Resmi Hadir, Samsung Galaxy S21 FE Punya Spesifikasi Menggoda

Anom Penulis

Akhirnya, setelah sekitar satu tahun sejak seri Galaxy S21 rilis dan melalui berbagai bocoran, smartphone flagship versi ekonomis dari Samsung hadir secara resmi. Inilah Samsung Galaxy S21 FE yang memberikan spesifikasi sangat menggoda.

Nama FE berasal dari kata Fan Edition. Edisi ini menggantikan versi Lite dan berawal dari Samsung Galaxy S20 FE yang menggantikan posisi Samsung Galaxy S10 Lite. Tradisi ini kembali Samsung terapkan untuk seri Galaxy S21 dengan ponsel baru ini.

Seperti generasi sebelumnya, smartphone ini tetap membawa beberapa fitur kelas ponsel flagship, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Ini sebabnya kehadiran seri FE selalu menjadi penantian.

Jadi, apa Samsung Galaxy S21 FE ini memang memberikan penawaran bagus seperti yang digosipkan?

Spesifikasi Hampir Sama

Seperti bisa kamu lihat, penampilan ponsel ini sama dengan seri utamanya, Galaxy S21. Sama-sama punya desain modul kamera yang khas dan variasi warnanya pun beda tipis.

Galaxy S21 FE 5G Olive
Galaxy S21 FE 5G lavender
Galaxy S21 FE 5G white
Galaxy S21 FE 5G graphite

Kemudian, spesifikasi dasar Samsung Galaxy S21 FE juga tidak jauh berbeda dari seri utamanya. Misalnya, sama-sama memakai chipset Snapdragon 888 5G (versi internasional dengan Exynos 2100) dengan RAM 8GB dan penyimpanan sampai 256GB (UFS 3.1).

Lalu ponsel ini juga sama-sama dibekali layar Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz, sensor sidik jari di bawah layar, fast charging 15W, colokan USB-C 3.2, tanpa colokan audio 3,5mm, dan tahan air dengan sertifikasi IP68.

Lalu apa perbedaan Samsung Galaxy S21 FE dengan Galaxy S21?

Perbedaan Samsung Galaxy S21 FE dengan Galaxy S21

Layar ponsel ini lebih besar dengan ukuran 6,4 inci (bukan Gorilla Glass Victus). Kemudian konfigurasi kamera di belakang punya spesifikasi lebih rendah dengan kamera 12MP (wide), 12MP (ultra-wide), dan 8MP (telephoto). Namun kamera selfie di depan punya kualitas lebih baik dengan 32MP.

Selain itu, Bluetooth-nya sudah memakai generasi 5.2 dan sensor sidik jari di layar menggunakan teknologi optik, bukan ultrasonik. Baterai pun memiliki kapasitas sedikit lebih besar dengan 4500mAh.

Perbedaan di atas tentu bisa kita maklumi mengingat harga Samsung Galaxy S21 FE lebih murah, yaitu sekitar $699 (ketika artikel ditulis Samsung Indonesia belum merilis harga). Harga tersebut berlaku untuk varian dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB (yang tidak ada di seri Galaxy S21).

Dengan harga yang relatif lebih murah itu, tentu kamu yang ingin punya ponsel flagship Samsung tapi punya dana sedikit lebih terbatas masih bisa menikmatinya. Kalau kamu penasaran, silakan saja kunjungi situs Samsung.

    %d blogger menyukai ini: