Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Receipt Tracker: Untuk Mencatat Pengeluaran Kita

Anom Penulis

Microsoft Garage adalah sebuah proyek komunitas karyawan Microsoft yang mengembangkan ide-ide liar dalam bentuk aplikasi. Banyak aplikasi unik dan berguna buatan mereka terpendam di bursa Windows Phone. Beberapa di antaranya, seperti Tetra Lockscreen, pernah kami bahas. Salah satu aplikasi lain yang hadir adalah Receipt Tracker. Aplikasi untuk mencatat pengeluaran dan menyimpan nota kita.

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan Office Lens. Potret nota pengeluaran, edit detilnya, dan simpan. Kalau mau, kita juga bisa mengirimnya.

Di aplikasi ini, kita bisa mengatur mata uang yang kita gunakan. Detil lainnya meliputi nilai transaksi, tanggal, acara/kegiatan, dan kategori. Untuk kategori, tersedia berbagai pilihan berdasar jenisnya. Kita juga bisa menambahkan catatan lain sesuka kita.

Nah, dari catatan tersebut, kita bisa melihat grafis pengeluaran kita. Kapan kita boros, dan kapan kita disiplin. Tentunya kita bisa melihat daftar catatan yang sudah kita buat.

Aplikasi semacam ini sangat berguna. Apalagi fitur yang ada sangat memudahkan dan enak dipakai. Ahem, tentu saja kalau kamu mau disiplin mengatur pengeluaran sehari-hari.

Sayangnya, seperti aplikasi Microsoft Garage lain, Receipt Tracker hanya tersedia di bursa wilayah Amerika Serikat saja. Di Indonesia tidak tersedia. Mungkin, karena Microsoft Garage adalah proyek eksperimen, aplikasi semacam ini dianggap belum layak dirilis secara global. Tapi kalau kamu mau, ya pindah wilayah dulu saja.