4 Rekomendasi Aplikasi Smartphone untuk Guru Mudah Mengajar

teacher asking question with children  in classroom

Pendidikan memang menjadi peran yang sangat penting dalam kehidupan seseorang di masa depan, bahkan dalam suatu negara.

Tentu semakin tinggi pendidikan warga negara, bisa dipastikan kualitas SDM dalam negara tersebut juga semakin bagus.

Sementara itu, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan pendidikan ikut mengalami kemajuan. Sebab untuk mengikuti perkembangan teknologi, dunia pendidikan juga membutuhkan inovasi-inovasi baru.

Berbicara mengenai pendidikan, tentu hal tersebut tidak akan terlepas dari perjuangan guru atau dosen dalam proses pembelajaran.

Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan aplikasi smartphone, yang bisa digunakan untuk guru dalam proses belajar mengajar. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

Edmodo

Sumber Gambar : The Forall Rubrics Blog

Mungkin saat ini mayoritas siswa sudah mempunyai smartphone dalam genggaman mereka. Dimulai dari smartphone low-end hingga high-end.

Karena setiap siswa telah memegang smartphone, sekolah tidak harus membatasi siswa untuk menggunakan smartphone.

Sebaliknya, sekolah maupun guru bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dalam kegiatan ini adalah Edmodo. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan oleh guru maupun siswa saja, namun juga bisa digunakan untuk orang tua siswa.

Siswa bisa mengerjakan tugas dengan menggunakan smartphone. Siswa bahkan juga bisa langsung mengetahui seperti apa nilai mereka.

Kunci jawab dari setiap soal bisa diakses dalam aplikasi. Dan kunci jawab tersebut bisa dijadikan sebagai bahan koreksi siswa. Tentunya hal tersebut harus seizin guru. Sedangkan orang tusa bisa mengetahui rekap nilai anak melalui aplikasi Edmodo.

Download

Download

Schoolmedia

Sumber Gambar : YouTube

Aplikasi yang cocok digunakan oleh guru selanjutnya adalah Schoolmedia. Aplikasi pendidikan yang satu ini akan memberikan kemudahan pada siswa dalam berbagai hal.

Siswa dapat memeriksa nilai akademik, melihat data orang tua siswa, histori pembayaran, atau hal yang lainnya.

Dengan aplikasi Schoolmedia, maka siswa bisa mendapatkan transparansi nilai akademik, baik berdasarkan nilai tugas, nilai UTS/UAS dan lain sebagainya.

Sementara itu, histori pembayaran juga telah disediakan oleh Schoolmedia. Siswa bisa mendapatkan daftar transaksi yang telah dilakukan, beserta informasi lain yang berhubungan dengan akademik kepada orang tua.

Selain itu, siswa juga bisa mendapatkan daftar hadir dari setiap mata pelajaran per semester. Selain memudahkan siswa, Schoolmedia juga bisa meringankan beban kerja guru.

Download

Download

BACA JUGA
3 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Berbagai Pelajaran Sekolah

Google Classroom

Sumber Gambar : EdTechTeacher

Selama ini Google memang dikenal mempunyai banyak aplikasi menarik, yang dapat membantu manusia sesuai kebutuhan.

Dimulai dari aplikasi untuk memenuhi kebutuhan hiburan, bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya. Sementara itu untuk keperluan pendidikan, maka Google Classroom bisa menjadi andalan untuk para guru.

Google Classroom telah terintegrasi dengan Google Calendar. Dengan fitur tersebut, maka secara otomatis Google akan membuat sebuah kalendar untuk setiap kelas, dan setiap hari ketiga guru mengajar.

Guru juga bisa menggunakan kembali postingan tugas mereka di kelas, yaitu dengan menggunakan tombol ‘Reuse Post.’

Dengan menekan tombol tersebut, guru bisa langsung memilih kelas mana postingan tersebut akan dipublikasikan. Setelah itu, guru bisa mengedit keperluan seperti menambah pertanyaan.

Fitur tersebut tentu bisa membantu guru, dalam memilih materi dari kelas lain yang mereka ajar. Guru juga bisa menyampaikan materi yang sama, untuk kelas yang berbeda.

Download

Download

Ruang Guru

Ruangguru.com telah menyediakan tiga aplikasi yaitu untuk pelajar, guru dan juga orang tua. Ruang Guru bisa menjadi solusi belajar online yang lengkap.

Dengan aplikasi Ruang Guru, maka pengguna dapat mengakses ribuan soal latihan yang lengkap. Bahkan soal tersebut bisa disesuaikan dengan topik pembelajaran (SD, SMP dan SMA).

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa menonton 1528 video belajar persiapan UN dan SBMPTN (konsep dan pembahasan soal). Aplikasi ini sangat cocok untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar.

Download

Download

Ada komentar?