Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Resmi Rilis, Inilah Kelebihan Laptop ASUS TUF Gaming A15 FA506

Indri Penulis

ASUS resmi merilis TUF Gaming A15 FA506. Laptop gaming pertama di dunia yang ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce GTX 1650Ti.

Jakarta, 2 April 2020 – ASUS merilis banyak produk gaming terbarunya. Ada jajaran laptop ASUS ROG, desktop ROG, dan laptop ASUS TUF Gaming.

popculture.id

Untuk lini TUF Gaming, perusahaan merilis laptop ASUS TUF Gaming A15 FA506. Ini adalah laptop berukuran 15 inci yang menawarkan pengalaman gaming lebih baik dan harga terjangkau.

Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki laptop ASUS TUF Gaming A15 FA506?

Sumber Gambar : ASUS

Desain Baru dan Lebih Kokoh

TUF Gaming A15 FA506 kali ini hadir dalam desain berbeda. Laptop ini hadir dalam dua varian yang berbeda, yakni Fortness Gray dan Bonfire Black.

Fortness Gray hadir dengan desain pelat metal di bagian belakang layar. Sementara Bonfire Black mengusung desain trapezoidal cut. Membuatnya terlihat mencolok dan bisa jadi pusat perhatian.

Kedua varian ini telah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H. Itu artinya, laptop ini telah lolos uji getaran, uji jatuh, uji ketahan suhu, sampai uji kelembaban ekstrem.

Agar lebih oke, laptop ini telah dibekali layar dengan refresh rate 144Hz. Di sisi lain, TUF Gaming A15 FA506 ditenagai prosesor AMD Radeon yang telah terintegrasi dengan AMD Ryzen 4000 Series Mobile.

TUF Gaming A15 FA506 juga telah mendukung teknologi adaptive sync. Jadi laptop ini bisa kompatibel dengan monitor gaming lain (asal sama-sama mendukung teknologi itu).

Terakhir, laptop ini hadir dengan layar IPS 15 inci dengan dukungan NanoEdge bezel. Menjadikannya terlihat lebih luas dan lebih ringkas. Bahkan bodinya 8% lebih ringkas dari pada pendahulunya.

Sumber Gambar : ASUS

Ditenagai GPU NVIDIA GeForce Terbaru

TUF Gaming A15 FA506 ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce GTX 1650Ti. Ini adalah GPU terbaru NVIDIA yang telah memakai arsitektur Turing yang paling baru.

Menariknya, TUF Gaming A15 FA506 menjadi laptop pertama di dunia yang memakai GPU terbaru NVIDIA. Perlu kalian tahu, GPU ini jauh lebih cepat dari pada GTX 1050 dan 1650 lho.

Lalu apa pengaruh GPU ini ke TUF Gaming A15 FA506? Pertama, GPU ini dibekali memori GDDR6 yang super kencang. Jadi bisa dipastikan kalau chip grafis ini punya performa yang lebih baik dari pendahulunya.

Kedua, GPU ini telah dibekali CUDA core. Membuatnya cocok untuk video encoding dan rendering. Jadi selain untuk gamer, laptop ini cocok juga untuk para profesional kreatif.

Sumber Gambar : ASUS

Jumlah Core Jauh Lebih Banyak

Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile. Nah, prosesor ini telah dibangun menggunakan arsitektur Zen 2 terbaru.

Perlu kalian tahu, prosesor ini memakai konfigurasi 8 core dan 16 thread. Itu artinya, prosesor tersebut tidak hanya cocok untuk main game. Tapi juga bisa dipakai untuk tugas berat lain (khususnya multitasking).

Punya Fitur Gaming Terbaik

Sebagai laptop gaming, tentu fitur-fitur yang ada TUF Gaming A15 FA506 pasti bikin orang penasaran. Kami awali dari sistem pendingin laptop.

TUF Gaming A15 FA506 punya sistem pendingin yang mumpuni. Laptop ini punya struktur honeycomb pattern di bawah chassis-nya. Membuat aliran udara di sistem pendingin jadi jauh lebih bagus.

Laptop ini juga dibekali fitur anti-dust cooling. Fitur ini membuat debu dan kotoran yang menyumbat heatsink bisa otomatis dikeluarkan.

Sumber Gambar : ASUS

TUF Gaming A15 FA506 telah dilengkapi keyboard dan layout seperti yang ada di PC desktop. Ada tombol-tombol penting seperti WASD agar lebih mudah dijangkau gamer. Oya, semua tombol bisa tahan sampai 20 juta kali tekan lho.

Dalam masalah konektivitas, laptop ini bisa dibilang lengkap. Di sisi kiri laptop, ada dua USB 3.2 Gen 1 Type A dan satu USB 3.2 Gen 2 Type-C. Ada juga DisplayPort 1.4 untuk monitor G-Sync dan HDMI 2.0b. Sementara di sisi kanan akan ada port USB tambahan.

Buat kalian yang suka terkoneksi dengan kabel, ada juga port LAN kok. Sedangkan untuk kalian yang suka koneksi wireless, laptop ini telah dibekali WiFi 5 (802.11ac).

Oya, masih ada fitur-fitur lain yang tidak kalah menarik. Seperti fitur Bluetooth, sampai combo audio jack (untuk kalian yang suka memakai headset, bisa pakai jack 3.5mm).

    %d blogger menyukai ini: