Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Reaksi Pesan WhatsApp Mulai Diluncurkan ke Beberapa Pengguna Beta

Indri Penulis

WhatsApp mulai meluncurkan fitur reaksi pesan ke beberapa pengguna Android beta. Untuk melihat seperti apa tampilannya, kamu bisa cek di sini.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instant message (IM) terpopuler di dunia. Yah walaupun perkembangannya bisa dibilang lebih lambat dibanding beberapa rivalnya (seperti Telegram), tapi WhatsApp tetap masih menjadi aplikasi IM utama di beberapa negara, apalagi di Indonesia.

Meskipun perkembangannya sangat lambat, bukan berarti WhatsApp nggak pernah mencoba bikin/menguji coba fitur baru. Contohnya baru-baru ini ada kabar terbaru yang mengatakan kalau WhatsApp mulai menguji coba fitur reaksi pesan ke beberapa pengguna beta.

Sebenarnya desas-desus soal fitur reaksi pesan sudah muncul sejak September 2021. Kabar ini pertama kali dibeberkan oleh WABetaInfo. Waktu itu WABetaInfo juga sempat mengunggah gambar temuan mereka yang bisa kamu lihat di bawah.

Seperti yang kamu lihat, gambar di atas memperlihatkan penampakan fitur reaksi pesan. WABetaInfo mengatakan kalau fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk siapa pun.

Sementara itu untuk cara kerjanya, fitur reaksi akan muncul saat pengguna mengklik salah satu pesan agak lama. Setelah itu pengguna bisa memilih emoji sebagai bentuk reaksi terhadap pesan. Reaksi yang terdiri dari beberapa emoji itu akan tampil di bawah pesan.

Menariknya dalam pengujian beta Android yang dilakukan Maret 2022 ini, WhatsApp terlihat sedikit merombak penampilan fitur tersebut dan gambar di bawah ini adalah penampakan terbarunya.

Bisa kamu lihat, letak fitur reaksi tak lagi ada di bawah pesan seperti tahun lalu. Sebaliknya, fitur reaksi kini berada di atas pesan. Selain itu ukurannya juga dibikin lebih besar dibanding desain sebelumnya.

Dilansir dari WABetaInfo, setidaknya ada enam reaksi yang bisa dipakai pengguna seperti Like, Love, Laugh, Suprised, Sad, dan Thanks. Tapi kemungkinan, WhatsApp akan menambahkan lebih banyak opsi emoji di masa mendatang.

Di sisi lain WABetaInfo juga menekankan kalau ini adalah uji coba side server. Artinya walaupun kamu menggunakan versi beta terbaru WhatsApp untuk Android, tidak ada jaminan kamu bakal kebagian uji coba.