Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Review ASUS VivoBook Max X441: Laptop Murah, Spesifikasi Mumpuni

review asus vivobook max x441

Cari laptop murah dengan spesifikasi mumpuni? kali ini dapur review kami akan melakukan review ASUS VivoBook Max X441. Laptop ini ditujukan untuk pengguna muda dari kalangan pelajar hingga mahasiswa.

ASUS VivoBook Max X441 dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Meski memiliki harga murah, bukan berarti spesifikasi yang dimilikinya tidak menarik. Seperti misalnya, fitur speaker ber-chamber besar untuk membuat pengalaman bermultimedia menjadi lebih menyenangkan.

Buat kalian yang sedang cari laptop murah, review ASUS VivoBook Max X441 dari kami ini wajib dibaca.

Daftar isi

Desain

ASUS VivoBook Max X441 memiliki desain yang trendi dengan balutan penuh warna untuk beberapa varian, cocok untuk kalian yang suka tampil trendi. Kebetulan kami mengulas varian warna biru muda.

Warna biru muda menutup sempurna seluruh bodi pada laptop ini. Dari mulai lid cover, ke area frame layar, hingga area keyboard beserta palmrest sampai ke bagian bawah/alas di bodinya. Warna birunya bagus dan tidak terkesan norak atau murahan. Notebook ini juga terlihat semakin cantik dan manis, berkat gaya glossy yang diberikan pada panel covernya.

VivoBook Max X441 memang terbuat dari plastik, namun tetap terasa kompak dan kuat. Untuk ukuran notebook yang bakal sering menemani aktivitas sehari-hari, bobotnya cukup ringan yakni hanya 1,7Kg saja.

Review ASUS VivoBook Max X441

Bodinya memang agak tebal karena dilengkapi dengan Optical Disk Drive, namun disisi lain kalian tidak perlu pusing jika sewaktu-waktu membutuhkan ODD itu untuk membaca file atau keperluan sejenis (yakin deh, pelajar-mahasiswa butuh ini). Secara ukuran, ketebalan laptop ini adalah 1,8 cm dan secara keseluruhan dimensinya yakni 34.8 x 24.2 x 2.76 cm (WxDxH).

↑ Kembali ke daftar isi


Baca juga: Hands On ASUS ZenBook UX360UA


Layar

Masuk pada ukuran layar, notebook ini punya bezel yang cukup tebal. Ketebalan bezel nya untuk bagian atas adalah 2,4 cm sedangkan di samping sekitar 1,9 cm. Untuk ukuran notebook dengan harga Rp3 jutaan, desain seperti ini akan kerap kita jumpai.

Penggunaan bezel yang tebal memiliki nilai plus maupun minus. Bagusnya, jika seandainya secara tidak sengaja terbentur tidak terlalu keras, dampaknya tidak akan langsung mencederai LCD-nya. Sedangkan minusnya, penampilannya (khusus pada bagian dalam) akan terkesan biasa saja.

Layar dari laptop ini telah memiliki resolusi HD (1366×768). Ukuran layarnya sendiri adalah 14 inci serta punya tingkat refresh rate 60Hz, yang artinya setiap satu detik monitor mampu menampilkan gambar sebanyak 60 kali. Fitur tersebut memang standar, namun menjadi cukup istimewa mengingat ini ditempatkan untuk perangkat kelas mainstream.

Tidak hanya itu, monitornya juga punya tingkat kedalaman warna hingga 45 persen, sekaligus mempunyai LED backlit pada display nya. Untuk membuat layar bisa menampilkan gambar lebih baik lagi, ASUS memberikan software untuk mengoptimalkannya, yaitu, ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid.

Splendid, teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang kita lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.

Di dalam Spendid pun terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

Normal Mode adalah mode di mana LCD telah diprogram secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.

Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.

Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.

Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

↑ Kembali ke daftar isi

Audio

Yang menarik saat melakukan review ASUS VivoBook X441 adalah bagian ini. ASUS VivoBook X441 menggunakan teknologi audio SonicMaster untuk meningkatkan performa suara yang dikeluarkan oleh speaker sehingga menjadi lebih enak didengar. Secara garis besar, SonicMaster mampu memaksimalkan kemampuan audio sound card pada laptop ini, sehingga mampu mengeluarkan suara yang sangat nyaman di telinga.

Di samping SonicMaster, ASUS menyematkan pula teknologi ICEpower untuk mereproduksi keluaran audio speaker hingga menjadi lebih jernih. Inilah yang membuat saya mengatakan bahwa laptop murah ini memiliki spesifikasi yang ga murahan.

ASUS menempatkan dua buah speakernya diatas papan keyboard persis di bawah monitor. Dilihat sekilas ukuran speakernya sangat besar sehingga sangat wajar jika mampu menghasilkan suaran yang mumpuni.


Baca juga: Hands On ASUS ROG G752VS


Ketika kami mengujinya dengan memaksimalkan volume hingga batas tertinggi, dentuman suara yang dikeluarkan terasa kencang dan renyah. Tak hanya itu, kualitas keluaran suara pun dapat diatur lebih lanjut sesuai keinginan pengguna dengan aplikasi AudioWizard.

↑ Kembali ke daftar isi

Touchpad dan Keyboard

Untuk area touchpad,  ukuran dari papan touchpad cukup lumayan, tidak terlalu kecil. Touchpad ini pun turut didukung dengan teknologi smart gesture, untuk membuat pengguna dapat lebih mudah mengoperasikannya.

Pada area di pinggir touchpad, yakni area palmrest, ASUS menanamkan fitur IceCool Technology. Tujuannya agar kita dapat berlama-lama menggunakan notebook tersebut tanpa khawatir pergelangan atau tangan akan terasa panas. Saat kami coba, teknologi dari ASUS tersebut cukup membantu.

Untuk keyboard, jarak antar tuts cukup lebar, jadi ketika mengetik, akan meminimalisir salah pencet tombol. Untuk kenyamanan, meski tidak bisa dibilang istimewa, namun keyboard dari laptop ini masih cukup nyaman untuk aktivitas mengetik yang cukup lama.

↑ Kembali ke daftar isi

Port

ASUS VivoBook Max dilengkapi dengan fitur konektivitas yang cukup memadai ditambah dengan dukungan kapasitas hardisk yang mencukupi, untuk menyimpan berbagai file. Port yang dimiliki oleh notebook ini antara lain, port USB 3.0, USB 2.0, pembaca micro USB, audio jack serta dan HDMI dan USB Type-C.

Selain itu, masih ada port konektor lain yang dapat dipergunakan untuk menghubungkan VivoBook Max X441 dengan perangkat lain secara nirkabel yakni Bluetooth 4.0 dan port Wi-Fi 802.11ac. Cukup lengkap untuk laptop murah.

↑ Kembali ke daftar isi

Baterai

ASUS VivoBook Max X441 dilengkapi dengan baterai bertipe Lithium-Ion 3 cell 36 Whrs. Saat digunakan sehari-hari, perangkat ini dapat menemani penggunanya hingga kurang lebih 6 jam 45 menit. Khususnya dalam penggunaan secara kasual seperti mengetik, browsing, menonton film hingga bermain game ringan. Sedangkan ketika diset pada mode full load, notebook ini mampu bertahan hingga 4 jam 59 menit saja. Cukup impresif.

↑ Kembali ke daftar isi

Lain-lain

Laptop ASUS ini memiliki hardisk (HDD) sebesar 500 GB untuk menyimpan file ataupun menginstall software. Laptop ini juga memiliki kamera depan dengan kualitas standar.

Performa

Oke, mari kita perjelas. Laptop ini ditujukan untuk aktivitas sehari-hari, jadi bukan sebuah laptop game atau laptop multimedia. Jadi, kami mengujinya berdasarkan target market dari laptop ini.

Kami mencoba menguji laptop ini dengan cara membuka banyak tab pada browser, sekaligus juga menjalankan cukup banyak aplikasi. Hasilnya cukup memuaskan, laptop ini tak tersendat suhunya pun tidak terlalu panas.

Untuk memainkan game standar seperti Minion Rush, game bisa dijalankan tanpa hambatan dan cukup nyaman. Tidak ada lag yang terjadi. Jadi untuk game-game kasual dan ringan, laptop ini masih bisa diandalkan.

↑ Kembali ke daftar isi

Spesifikasi Teknis

Main Spec. ASUS VivoBook X441
CPU Intel Braswell N3060
Memory DDR3L 1600 2G / 4G
Storage 500GB HDD 5400RPM SATA HDD
Display 14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
Support ASUS Splendid Technology
Graphics Intel® HD Graphics 400
Input/Output 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Disk Drive Super-Multi DVD (On selected models)
Keyboard Chicklet keyboard (2,3 mm travel distance)
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi
Integrated 802.11b/g/n
Integrated 802.11 AC
Bluetooth
Built-in Bluetooth V4.0
Audio Built-in Speakers And Microphone

SonicMaster

Weight 1.7 kg
Dimension 34.8 x 24.2 x 2.76 ~ cm (WxDxH)
Colors Silver Gradient, Chocolate Brown, Aqua Blue, White, dan Red
Battery 3 Cells 36 Whrs Battery
MSRP Rp3,549,000 /2G/DOS, Rp3,699,000 /4G/DOS, Rp3,949,000 /2G/WIN10
Warranty 2 years full global warranty

↑ Kembali ke daftar isi

Kesimpulan

Kalian mencari laptop murah? ASUS VivoBook X441 jelas bisa menjadi alternatif terbaik. Meskipun bukan laptop terbaru dari ASUS (2016), namun kemampuannya masih bisa diandalkan untuk aktivitas pelajar, mahasiswa bahkan pekerja kantoran.

Meski ditujukan untuk aktivitas kantoran dan pelajar, laptop ini juga menyenangkan saat digunakan untuk menonton video/film, karena suara yang dihasilkan cukup memukau. Bisa kami bilang bahwa kualitas speaker dari laptop ini setara dengan laptop ASUS seharga 10 jutaan.

Ukuran yang tidak terlalu berat juga membuat laptop ini cocok sebagai teman saat dibawa bepergian.

Itulah review ASUS ZenBook Max X44I, kalian bisa membelinya dengan klik link di bawah ini.

[wp-review id=”39846″]

More Stories
memotret pakai handphone
7 Kesalahan Saat Memotret Menggunakan Handphone