Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Gila! Prototipe iPhone Generasi Pertama Berumur 15 Tahun Capai Rp 7,4M

Indri Penulis

Bikin melongo. Prototipe iPhone berumur 15 tahun mencapai Rp 7,4 miliar. Penasaran seperti apa prototipenya? Langsung cek dalam ulasan ini deh!

29 Juni 2007 adalah tanggal yang paling spesial buat Apple. Bagaimana tidak, di tanggal itu Apple resmi mengukir sejarah mereka yakni dengan meluncurkan iPhone generasi pertama.

popculture.id

Yah namanya juga produk ‘pertama’ dari lini ponsel. Jelas sebelum mendapatkan desain dan fitur akhirnya, Apple pasti sempat membuat beberapa prototipe buat ponselnya itu.

Nah menariknya, baru-baru ini seorang YouTuber bernama Luke Miani telah membagikan video yang sangat spesial. Jadi dalam video-nya itu, Luke Miani tampak memamerkan beberapa prototipe iPhone generasi pertama, dan bahkan ada salah satu prototipe yang berasal dari tahun 2006.

Walau prototipe yang dipamerkan cukup banyak, tapi koleksi yang dipamerkan oleh Luke Miani sebenarnya nggak murni punyanya sendiri. Ada beberapa koleksi yang berasal dari YouTuber berbeda bernama DongleBookPro.

Setelah kamu nonton video-nya, mungkin kamu akan berpikir kalau ada beberapa prototipe yang desainnya mirip dengan iPhone generasi sekarang. Ya nggak heran sih kalau berpikir seperti itu, toh saya pun juga sama.

Di sisi lain, ada juga prototipe iPhone yang menampilkan layar plastik. Seperti yang kita tahu, akhirnya layar plastik tersebut nggak terpakai karena Apple menggantinya dengan kaca.

Hm yang nggak kalah menarik nih. Ada juga prototipe iPhone kelihatannya menjadi yang ‘paling awal.’ Kenapa begitu? Itu karena prototipe tersebut menampilkan stiker sumber bagian yang terpasang di bagian perangkat.

Satu lagi hal yang mungkin bakal bikin kamu kaget. Jadi menurut keterangan Luke Miani, harga dari masing-masing iPhone pra-rilis ini berkisar sekitar $500.000 atau sekitar Rp 7,4 miliar.

Harga semahal itu mungkin nggak terlalu menggemparkan, mengingat ini adalah barang yang sangat langka. Bahkan karena terlalu langkanya, ada beberapa prototipe yang masih menjalankan perangkat lunak pengujian dan tampilannya menyerupai roda klik iPod pada layar sentuh digital.

Kalau kamu gimana, andaikan punya duit sebanyak itu, masih mau dipakai buat beli prototipe ponsel? Kalau saya sih mending buat beli rumah. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: