Rekomendasi 4 Proyektor Terbaik untuk Keperluan Home Theater

Indri Penulis

Lagi cari proyektor terbaik untuk melengkapi keperluan home theater? Wah, mungkin bisa mempertimbangkan salah satu proyektor ini.

Mengubah TV menjadi bioskop pribadi adalah keinginan banyak orang. Sayangnya nggak semua orang berkesempatan untuk mewujudkannya. Ada beberapa kendala yang menyebebkan sebagian orang tidak/belum bisa mengubah TV jadi bioskop pribadi. Contohnya dananya belum cukup untuk membeli TV dengan layar super jumbo, atau ruangannya nggak muat buat menaruh TV jumbo.

Nah solusi yang paling tepat buat masalah ini adalah dengan menggunakan proyektor. Apalagi sekarang sudah ada banyak proyektor yang cocok untuk keperluan home theater.

Kamu nggak perlu khawatir, kali ini saya akan rekomendasikan beberapa proyektor terbaik untuk keperluan home theater. Mungkin salah satu di antara mereka ada yang menarik minatmu.

LG HU70LAB

Kalau kamu mencari proyektor berkualitas tinggi untuk meningkatkan sistem home theater, LG HU70LAB punya banyak fitur menonjol yang siap memanjakanmu.

Contohnya? Kalau proyektor lain menggunakan roda warna, LG HU70LAB justru mengandalkan teknologi tanpa roda yang memungkinkan dia menghasilkan gamut warna lebih luas. Teknologi ini juga mampu memberikan warna yang lebih akurat dibanding proyektor Digital Light Processing (DLP).

Selain itu, proyektor ini juga mendukung fitur HDR10 untuk kedalaman warna maksimum 10 bit dan kecerahan 1.000 nits. Hasilnya? Gambar akan terlihat lebih hidup. Sehingga film/acara TV yang kamu tonton bakal terlihat lebih realistis.

Menariknya lagi, proyektor ini manfaatkan webOS LG. Dengan fitur tersebut kamu bisa mengunduh aplikasi streaming seperti Netflix langsung di proyektor.

Proyektor ini juga mendukung Google Assistant, sehingga kamu bisa membuka aplikasi dan mengeluarkan perintah apa pun tanpa perlu menekan tombol.

Anker Nebula Mars II Pro

Anker Nebula Mars II Pro adalah proyektor ultra-portabel yang juga bisa berfungsi sebagai speaker Bluetooth. Proyektor ini punya ukuran lumayan mungil yakni hanya 7,01 x 5,24 x 4,8 inci. Membuatnya cukup ringkas untuk dimasukkan ke dalam tas. Proyektor ini juga lumayan ringan karena memiliki beban cuma 3,94 pon.

Untuk fiturnya, proyektor ini dibekali HDMI dan dua input USB 2.0, jadi kamu bisa menghubungkannya ke laptop dan bahkan konsol game sekelas Xbox One serta Nintendo Switch. Proyektor ini juga sudah menjalankan Android 7.1, yang memungkinkanmu melakukan streaming konten dari Netflix dan YouTube.

Masih ada lagi, proyektor ini juga dibekali baterai built-in yang bisa diisi ulang. Hal ini membuatnya cocok sebagai sumber hiburan di luar ruangan. Ditambah dengan kapasitas baterai 12.500mAh, kamu bisa nonton film sampai 3 jam.

Oya karena Anker Nebula Mars II Pro juga bisa berfungsi sebagai speaker Bluetooth, jadi kamu bisa menikmati konten audio selama kurang lebih 30 jam.

BenQ TH685

BenQ TH685 sebenarnya tidak hanya cocok untuk keperluan home theater. Proyektor yang satu ini juga sangat cocok untuk bermain game.

Dengan latensi rendah 8,3 ms pada 1080p dan jeda input 120Hz, kamu bisa menikmati game dengan sedikit jeda. Selain itu proyektor yang satu ini juga kompatibel dengan konsol lho. Memungkinkan kamu memainkan game di PS5 dengan resolusi 4K pada 60Hz dan 1080p pada 120Hz. Proyektor ini juga kompatibel dengan Nintendo Switch, Google Stadia, PS4 dan Xbox One X.

Untuk fiturnya, proyektor ini dibekali fitur LumiExpert yang otomatis bisa mendeteksi cahaya sekitar di dalam ruangan, sekaligus bisa menyesuaikan kecerahan proyektor untuk memaksimalkan kenyamanan dan kejelasan gambar.

Menariknya, BenQ TH685 juga dibekali fitur untuk mengurangi ketegangan mata. Dengan memakai mode hemat lampu, kamu bahkan bisa memperpanjang masa pakai lampu sampai 15.000 jam, sehingga bisa mengurangi biaya penggantian lampu.

Untuk kualitas audio-nya, proyektor ini dibekali speaker lima watt yang cocok dipakai dalam ruangan kecil. Setidaknya ada tiga mode suara khusus yang bisa kamu pilih yakni bioskop, olahraga dan musik. Dengan begitu, kamu bisa memilih mode suara yang tepat sesuai pengalaman menontonmu.

ViewSonic PX701-4K

Sama seperti BanQ TH685, ViewSonic PX701-4K juga bisa dipakai buat keperluan gaming (tentunya selain untuk keperluan home theater).

Proyektor ini mendukung kecepatan refresh 240Hz dan input lag rendah 4,2ms. Dengan spesifikasi tersebut, bermain game bakal terasa smooth karena bisa menghilangkan tanda robekan layar, mengurangi keburaman gerakan, dll.

Resolusi 4K UHD yang dimiliki proyektor ini juga mampu menghadirkan warna lebih hidup dan gambar 3D lebih menarik. Hal tersebut akan membuat pengalaman gaming-mu jadi lebih imersif. ViewSonic PX701-4K juga dibekali dengan lampu 290 watt yang menghasilkan 3.200 lumen, memungkinkan kamu untuk menonton acara TV dan film dengan nyaman tak peduli di lingkungan terang/gelap.

Satu lagi, proyektor ini juga telah dibekali mode SuperEco. Mode ini memungkinkan kamu untuk memperpanjang masa pakai lampu sampai 20.000 jam serta mengurangi konsumsi daya (bisa lebih hemat tagihan listrik lah).

    %d blogger menyukai ini: