Ada fakta menarik nih. Menurut penelitian terbaru, ternyata jumlah remaja dan anak yang nonton TikTok lebih banyak dari YouTube lho.
Popularitas TikTok selama beberapa tahun terakhir memang nggak bisa dipungkiri. Apalagi sejak pandemi dimana orang-orang nggak boleh beraktivitas di luar rumah demi menghindari penularan virus. TikTok pun sukses jadi aplikasi alternatif yang dipakai banyak orang untuk menghibur diri.
Seiring melejitnya popularitas TikTok dan trobosannya dalam mempopulerkan format video pendek vertikal, platform–platform lain seperti Instagram dan YouTube nggak mau kalah. Mereka juga ikutan bikin fitur yang serupa dengan maksud menyaingi TikTok (sekaligus mencegah penggunanya hijrah ke TikTok).
Tapi mau buat fitur apapun untuk menyaingi TikTok, popularitas TikTok benar-benar nggak terkalahkan. Apalagi di kalangan anak-anak dan remaja. Menurut data terbaru yang beredar akhir-akhir ini, ternyata jumlah remaja dan anak yang nonton TikTok bahkan sudah lebih banyak dari YouTube.
Nggak percaya? Padahal itulah fakta yang terjadi sejak Juni 2020. Waktu itu, TikTok mulai mengungguli YouTube dalam hal rata-rata menit per hari yang dihabiskan anak usia 4 – 18 tahun untuk mengakses kedua platform tersebut. Bulan itu adalah pertama kalinya TikTok berhasil menyaingi YouTube secara telak. Pasalnya pengguna yang lebih muda ini rata-rata menghabiskan waktu 82 menit per hari di TikTok, ketimbang di YouTube yang rata-rata cuma 75 menit per hari.
Sejak itu, TikTok terus mendominasi grafik dengan pengguna dari kalangan anak muda. Lanjut di akhir 2021, ternyata waktu rata-rata engagement bertambah. Dari yang awalnya cuma 82 menit, di bulan Desember 2021 rata-rata waktu yang dihabiskan anak-anak dan remaja di TikTok naik jadi 91 menit. Sedangkan YouTube waktu yang dihabiskan di YouTube cuma 56 menit per hari.
Sementara itu menurut data dengan sistem perhitungan baru yang dibeberkan oleh Qustodio menggunakan analisis 400.000 keluarga yang punya akun TikTok & YouTube dengan layanan parental control (data ini mewakili pemakaian aplikasi dan situs web di dunia nyata, bukan cuma perkiraan), hasilnya agak mengejutkan.