[REVIEW] ASUS ROG Phone, Smartphone Gaming Rata Kanan!

Review ASUS ROG Phone, Smartphone gaming rata kanan!

Walaupun tidak bisa dibilang sebagai smartphone gaming terbaru, ROG Phone versi pertama masih bisa untuk kamu andalkan dalam urusan bermain game.

Seperti yang kita tahu, ROG Phone 2 baru saja dirilis di China sana. Tapi jika dilihat pada ketersediaan, saya prediksi akan sampai Indonesia pada awal tahun 2020 nanti. Sambil menunggu, ROG Phone versi pertama juga masih worth it kok!

Setelah mencoba menggunakan ROG Phone pertama dalam kurun waktu kurang-lebih 2 bulan, saya berani menyatakan jika smartphone gaming ini sanggup melibas game-game Android seberat apapun!

Desain dan Bodi

REVIEW ASUS ROG

Pada bagian desain, terutama bagian depan, mungkin¬†smartphone¬†ini tidak jauh berbeda dengan “sepupunya”, Zenfone Max. Nah, yang membuatnya semakin terlihat menarik ada dibagian belakang.

Tersirat kesan gahar yang terpancar dari desain bodi bagian belakang ini. Ditambah adanya logo Republic of Gamers dengan lampu LED yang bisa kamu kustomisasi dan fingerprint scanner.

Jika dilihat pada sisi bodi bagia tombol volume, ada motif keren diujung atas dan bawahnya. Motif adalah fitur Air-Trigger yang bisa kamu gunakan disaat bermain game, khususnya game FPS.

Layar

REVIEW ASUS ROG

Review ASUS ROG Phone ini sangat menyenangkan mata, sudah dilengkapi dengan layar berukuran 6 inci dengan panel AMOLED beresolusi 2160 x 1080 pixel. Refresh rate juga lumayan tinggi, sampai 90Hz dan response time hanya sebesar 1ms yang pastinya sangat menggiurkan bagi para gamers, termasuk saya.

Tapi untuk menghemat baterai, refresh rate 90Hz ini bisa kamu ubah menjadi 60Hz. Jangan khawatir, kamu masih akan tetap mendapatkan performa gaming yang bagus, kok.

Layar yang terpasang juga memiliki fitur Always On Panel disaat kamu menginginkan layar untuk terus menampilkan informasi seperti jam, tanggal, baterai atau lainnya tanpa harus membuka kunci.

Audio

REVIEW ASUS ROG

Smartphone gaming yang sempurna, menurut saya, karena dibekali juga dengan dua stereo speaker dengan dual amplifiers yang posisinya sejajar dengan layar, sehingga suara game tidak mudah tertutup oleh telapak tangan.

Speakernya pun dilengkapi dengan 24-bit/192KHZ audio engine yang sudah mendukung Hi-Res Audio, dengan begitu suara yang dihasilkan akan tetap jernih meskipun dalam volume tinggi jika kamu lebih suka bermain game dengan sound dari speaker.

Tapi, disaat kamu lebih nyaman menggunakan headset, ROG Phone juga memiliki fitur teknologi DTS:X 1.0 yang bisa menghasilkan suara secara 7.1 surround sound.

Saat saya bermain PUBG Mobile dengan headset, saya bisa mendengarkan dari arah mana ada musuh yang berlari sehingga saya bisa mengantisipasi kedatangannya, auto chicken.

Kamera

Kamera Depan
Kamera Belakang (Maaf ya keyboardnya buluk)

Sebenarnya saya tidak terlalu mementingkan dengan kualitas kamera yang ada di ROG Phone, karena smartphone ini diciptakan untuk bermain game.

Namun, kualitas foto yang dihasilkan menurut saya sangat baik. Bisa menangkap gambar dan warna dengan sangat jelas. Untuk bagian video, saya seperti merasa ada yang kurang karena masih kurang jelas dibanding smartphone (khusus foto) lainnya.

Performa

Memiliki otak Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core, GPU Andreno 630, RAM 8GB LPDDR4X, serta penyimpanan internal sebesar 128GB pastinya memiliki hasil yang memuaskan dan membuat pengalaman bermain game semakin seru.

Tidak percaya? Dibawah ini saya melakukan uji coba di aplikasi benchmark sintetis untuk mengukur kemampuannya.

Bagiaman untuk performa gaming secara real? Dibawah ini saya menyertakan beberapa screenshot dari game-game yang saya mainkan dengan setting rata kanan alias High/Ultra.

PUBG Mobile

REVIEW ASUS ROG

Free Fire Battlegrounds

REVIEW ASUS ROG

Mobile Legends

REVIEW ASUS ROG

Lineage II Revolution

 

Ashpalt 9

REVIEW ASUS ROG

Saat bermain game, saya bisa dengan mudah mengaktifkan fitur Game Genie yang bisa membantu saya melihat informasi realtime seperti suhu, kinerja CPU dan GPU, dan tentu saja FPS (Frame per second).

Ada juga fitur Record dan Live jika kamu ingin melakukan aktifitas Live Streaming game langsung dari ROG Phone. Dan yang paling saya di Game Genie adalah fitur Air-Trigger yang mempermudah saya saat bermain game PUBG Mobile.

Selain Game Genie, ada juga Game Center. Apa perbedaannya?

Aplikasi bawaan ini memungkinkan saya untuk melihat informasi mengenai smartphone mulai dari suhu, penggunaan CPU dan GPU, total RAM yang dipakai, hingga mengaktifkan X-Mode. Khusus X-Mode, kamu bisa mengaktifkannya dengan meremas bagian sisi bawah smartphone.

Saat X-Mode aktif, live wallpaper default akan berubah yang seolah-olah kamu sudah siap untuk mengalahkan musuh-musuhmu didalam game.

Yang paling berguna dari Game Center adalah bagian profile, untuk setiap game yang kamu mainkan, kamu bisa mengatur banyak hal. Mulai dari X-Mode, membersihkan memori, memilih refresh rate, sampai mematikan semua notifikasi yang mungkin mengganggu saat bermain.

Baterai

Dengan bodi yang besar dan berat, pertamakali saya mengira ROG Phone akan memiliki baterai lebih dari 5000 Mah. Ternyata baterai yang ada hanya berkapasitas 4000 Mah, tapi perlu diakui, dengan kapasitas yang hanya segitu, daya tahan baterainya juga masih bisa dibilang lumayan.

Saya sendiri mencoba review ASUS ROG Phone dengan bermain game PUBG Mobile setting rata kanan, dari 100% sampai sekitar 10% saya bisa main lebih dari 5 match pada mode Classic di map Erangel. Hal tersebut menurut saya sangat bagus.

Jika memang sudah benar-benar mau habis, katakanlah tersisa 5%, langsung saya pasangkan kabel charger ke ROG Phone dan menunggu sekitar 1 jam 40 menit untuk sampai ke 100% lagi. Saya serius, secepat itu karena adanya teknologi Qualcomm Quick Charge 4. Huheuheue.

Akesoris Bawaan

REVIEW ASUS ROG

Kelebihan yang paling utama antara ROG Phone dengan smartphone gaming lainnya berada dibagian aksesoris. Buanyaaaak!

Tapi dalam box ROG Phone ini, kamu hanya akan mendapatkan Aero Active Cooler. Aksesoris yang sangat minimalis yang bertujuan untuk mendinginkan smartphone agar kinerja dapat tetap optimal saat digunakan bermain game.

Perlu saya akui, saya sangat suka dengan aksesoris ini karena selain membuat bodi tetap dingin, udara juga akan dikeluarkan kesisi kiri dan kanan sehingga secara tidak langsung bisa membuat tangan kamu ikutan dingin.

Kecepatan kipas pendinginnya juga bisa disesuaikan melalui aplikasi Game Center. Menariknya, ada lubang port tambahan untuk charger dan jack 3.5 mm sehingga kabel charger dan headset berada ditengah-bawah layar dan tidak mengganggu genggaman saya.

Kesimpulan

REVIEW ASUS ROG

ROG Phone adalah smartphone gaming paling sadis! Tidak perlu diragukan lagi untuk performa, tampilan, dan fitur-fiturnya.

Harga: Dikarenakan tidak bisa dibilang smartphone terbaru, ASUS ROG Phone sekarang ini bisa dengan mudah kamu cari di ecommerce dengan harga mulai dari 10 jutaan sampai 13 jutaan. Pintar-pintar memilihnya, ya!

REVIEW ASUS ROG
ROG Phone
PROS
Desain khusus Gamers!
Banyak Fitur
Performa Luar Biasa
Libas Game-Game Berat
CONS
Baterai Kurang Besar
Tutup port AeroCooling yang Mudah Hilang
Hardcase Bawan yang Ribet
4.6
%d blogger menyukai ini: