Play Store Kini Tampilkan Progress Install Aplikasi Langsung di Beranda

Indri Penulis

Play Store sekarang bisa tampilkan progress install aplikasi langsung di layar beranda. Proses ini terlihat mirip seperti yang ada di iOS.

Sebenarnya sebelum resmi dirilis, Google sudah lebih dulu melakukan uji coba selama periode Android 12 Beta, atau tepatnya sejak bulan Mei 2021. Karena sekarang tampilan progress pemasangan aplikasi sudah resmi diluncurkan, mari kita lihat tampilan dan cara kerjanya.

Ya, seperti inilah tampilan progress install aplikasi di Play Store sekarang. Jadi setelah kamu mengunduh aplikasi atau klik tombol “Install” di Play Store, kamu akan melihat aplikasi yang sedang kamu unduh dalam versi hitam-putih di halaman beranda ponsel.

Play Store sekarang bisa tampilkan progress install aplikasi langsung di layar beranda. Proses ini terlihat mirip seperti yang ada di iOS.

Beberapa saat kemudian, akan muncul tampilan progress/kemajuan serta label “Downloading” di bagian aplikasi. Nah dari situ, kamu bisa melihat berapa lama aplikasi selesai diunduh.

Setelah proses pemasangan selesai, aplikasi yang semula hitam-putih akan berubah menjadi berwarna. Label “Downloading” yang semua ada di bawah aplikasi juga akan hilang.

Di sisi lain, jika kamu membatalkan pengunduhan aplikasi di Play Store, maka tampilan progress pemasangan aplikasi juga akan hilang dari beranda ponsel.

Oya seperti biasa, Play Store hanya bisa mengunduh satu aplikasi dalam satu waktu. Jadi hanya akan ada satu tampilan progress yang muncul di beranda. Kecuali kalau ada aplikasi “Pending” (Tertunda), ia akan tampil di beranda dengan label khusus di bawahnya.

Kalau kamu jeli, sebenarnya selama ini aplikasi Play Store yang tengah diunduh akan tampil di layar beranda ponsel. Hanya saja, tidak ada progress yang ditampilkan. Kamu hanya tahu kalau aplikasi tersebut masih dalam proses pengunduhan, tanpa tahu kapan prosesnya akan selesai.

Tapi perlu kamu tahu, fungsi yang baru dirilis Google ini hanya berfungsi untuk pemasangan aplikasi baru. Dia tidak akan berfungsi saat pembaruan aplikasi.

Sementara itu dilansir dari 9to5google, progress install aplikasi Play Store kabarnya akan diluncurkan sepenuhnya ke perangkat Android 11+ (ponsel Pixel dan non-Pixel). Tak hanya itu, beberapa orang kabarnya juga sudah mulai melihat fungsi ini sejak sebulan lalu, tapi ketersediaan secara luas baru terjadi beberapa hari terakhir dan masih bergulir.

    %d blogger menyukai ini: