Rekomendasi Aplikasi Android untuk Ubah Ukuran Foto

aplikasi android resize gambar

Saat ini sebagian besar kegiatan komputasi yang kita lakukan mungkin sudah ada di ponsel kita. Termasuk untuk mengolah gambar. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi Android untuk ubah ukuran foto atau gambar di ponsel.

Soal Mengubah Ukuran Foto

Mengubah ukuran foto bisa berarti dua hal. Pertama mengubah dimensi panjang x lebar gambar, atau kedua mengubah kualitas gambar. Keduanya sama-sama bisa mengurangi besar file gambar tersebut.

Walau sekarang koneksi internet semakin cepat β€” yang berarti ukuran file foto besar sudah kurang bermasalah β€” ukuran foto yang lebih kecil tetap lebih cepat diunggah atau diunduh. Apalagi kebutuhan gambar digital untuk layar berbeda dengan kebutuhan cetak.

Sebagai contoh, kamu mendapat kiriman sebuah foto untuk diunggah ke media sosial. Tapi foto itu disiapkan untuk keperluan cetak, yang berarti memiliki resolusi tinggi (300dpi). Sementara ukuran untuk layar (digital) tidak sebesar itu (hanya 72dpi). Artinya, kalau kamu mengunggah foto itu begitu saja, kamu mengunggah file yang berukuran sekitar 4 kali lebih besar dari yang ideal.

Selain itu, sebenarnya ada batasan untuk foto agar tetap bisa dilihat secara optimal. Terutama untuk mereka yang melihat dengan layar tegak. Sebagai contoh, gambar dengan rasio ukuran (panjang kali lebar) 21:9 akan terlihat lebih kecil (gepeng) daripada yang berukuran 3:2. Kalau kamu tidak berhati-hati, obyek atau tulisan yang ada di gambar tidak terlihat dengan baik.

Aplikasi Mengubah Ukuran Foto

Sekarang, mari kita lihat beberapa aplikasi yang berguna supaya kamu bisa ubah ukuran foto dengan mudah di ponsel Android.

Cropping Gambar

Kami tidak akan membahas aplikasi cropping atau memotong gambar dengan panjang. Karena sebagian besar aplikasi media sosial pun sudah memilikinya. Kamu bisa menemukan fungsi crop baik di WhatsApp, Instagram, Facebook, dll. Cari saja ikon crop di sana. Alat crop ini pun biasanya tersedia di aplikasi galeri media, seperti di Google Photos.

Mengurangi Besar File Gambar

Berikut ini dua buah aplikasi Android yang berguna untuk kompresi gambar. Sebagai catatan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi web (online) untuk melakukannya.

Lit Photo Compress & Resize

aplikasi lit android

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengurangi besar gambar. Kamu bisa memilih mode kompresi dan tingkat kualitas gambar, tanpa mengganggu foto asli. Selain itu, kamu bisa mengurangi ukuran besar untuk beberapa gambar sekaligus. Aplikasi dari Lit ini juga memiliki fungsi cropping.

Download (Android)

pCrop: Photo Resizer & Compress

pcrop android

Aplikasi ini juga memiliki fungsi kompresi selain melakukan cropping. Kamu bisa memilih apakah akan menyimpan foto asli atau tidak, memilih tingkat kompresi (kualitas gambar), dan bisa membandingkan besar file sebelum/sesudah.

Download (Android)

%d blogger menyukai ini: