Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Review ASUS VivoBook 15 X505Z: Bekerja Baik Untuk Tugas Sehari-hari

asus vivobook x505z amd ryzen

ASUS VivoBook 15 X505Z adalah sebuah laptop dengan harga terjangkau (sekitar 6 jutaan). Laptop yang diperkuat oleh AMD Ryzen dan Radeon Vega ini memang cukup menggiurkan.

Dengan harga yang terhitung murah, laptop ini memang tidak diharapkan untuk “bekerja” keras alias komputasi tingkat tinggi. Jadi, jangan berpikir yang canggih-canggih dulu. Kita tetap harus menyesuaikan harga dan spesifikasi yang ada.

Laptop di kelas seperti ini lebih berguna untuk mengolah pekerjaan sehari-hari. Seperti menelusuri internet dan media sosial, mengolah dokumen, edit foto ringan, main game ringan, dll.

Walau begitu, sangat menarik melihat apa yang bisa ditawarkan oleh laptop ini. Yuk, kita mulai review ASUS VivoBook X505Z ini.

Desain & Bodi

bodi tipis asus vivobook x505z
Perbandingan tebal laptop dengan korek api

Secara cukup mengejutkan, laptop ini punya penampilan yang menarik. Desainnya minimalis dan elegan, berbalut warna abu-abu gelap dengan logo ASUS di tengah.

Dengan harga yang relatif murah, kita jangan harap materi laptop tingkat tinggi. Hampir semua bodi terbuat dari plastik. Bukan sesuatu yang buruk, terutama dengan pertimbangan harga.

Di sisi lain, hal itu membuat bobot laptop ini juga ringan. Hanya sekitar 1,6 kg. Apalagi bodinya tipis. Jadi, meskipun ukurannya cukup besar (layar 15 inci), laptop tidak membebani baik saat ditenteng atau masuk dalam tas.

Lalu, kalau kamu memperhatikan detil, hampir semua permukaan laptop ini memiliki tekstur. Di samping tidak licin saat dipegang, rancangan ini cukup membuatnya terlihat “mahal”.

Layar

layar asus vivobook x505z
Layar nyaman dilihat

Layar ASUS VivoBook X505Z ini berukuran 15,6 inci. Seperti laptop ASUS lain, terdapat teknologi layar NanoEdge di sini. Artinya, bingkai tipis di sekeliling layar β€” terutama di bagian samping β€” membuat ukuran laptop lebih kecil dari laptop 15 inci tradisional lain.

Walau begitu, konstruksi layar laptop ini termasuk tradisional juga. Kita tidak bisa mendorong layar jauh ke belakang, sampai 180ΒΊ. Tapi rentang bukaan layar cukup lebar, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan cukup fleksibel.

Dengan harga yang relatif murah, kita juga tidak bisa berharap layar yang mewah. Layar laptop ini “hanya” mendukung resolusi sampai 1366 x 768 dengan refresh rate 60Hz. Toh kita tetap bisa melihat gambar resolusi Full HD di sini.

Layar laptop ini juga memiliki anti-glare. Secara umum layar nyaman dilihat. Walau begitu, sudut pandang ke layar cukup terbatas. Tetap ada bias di layar ketika kita melihat dari pinggir atau ketika ada cahaya terang dari samping atau belakang. Yah, tergantung kondisi dan arah cahaya juga.

Keyboard & Touchpad

keyboard asus vivobook x505z
Tuts keyboard ringan

Keyboard laptop ASUS VivoBook X505Z cukup enak dipakai walau tidak ideal. Tutsnya sangat ringan. Kadang terlalu ringan sampai harus sedikit menekan (atau mengetik lebih pelan) supaya bisa melakukan entri dengan benar.

Lalu, sayangnya lagi, tidak ada lampu di balik tuts keyboard ini. Jadi kalau agak gelap, lumayan sulit mengetik.

Bagaimana dengan touchpad-nya? Hm, saya cukup senang melihat gestur touchpad bisa diatur sampai menggunakan 4 jari. Di sisi lain, saya merasa touchpad ini agak kurang konsisten dalam hal respon. Terutama saat menggunakan kombo beberapa jari bergantian dengan cepat, melakukan drag, atau menggeser kursor

Di sisi lain, ukuran touchpad cukup besar membuat kita leluasa mengontrol kursor. Padahal, bidang tempat tangan bersandar juga lumayan lega. Jadi dari sisi ini, laptop nyaman dipakai.

Audio

Laptop ASUS VivoBook X505Z dilengkapi dengan speaker berteknologi SonicMaster. Selain itu untuk mikrofon dan speaker juga ada teknologi Synaptics SmartAudio HD dari AMD.

Hasilnya, suara untuk speaker lumayan bagus. Karakter suaranya bulat dan keras, dengan sedikit kesan kopong (hollow).

Sedangkan bila kita dengarkan dengan earphone, karakter suaranya berbeda. Suaranya lebih “berisi”. Yah, saya mencobanya hanya dengan earphone biasa.

Untuk mendukung suara yang baik, ASUS melengkapi laptop ini dengan audio wizard untuk melakukan setelan optimal. Kamu bisa memilih mode dan beberapa setelan lain sesuai dengan perangkat (misalnya untuk headset).

Performa

Laptop ASUS VivoBook X505Z ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 2200 dengan GPU Radeon Vega 3, RAM 4GB, dan penyimpanan 1TB SATA HDD. Kombinasi yang cukup menarik untuk dapur pacu.

Yah, sejauh yang saya pakai memang tidak ada masalah. Harus saya akui, saya tidak menggunakannya untuk bekerja berat. Sekedar berbagi, saya memakainya mengetik dokumen (termasuk artikel ini dan beberapa artikel lain), browsing, nonton YouTube, edit foto ringan, edit desain ringan dengan aplikasi Gravit (dari Corel), berkirim email, dll. Semua pekerjaan yang sering kita lakukan sehari-hari.

Daya tahan baterai laptop ini cukup bagus. Paling tidak untuk bekerja ringan bisa bertahan cukup lama. Hm, setelan yang pakai saat ini adalah untuk performa terbaik (bukan hemat baterai).

Terus terang, saya belum pernah mengukur sampai baterai benar-benar habis. Tapi kalau sekedar bekerja sekitar 5 jam sih, masih ada daya tersisa lumayan. Lalu, dari sekitar 37% baterai, laptop ini memperkirakan waktu sekitar 50 menit sampai baterai benar-benar terisi penuh.

Kelengkapan

Meskipun laptop ini memiliki bodi cukup tipis, ASUS bisa memasang cukup banyak colokan untuk melengkapinya. Ada colokan untuk daya, dua USB 2.0, satu USB 3.0, satu USB 3.1 Type-C, HDMI, colokan audio 3,5mm, Gigabit Ethernet, dan slot kartu SD.

Jadi boleh dibilang laptop ini sangat fleksibel. Bisa terhubung dengan berbagai media atau perangkat lain dengan mudah.

Harga

Laptop ASUS VivoBook X505Z ini memiliki harga di sekitar Rp6.000.000. Saat ini, dengan rentang harga seperti itu, laptop ini memberikan penawaran spesifikasi dan fitur yang menarik.

Kesimpulan

ASUS VivoBook X505Z memang sebuah laptop untuk kelas pemula. Istilahnya entry level. Hal itu terlihat dari spesifikasi yang ada.

Namun bukan berarti laptop ini punya kemampuan terbatas. Ya, memang ada batasan untuk spesifikasi seperti ini. Tapi untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dan untuk menikmati hiburan seperti nonton film dan mendengarkan lagu, laptop ini berfungsi dengan baik.

Jadi kalau kamu mencari laptop dengan harga terjangkau yang mumpuni untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan ringan lain, laptop ini boleh jadi pertimbangan serius.

3.8
Ringkasan
ASUS VivoBook 15 X505Z adalah sebuah laptop dengan harga terjangkau dengan fitur dan performa memadai untuk kebutuhan sehari-hari.
Pros
Desain keren
Ringan dan tipis
Cons
Keyboard dan Touchpad kurang konsisten (responsivitas)
More Stories
avenger endgame scarlet witch
Poster ‘Avengers: Endgame’ Menunjukkan Korban Jentikan Jari Thanos