri Mulai Tahun 2023

Indri Penulis

Ada kabar bagus untuk industri smartphone. Salah satu raksasa smartphone asal China, OPPO akan mulai produksi chipset mandiri pada tahun 2023.

Kabar mengenai OPPO yang akan membuat chipset-nya sendiri sebenarnya sudah beredar sejak Mei 2020. Waktu itu dilansir dari Nikkei Asian Review, OPPO mencari tenaga ahli untuk mengembangkan chipset. Mereka berhasil merekrut tenaga ahli dari MediaTek, tepatnya Jeffry Ju, mantan pimpinan operasi MediaTek.

Di sisi lain, OPPO kabarnya juga telah merekrut tenaga ahli dari Unisoc (pengembang chipset dari China). Bahkan gosipnya, OPPO juga berusaha menjangkau tenaga ahli dari Qualcomm dan Hisilicon milik Huawei.

April 2022 ini akhirnya kami mendapatkan informasi baru terkait proses pengembangan chipset yang dilakukan oleh OPPO. Dikutip dari situs Phone Arena, OPPO kabarnya akan memulai proses produksi chipset mereka sendiri pada tahun 2023. Chipset OPPO kabarnya akan dibuat oleh TSMC menggunakan node proses 6nm.

Sementara itu, pergerakan OPPO dalam mengembangkan chipset bisa dibilang cukup agresif. Selain mencoba merekrut tenaga ahli dari beberapa produsen chipset ternama, OPPO juga telah mempersiapkan komponen-komponen lain untuk menunjang chipset bikinannya. Katakanlah seperti Image Signal Processor, NPU, sampai arsitektur memori khusus yang mereka sebut dengan MariSilicon X.

OPPO mendesain ISP dan NPU-nya sendiri yang bernama MariSilicon X

Lebih lanjut menurut ITHome China, anak perusahaan desain OPPO Integrated Circuit, Shanghai Zheku, kini tengah mengerjakan Applications Processor (chipset yang dipakai pada smartphone) untuk OPPO.

Situs asal China itu seolah juga membenarnya kabar yang pernah beredar pada tahun 2020. Jadi sesuai kabar sebelumnya, chip tersebut akan dibuat oleh TSMC menggunakan node proses 6nm. ITHome China juga membenarkan jika proses produksi massal chip tersebut akan dimulai pada tahun 2023.

Tak hanya berhenti sampai di situ, karena OPPO ternyata sudah merancang rencana lain yang lebih besar. OPPO disebut-sebut berencana untuk merancang chip yang lebih kuat dan hemat energi pada tahun 2024. Sama seperti chip 6nm yang akan mereka kembangkan, chip 4nm OPPO juga akan dirakit kembali oleh TSMC.

Chip bikinan OPPO dengar-dengar juga akan terintegrasi dengan modem 5G. Tapi nggak jelas apakah OPPO akan menggunakan modem yang dirancang oleh perusahaan pihak ketiga seperti Qualcomm dan Samsung, atau mereka bakal merancang modem tersebut sendiri.

Balik lagi ke chip bikinan OPPO. Kalau OPPO benar-benar jadi produksi chipset 6nm secara massal pada 2023 dan siap dipakai di tahun yang sama, artinya chip tersebut kemungkinan besar tak akan dipakaikan ke ponsel kelas atas (bisa jadi ponsel kelas menengah). Chip 6nm bisa saja menjadi proyek uji coba OPPO untuk menilai seberapa tinggi tingkat keberhasilan mereka dalam memproduksi chip secara mandiri.

    %d blogger menyukai ini: