Nggah Usah Ngomong Aneh-Aneh! PS5 Bakal Punya Fitur Perekam Suara

Menjelang peluncurannya, Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan fitur baru PS5. Jadi ke depan, PS5 bakal punya fitur perekam suara.

Baru-baru ini, mayoritas pengguna PlayStation 4 (PS4) telah mengunduh pembaruan 8.0. Mereka pun langsung mendapatkan kejutan yang ‘tidak diinginkan.’ Apa itu?

Konsol mereka memberi tahu, jika Sony sekarang punya hak untuk ‘merekam suara’ mereka. Tujuannya adalah untuk kepentingan moderasi.

Selang beberapa waktu kemudian, Sony mengumumkan berita soal PlayStation 5 (PS5) yang akan meluncur dalam waktu dekat. Sony mengatakan, jika PS5 juga akan memiliki fitur perekam suara seperti di PS4. Hm..

Fitur Perekam Suara di PS5

Pembaruan 8.0 membawa perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari perubahan cara kerja perpesanan di konsol, adanya avatar baru, fitur Parenting Control, dukungan otentikasi dua faktor di aplikasi, dan juga pemberitahuan fitur perekam suara.

Nah, fitur perekam suara inilah yang menjadi sorotan utama banyak orang. Sebab sejak pembaruan 8.0, pengguna PS4 langsung ramai-ramai mem-posting cuitan di Twitter. Kebanyakan dari mereka melayangkan protes ke Sony karena menghadirkan fitur perekam suara.

Awalnya, notifikasi yang muncul di PS4 memang tidak menyebutkan soal rekaman suara. Tapi kemarin pada tanggal 14 Oktober 2020, Sony mengklarifikasi apa arti pesan tersebut.

Setelah pembaruan ini, pengguna akan melihat pemberitahuan tentang Party Safety dan obrolan suara yang bisa direkam. Rekaman obrolan suara untuk moderasi adalah fitur yang akan tersedia di PS5 saat diluncurkan,” tulis Sony di situs Blog PlayStation.

“Fitur ini memungkinkan pengguna merekam obrolan suara mereka di PS5, lalu mengirimkannya untuk tinjaun moderasi. Notifikasi yang kalian lihat di PS4 saat ini, adalah untuk memberi tahu kalian,” lanjut Sony.

Sony juga mengatakan, jika pengguna ikut dalam obrolan bersama pemakai PS5 lain (pasca peluncuran), mereka bisa mengirimkan rekaman suara tersebut dari konsol PS5 ke SIE.

Kalau dilihat dari sisi buruknya, apa pun yang kalian katakan dalam obrolan suara bisa dikirim ke Sony tanpa izin. Tapi sisi baiknya, fitur ini berguna untuk melaporkan pengguna lain yang ‘nakal.’

Sementara itu, dalam rangka peluncuran PS5, Sony telah mengganti nama aplikasi seluler PS4 Remote Play menjadi ‘PS Remote Play.’ Kalian bisa memakai aplikasi ini untuk terhubung ke PS5 saat konsol itu diluncurkan bulan depan.

%d blogger menyukai ini: