Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Realme 3 vs Redmi 7: Pertarungan Si Identik

Mencari keunggulan dari si identik

Realme 3 vs Redmi 7, mana yang kamu pilih? Mungkin membingungkan ya? Tunggu dulu. Silakan baca artikel ini biar lebih jelas.

Ponsel kini sedang mengarungi tren yang serupa. Desain poni, bodi berkilau, merupakan dua poin yang menjadi syarat dalam pertarungan ponsel di Tanah Air, juga dunia. Tidak melihat kelas, tren tersebut memengaruhi berbagai kelas ponsel dari premium, menengah, hingga entry-level.

Tak terkecuali Xiaomi melalui Redmi 7 yang baru diluncurkan dan Realme 3 yang juga belum lama melantai di pasar ponsel Indonesia. Kedua ponsel kebetulan berbagi spesifikasi yang mirip, dan memiliki target pasar yang sama yaitu para pengguna pemula yang mencari nilai lebih dari sebuah ponsel terjangkau.

Dengan harga jual satu jutaan, baik Redmi 7 (Rp1,899 juta) maupun Realme 3 (Rp1,999 juta) menawarkan sejumlah keunggulan fitur dan desain bodi serta layar terkini. Berikut hasil pengamatan kami atas komparasi keunggulan-keunggulan keduanya. Lalu manakah yang lebih patut pertimbangkan sebagai calon ponsel Anda berikutnya.

Desain

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Redmi 7 dan realme 3 mengusung bahasa desain yang sama. Sebagai contoh bagian muka dengan poni tetesan air dan bingkai hitam bersudut lengkung. Dengan sedikit pembeda yakni tetesan air Redmi 7 lebih berbentuk huruf U sedangkan realme 3 berbentuk V.

Cover belakang keduanya memantul jika terkena cahaya. Dengan motif gradasi, realme 3 memiliki varian warna dasar hitam dan biru. Untuk Redmi 7 tersedia dalam varian warna dasar merah dan biru. Meski mengusung bodi polikarbonat, bukan kaca, keduanya berhasil memberikan kesan mewah.

Urusan dimensi turut serupa, ini karena layar keduanya yang sama ukurannya yaitu 6,2 inci. Resolusinya berada di HD 720×1520 piksel, lalu jenis panel layar dan rasionya sama-sama IPS LCD dan 19:9.

Kamera

Kamera tidak bisa lepas jika berbicara keunggulan. Ini karena kedua ponsel memberikan nilai tambah dengan dua kamera belakang berkonfigurasi telefoto. Hasilkan foto bokeh yang lebih presisi ketimbang olahan software.

Redmi 7 memiliki kamera utama beresolusi 12MP dan kamera kedalaman untuk fungsi telefoto 2MP. Sedangkan realme 3 memiliki resolusi sedikit lebih besar dengan resolusi 13MP dan kamera telefoto 2MP.

Masuk ke urusan swafoto, realme lebih unggul dengan resolusi lebih besar mencapai 13MP. Redmi 7 lebih rendah hati karena berada di besaran resolusi 8MP saja. Jangan khawatir untuk hasil, karena berkat olahan software hasil slefie akan terlihat indah.

Bicara fitur di kameranya, keduanya juga berbagi mode yang bisa dikatakan sama. Hanya saja, realme 3 menyediakan dua fitur Chromaboost dan Nightscape. Chromaboost dapat memberikan hasil foto yang lebih hidup dan Nightscape bisa hasilkan foto yang terang di lingkungan gelap.

Performa

Performa menjadi nilai jual utama keduanya. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, kedua vendor berikan fokus serius di sektor ini. Redmi 7 mengandalkan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 632. realme 3 juga tidak kalah dengan prosesor octa-core Mediatek Helio P60.

Perlu kami ingatkan, kini cip Qualcomm tidak serta merta lebih baik dari Mediatek. Terlebih Helio P60 telah menggunakan arsitektur 12nm, sedangkan Snapdragon 632 masih 14nm. Hal ini akan berpengaruh ke efisiensi daya, di mana lebih kecil akan lebih hemat.

Untuk kapasitas RAM dan memori internal keduanya berada di tingkat yang sama dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Dalam penggunaan sehari-hari seperti browsing, streaming, dan bermain game, keduanya mampu memberikan performa yang baik.

Baterai

Baterai juga menjadi pelengkap penting. Redmi 7 memiliki baterai dengan kapasitas 4.000mAh. Untuk realme 3 dibekali kapasitas sedikit lebih besar yaitu 4.230mAh. Saat digunakan seharian, dua-duanya dapat mengakomodasi aktivitas pengguna secara cukup tanpa harus mengecas di tengah hari.

Kapasitas yang besar dibantu dengan mode pengisian daya cepat 10W baik di Redmi 7 maupun realme 3 melalui lubang microUSB 2.0.

Kesimpulan

Performa, kamera, desain terkini, dan baterai yang besar menjadi keunggulan di kedua ponsel. Meski berbeda chip prosesor, tapi keduanya masih memberikan performa yang sepadan. Oleh karena itu nilai tambah menjadi penentu di sini.

Realme 3 memiliki kamera dengan mode yang memanfaatkan AI untuk memaksimalkan hasil foto. Prosesor juga lebih irit daya karena arsitektur 12nm.

Dengan harga yang hanya selisih Rp 100.000 saja, Realme 3 bisa menjadi pilihan pada pertarungan kali ini.

    %d blogger menyukai ini: