Buka Kardus dan Review ASUS ZenPad 7.0 Theatre Edition

Kebetulan, saya memiliki ASUS ZenPad 7.0 untuk diulas. Apakah peranti ini memiliki kriteria yang pas untuk gaya hidup seorang pengguna teknologi yang suka nonton film online maupun offline. Oh ya, ASUS ZenPad 7.0 ini menggunakan sistem operasi Android.

Nah inilah review ASUS ZenPad 7.0 dari kami.

Paket Penjualan

Saya akan review ASUS ZenPad 7.0 theater edition, dimana selain mendapatkan paket penjualan standar sebuah tablet/smartphone (kabel data, charger, buku manual dan kartu garansi), saya juga mendapatkan audio cover yang mana ini menjadi nilai lebih untuk kalian penikmat musik atau film di rumah.

Untuk ASUS ZenPad 7.0 yang bukan theatre edition, kita tidak akan mendapatkan audio cover, hanya device-nya saja.

Desain

Secara desain, ASUS ZenPad 7.0 ini tidak terlalu jauh berbeda dengan produk-produk tablet milik ASUS lainnya. Dengan lengkungan di setiap sudutnya, tablet dengan layar 7 inchi ini masih nyaman untuk digenggam, namun tentu saja, dengan ukuran sebesar itu, pengoperasian satu tangan sangat sulit dilakukan untuk kebanyakan orang Indonesia.

Peranti ini dibalut dengan casing yang terbuat dari plastik dengan tutup belakang yang bisa dilepas dan diganti dengan audio cover. Nah bagian yang paling menyulitkan adalah saat untuk memasang dan melepas kembali audio cover-nya. Jadi saran saya, sebelum kalian memasang audio cover, masukkan kartu SIM dan micro SD terlebih dulu, biar nanti ga perlu bongkar-pasang audio cover-nya.

Desain dari audio cover-nya sendiri memiliki bentuk yang cukup unik dengan stand yang digunakan untuk menyangga tablet saat berada di posisi horizontal. Sayangnya, hanya ada satu mode stand saja, jadi kita harus pintar untuk menempatkan tablet di posisi yang bisa membuat kita nyaman untuk menikmati film.

Oh ya, audio cover ini memiliki baterai sendiri, untuk menambah dayanya, jika cover tersebut sudah terhubung dengan tablet ZenPad 7.0, maka jika tablet tersebut dalam posisi charging, maka daya baterai dari audio cover tersebut juga akan terisi.

Performa

Karena tablet ini ditujukan untuk pengguna yang suka nonton film, tentu saja kualitas suara yang diperdengarkan cukup mumpuni dengan audio cover bawaan dari ZenPad 7.0 yang sudah memiliki Speaker 5.1 Channel Surround Sound. Audio cover ini 6 Speaker dan 1 Subwoofer yang dapat memancarkan suara hingga 6 kali lebih kencang. Cover ini memiliki baterai 2300 mAh yang bisa bertahan hingga 6 jam dalam sekali pengecasan.

Selain hardware, ASUS memberikan fitur AudioWizard yang memungkinkan kita dapat mengatur suara tablet sesuai kebutuhan. Tersedia 6 Mode suara yang bisa dipilih, yaitu: Movie, Music, Smart, Gaming, dan Speech. AudioWizard juga menyediakan pengaturan konfigurasi tambahan seperti sudut dan jarak pancaran suara. Kita bisa mengatur suara agar bisa memancar hingga sudut seluas 180 derajat. Ini artinya, suara yang dikeluarkan dari Tablet bisa meluas dan dinikmati oleh lebih banyak orang.

Kemudian, bagaimana suara yang dihasilkan saat tidak menggunakan audio cover, cukup bagus, tapi tidak istimewa. Jadi pastikan kalian membeli ASUS ZenPad 7.0 yang edisi theater.

Bagaimana dengan performa selain untuk melihat film atau mendengarkan musik?

Untuk penggunaan sehari-hari, seperti chat, sosial media, Microsoft Office, browsing, cek email, tidak ada kendala yang berarti, semua berjalan dengan baik. Namun jika kalian mencoba menggunakan tablet ini untuk bermain game-game berat (saya mencoba Need for Speed No Limit), force close adalah pemandangan yang biasa terjadi. Saya juga sedikit heran dengan tidak mulusnya transisi antar layar meskipun itu hanya berpindah dari atau ke home screen.  Padahal RAM yang dibawa oleh tablet ini cukup lumayan, 2 GB. Saya coba untuk mengganti launcher milik Google hasilnya juga sama saja, masih terasa lag.

Kamera

ASUS ZenPad 7.0 memiliki dua kamera dengan kemampuan 5 megapixel untuk kamera utama dan 2 megapixel untuk kamera depan. Hasilnya cukup lumyana, dengan cahaya yang cukup, kualitas foto yang dihasilkan cukup memuaskan. Tapi jangan berharap lebih untuk kamera dari tablet yang memang khusus untuk mini home theater ini.

Kesimpulan

Jika kalian butuh tablet dengan fitur yang menonjolkan hiburan film dan musik, ASUS ZenPad edisi teater ini layak untuk dicoba.

ASUS ZenPad 7.0 Theater Edition ini dibanderol dengan harga Rp 2.899.000 sudah termasuk audio cover. Untuk versi yang bukan theatre edition, kalian bisa membelinya dengan harga yang lebih murah lagi.

    %d blogger menyukai ini: