buat emoji dari muka sendiri

Review Aplikasi Ommy: Buat Emoji dari Muka Sendiri

Emoji memang sudah menjadi bagian dari percakapan lewat aplikasi sehari-hari. Berbagai karakter emoji lucu berhasil menambah keseruan obrolan. Nah, bagaimana kalau kita bisa buat emoji dari selfie alias muka kita sendiri? Pasti lebih lucu. Aplikasi emoji yang bernama Ommy ini menawarkan fungsi tersebut.

Developer aplikasi ini menyebutkan kalau Ommy menggunakan neural network (bagian dari artificial intelligence) untuk mengolah foto menjadi emoji. Sebelum ini kita sudah mengenal teknologi tersebut di aplikasi edit foto Prisma. Saya juga pernah membahas aplikasi FaceApp yang menggunakan teknologi itu.

Coba kita lihat sedikit lebih dekat.


Baca juga: Edit Wajah dengan Efek Canggih di Aplikasi FaceApp


Buat emoji dan kirim ke berbagai aplikasi lain

Itulah fitur utama aplikasi Ommy. Aplikasi ini memang boleh dibilang aplikasi pendukung media sosial atau aplikasi chatting. Yang dilakukannya adalah mengubah foto kita menjadi emoji dengan berbagai gaya.

Tentu saja, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil foto. Bisa dari kamera (selfie atau foto teman) atau dari galeri. Seperti aplikasi FaceApp, ada panduan untuk memposisikan wajah dengan tepat.

buat emoji dari selfie

Setelah itu, Ommy akan mengunggah foto ke server dan mengolahnya. Sebagai hasilnya, akan muncul bentuk kartun dari foto tadi. Kita bisa mengatur identitas lebih jauh, apakah dari model rambut, menambah kacamata, menambah jenggot, mengubah warna rambut, dll.

Yang menarik, elemen identitas ini akan muncul menyesuaikan dengan foto yang kita ambil. Saya misalnya, yang saat ini berambut gondrong, mendapatkan saran berbagai pilihan rambut panjang.

Kalau sudah selesai, aplikasi ini akan membuat koleksi emoji berdasarkan karakter yang kita buat. Sebagian besar merupakan emoji animasi yang bisa bergerak. Kita tinggal memilih yang mana yang mau kita kirim ke media sosial (misalnya jadi emoticons Facebook) atau aplikasi chatting (seperti stiker Line).


Baca juga: Koleksi Aplikasi untuk Membuat Foto Lucu


Tampilan sederhana langsung pada fungsi

Aplikasi emoji ini memang cukup sederhana. Tampilannya tidak rumit dan memudahkan penggunaan. Tampilan kamera, tampilan edit identitas, dan pilihan koleksi emoji. Itu saja. Jadi lebih mirip aplikasi edit foto daripada aplikasi keyboard emoji.

pilihan emoji untuk share

Kalau kita memilih emoji dari salah satu koleksi, akan muncul preview beserta daftar aplikasi yang mendukung share emoji tersebut. Tampilan preview ini mirip dengan daftar emoji di Instagram. Muncul dari bawah dan bisa digeser ke atas.

Seru tapi masih bisa lebih bagus lagi

Di Play Store (karena saya mencobanya menggunakan handphone Android) ada beberapa keluhan tentang perubahan foto selfie ke emoji yang tidak akurat. Developer aplikasi ini menjelaskan bahwa pengenalan wajah Ommy akan semakin baik kalau semakin banyak digunakan. Kalau kamu mencobanya, buat emoji dari wajahmu beberapa kali sampai hasilnya pas.

Waktu saya mencobanya, hasilnya cukup lumayan. Memang sempat ada beberapa ketidak cocokan. Misalnya yang muncul adalah saran elemen wajah perempuan. Tapi bisa dimaklumi, karena saat ini saya berambut gondrong. 😀

Ketika saya mengirim emoji dari Ommy ke aplikasi chatting (saya mencoba WhatsApp dan Skype), ada yang memuaskan ada yang tidak. Di WhatsApp, gambar emoji muncul sebagai gambar animasi gif. Walau bukan masalah besar, saya berharap tampilannya lebih natural. Mungkin seperti stiker atau emoji FB Messenger. Sedangkan di Skype, hanya muncul sebagai gambar emoji diam, bukan animasi gif.

Secara keseluruhan, fungsi membuat emoji dari muka sendiri di aplikasi ini cukup menarik dan — untuk saya — cukup mirip. Sedangkan untuk berbagi ke aplikasi lain masih butuh penyempurnaan (tergantung aplikasi lain itu juga). Yah, tapi untuk sekedar seru-seruan, Ommy cukup asik digunakan.


Aplikasi Ommy bisa ditemui di Play Store dan App Store dengan nama Ommy Stickers & Emoji Maker. Aplikasi ini bisa diunduh gratis. Nah, selamat mencoba.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

More Stories
samsung android & speaker
5 Aplikasi Pemutar Musik Android Terbaik