Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Perang Ponsel Murah Redmi Note 7 Pro VS Samsung M30

Persaingan antara Samsung dan Xiaomi yang terlihat jelas,tentunya sangat menarik, khususnya bagi dua smartphone baru pada kelas mid-range yaitu Redmi Note 7 Pro dan Samsung Galaxy M30 yang belum lama ini diluncurkan.

Seperti yang diberitakan, Samsung berusaha keras bersaing dengan Xiaomi dalam hal penjualan smartphone kelas menengah yang terjangkau.

popculture.id

Samsung memutuskan memperkenalkan Galaxy M30 sehari sebelum Redmi Note 7 Pro meluncur. Agar euforianya makin terasa, berikut perbandingan keduanya.

Desain dan kualitas material body

Sumber Gambar : Tribun Timur – Tribunnews.com

Dari segi desain, Redmi Note 7 Pro dilindungi oleh Gorilla Glass 5 yang dipoles dengan gradasi warna layaknya tren smartphone masa kini.

Sedangkan Galaxy M30 sebagian besar menggunakan polycarbonate. Namun Galaxy M30 tahan terhadap tetesan air.

Dari segi tampilan, Redmi Note 7 Pro tampil lebih keren dan berkelas. Namun Samsung Galaxy M30 dan Note 7 Pro juga memilki tampilan waterdrop notch dengan bezel ramping di sekitar layar.

Layar

Sumber Gambar : India Today

Redmi Note 7 pro dilengkapi dengan layar 6,3 inci berteknologi IPS LCD dan dilindungi dengan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan Samsung Galaxy M30 dibekali dengan layar 6,4 inci berteknologi super AMOLED.

Namun teknologi layar Galaxy M30 lebih terang dan jernih dibandingkan dengan Redmi Note 7 Pro.

Hardware dan software yang baru

Sumber Gambar : themobileindian.com

Redmi Note 7 Pro dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 675 Octa-core yang lebih bertenaga dibandingkan dengan chipset Exynos 7904 Octacore yang ada dalam Samsung Galaxy M30.

Sementara itu Galaxy M30 menggunakan Android 8.1 Oreo dengan ONE UI buatan Samsung. Sementara Note 7 Pro menggunakan Android 9.0 Pie terbaru dengan MIUI 10.

Penyimpanan yang lumayan lega

Sumber Gambar : pcmag.com

Keduanya sama-sama tersedia dalam dua opsi penyimpanan yaitu  4GB RAM + 64GB ROM dan 6GB RAM + 128GB ROM.

Keduanya juga mendukung ekspansi memori melalui kartu microSD. Galaxy M30 mendukung hingga 512GB dan Redmi Note 7 Pro mendukung hingga 256GB.

Samsung Galaxy M30 memiliki slot khusus untuk kartu microSD, sedangkan Note 7 Pro memiliki SIM hybrid yang menggunakan slot 2 untuk ekspansi memori.

Kamera adalah hal yang tak boleh dikesampingkan

Sumber Gambar : livemint.com

Redmi Note Pro mempunyai dua kamera belakang 48 MP + 5 MP yang lebh menarik dibandingkan dengan Glaxy M30 yang mempunyai 3 kamera dengan kombinasi 13 MP + 5 MP + 5 MP.

Sementara kamera depan pada kedua ponsel ini dapat menangkap gambar yang bagus. Galaxy M30 memiliki kamera selfie 16MP sedangkan Redmi Note 7 Pro hadir dengan sensor kamera 13MP.

Baterai berkapasitas besar

Sumber Gambar : TeknoBlitz

Samsung Galaxy M30 mempunyai baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Note 7 Pro yang mencapai 4.000 mAh.

Dengan kata lain, smartphone buatan Samsung ini memiliki daya tahan baterai yang lebih tahan lama.

Harga yang tak jauh beda

Sumber Gambar : Uzone.id

Redmi Note 7 Pro ini dijual dengan harga Rp 2,8 juta untuk versi 4GB RAM dengan penyimpanan 64GB  dan Rp3,5 juta pada varian 6GB RAM dengan penyimpanan 128GB.

Sementara Galaxy M30 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp3,1 juta untuk 4GB RAM dengan penyimpanan 64GB dan Rp3,7 juta untuk varian 6GB RAM dengan penyimpanan 128GB.

Buat kamu yang masih bingung harus memilih satu  di antara Redmi Note 7 Pro atau Galaxy M30, semoga perbandingan di atas bisa menjadi sebuah keputusan yang tepat dan sesuai keinginamu.

    %d blogger menyukai ini: