Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Jumlah Remaja & Anak Yang Nonton TikTok Lebih Banyak dari YouTube

Indri Penulis

Ada fakta menarik nih. Menurut penelitian terbaru, ternyata jumlah remaja dan anak yang nonton TikTok lebih banyak dari YouTube lho.

Popularitas TikTok selama beberapa tahun terakhir memang nggak bisa dipungkiri. Apalagi sejak pandemi dimana orang-orang nggak boleh beraktivitas di luar rumah demi menghindari penularan virus. TikTok pun sukses jadi aplikasi alternatif yang dipakai banyak orang untuk menghibur diri.

popculture.id

Seiring melejitnya popularitas TikTok dan trobosannya dalam mempopulerkan format video pendek vertikal, platformplatform lain seperti Instagram dan YouTube nggak mau kalah. Mereka juga ikutan bikin fitur yang serupa dengan maksud menyaingi TikTok (sekaligus mencegah penggunanya hijrah ke TikTok).

Tapi mau buat fitur apapun untuk menyaingi TikTok, popularitas TikTok benar-benar nggak terkalahkan. Apalagi di kalangan anak-anak dan remaja. Menurut data terbaru yang beredar akhir-akhir ini, ternyata jumlah remaja dan anak yang nonton TikTok bahkan sudah lebih banyak dari YouTube.

Nggak percaya? Padahal itulah fakta yang terjadi sejak Juni 2020. Waktu itu, TikTok mulai mengungguli YouTube dalam hal rata-rata menit per hari yang dihabiskan anak usia 4 – 18 tahun untuk mengakses kedua platform tersebut. Bulan itu adalah pertama kalinya TikTok berhasil menyaingi YouTube secara telak. Pasalnya pengguna yang lebih muda ini rata-rata menghabiskan waktu 82 menit per hari di TikTok, ketimbang di YouTube yang rata-rata cuma 75 menit per hari.

Sejak itu, TikTok terus mendominasi grafik dengan pengguna dari kalangan anak muda. Lanjut di akhir 2021, ternyata waktu rata-rata engagement bertambah. Dari yang awalnya cuma 82 menit, di bulan Desember 2021 rata-rata waktu yang dihabiskan anak-anak dan remaja di TikTok naik jadi 91 menit. Sedangkan YouTube waktu yang dihabiskan di YouTube cuma 56 menit per hari.

Sementara itu menurut data dengan sistem perhitungan baru yang dibeberkan oleh Qustodio menggunakan analisis 400.000 keluarga yang punya akun TikTok & YouTube dengan layanan parental control (data ini mewakili pemakaian aplikasi dan situs web di dunia nyata, bukan cuma perkiraan), hasilnya agak mengejutkan.

Qustodio memperkirakan kalau YouTube kemungkinan besar akan kehilangan banyak pengguna muda, khususnya Gen Z dan Gen Alpha. Pasalnya berdasarkan data yang mereka dapatkan, minta generasi muda di TikTok makin melejit. Berbanding terbalik dengan minat di YouTube yang makin menurun.

Selain itu Qustodio juga memaparkan kalau YouTube masih unggul di tahun 2019, sebab anak-anak dan remaja masih menghabiskan waktu 48 menit di platform secara global, dibanding 38 menit di TikTok. Tapi masuk di tahun 2020, TikTok menjadi yang teratas dengan waktu rata-rata pemakaian 75 menit perhari, sedangkan YouTube cuma 64 menit.

Gimana dengan tahun selanjutnya? Di tahun 2021, pengguna yang lebih muda menghabiskan waktu rata-rata 91 menit per hari di TikTok. Sedangkan di YouTube mereka cuma menghabiskan waktu 56 menit.

Data Qustodio

Qustodio juga sempat bikin metrik untuk negara-negara terkemuka seperti AS, Inggris dan Spanyol. Hasil yang paling mencengangkan adalah di Inggris. Terhitung anak-anak dan remaja di Inggris menghabiskan waktu 102 menit per hari di TikTok, sedangkan di YouTube cuma 53 menit (angka-angka ini mencakup pemakaian situs web dan aplikasi).

Dilihat dari data-data di atas, sudah jelas kalau TikTok telah berhasil melampaui popularitas YouTube. Apalagi jika dilihat dari jumlah remaja dan anak-anak yang nonton TikTok melampaui YouTube.

Agak masuk akal juga, mengingat YouTube selama ini dianggap sebagai platform yang bisa menyedot banyak data internet. Sedangkan TikTok lebih hemat data. Selain itu, bikin video di TikTok lebih gampang mendapat like / popularitas ketimbang di YouTube. Mungkin itu beberapa alasan yang menyebabkan TikTok lebih populer dibanding YouTube di kalangan anak muda.

    %d blogger menyukai ini: