Deretan Prosesor Baru Intel: Alder Lake Jadi Rival Berat ARM Apple M1

Deretan prosesor baru Intel siap hiasi tahun 2021. Salah satunya adalah Intel Alder Lake yang siap menjadi rival terberat prosesor ARM Apple M1.

Masih dari acara CES 2021, Intel jadi salah satu perusahaan yang meramaikan acara tahunan ini. Yah, meski tahun ini acara tersebut masih harus dilakukan via online karena pandemi.

Lewat acara tersebut, Intel mengumumkan sederet prosesor baru yang siap meramaikan tahun 2021. Ada prosesor unggulan Intel Alder Lake, serta prosesor-prosesor lain yang tidak kalah keren.

Prosesor Baru Intel Siap Bersaing di Tahun 2021

Intel Alder Lake
Sumber Gambar : GSMArena

Oke. Mari kita mulai dulu dari produk unggulan Alder Lake. Dalam pengumumannya, perusahaan mengatakan jika prosesor ini dirancang untuk ‘melawan’ Apple M1.

Intel juga mengatakan jika prosesor ini dibuat memakai arsitektur hybrid . Yaitu ada core yang berfungsi untuk performa dan ada core yang fokus pada efisiensi.

Namun yang perlu digaris bawahi, prosesor ini diprogram untuk dektop dan notebook masa depan. Intel mengungkapkan jika mereka akan lebih fokus ke platform tersebut dibanding mobile.

Satu lagi yang membuat produk ini berbeda dari prosesor baru lainnya. Prosesor ini menggunakan versi perbaikan dan proses manufaktur 10nm SuperFin. Prosesor ini juga akan menjadi bagian dari prosesor Intel Gen-12.

Sumber Gambar : Sanok

Lanjut ke prosesor lain yang tidak kalah menarik. Masuk dalam jajaran prosesor Intel Gen-11 atau Tiger Lake, perusahaan akhirnya mengumumkan varian baru dalam bentuk Tiger Lake-H.

Varian ini terdiri dari prosesor Tiger Lake 35W dan 45W yang dirancang khusus untuk laptop (dikenal sebagai H35). Sebenarnya mereka berdua adalah varian Tiger Lake 15W dan 35W. Namun masing-masing dari mereka ditingkatkan menjadi versi 35W dan 45W.

Hal baru yang bisa ditemukan dalam kedua prosesor ini adalah kemampuan kecepatan clock hingga 5,0GHz. Prosesor ini juga menghadirkan hingga 8 core dan fitur Thunderbolt 4, WiFi 6 / 6E, dan PCle Gen 4 untuk GPU berperforma tinggi.

Sumber Gambar : GSMArena

Khusus penggemar PC desktop, Intel juga menghadirkan CPU Rocket Lake Core i9-11900K. Prosesor ini mendukung PCle 4.0 dan mampu menaikkan IPC (instructions per cycle) sebesar 19% (lebih tinggi dibanding prosesor gaming AMD).

Di sisi lain, Rocket Lake Core i9-11900K dibuat dengan proses 10nm SuperFin. Ini membuat prosesor tersebut memiliki peningkatan kinerja 35% pada mayoritas aplikasi, serta kinerja grafis 75% yang lebih baik.

Semua prosesor baru di atas akan tersedia pada kuartal pertama 2021. Namun khusus untuk Alder Lake, prosesor unggulan ini baru tersedia kuartal kedua tahun ini.

%d blogger menyukai ini: