Review Game Juggernaut Wars: Berpotensi Jadi Game RPG Favorit

juggernaut wars RPG game

Juggernaut Wars adalah sebuah game RPG dengan sedikit bumbu MOBA. Game ini cukup menarik, karena mudah dimainkan, seru, dan memiliki gambar yang bagus. Baik di App Store maupun di Play Store pun, game ini mendapat rating yang bagus (4+).

Saya sudah memainkan game ini selama cukup lama. Seperti biasa, ada beberapa catatan yang saya buat.


Baca juga: Review Game Olympus Rising


Gameplay Juggernaut Wars

Inti permainan Juggernaut Wars adalah pertarungan antar Heroes. Ya, seperti tren game fantasi jaman sekarang. Kita akan mengumpulkan berbagai Heroes, dan mengalahkan musuh selama permainan.

Pertarungan itu hadir dalam berbagai bentuk. Ada kampanye (Campaign – perjalanan), Gua (Cave – mencari harta dan mempertahankannya), Portal (ujian kekuatan), Arena (bertarung dengan pemain lain), dll. Berbagai pertarungan itu bisa menentukan kemajuan kekuatan Heroes yang kita miliki.

berbagai gameplay juggernaut wars

Kalau sudah memiliki banyak Heroes, kita bisa menentukan siapa saja yang akan kita bawa dalam pertarungan. Bahkan dalam beberapa permainan — seperti Cave — kita bisa menyusun kelompok Heroes sebagai baris pertahanan (lapis pertama, kedua, dst). Yah, Juggernaut Wars memang punya banyak Heroes dengan kelebihan masing-masing.

Seperti game RPG atau game strategi atau game MOBA lain, Heroes di Juggernaut Wars bisa dikembangkan kemampuannya. Baik dari skill maupun dari armor. Kumpulan kekuatan Heroes akan menentukan kekuatan kita dibanding musuh (termasuk pemain lain).

Karakter game RPG juggernaut wars

Namun ada sedikit catatan di sini. Perkembangan kekuatan kelihatannya tidak berjalan cukup seimbang. Cukup susah mengumpulkan armor dan menaikkan kualitas Heroes (Promote dan Evolve).

Pertama, karena benda yang dibutuhkan susah dicari — ada yang baru muncul di level yang jauh di depan kita (termasuk soul stone untuk mendapat Heroes baru). Kedua, energy drink (eh apa sih istilahnya? :p ) untuk menaikkan experience semakin lama semakin efeknya semakin kecil dibanding dengan kenaikan experience tersebut.

Lalu, untuk menaikkan kekuatan jurus, kita harus membayar sejumlah koin untuk tiap poin. Makin lama semakin mahal, sementara koin yang didapat tidak bertambah banyak.

Terakhir, jumlah total kekuatan bukanlah penentu kemenangan. Walau di satu sisi hal ini cukup bagus, tapi indikator kemenangan jadi sedikit kurang jelas. Karena strategi pertempuran kurang berfungsi di permainan (baca soal kontrol permainan).


Baca juga: 80 Pokemon Terbaru di Game Pokemon Go


Kontrol Permainan Juggernaut Wars

Sejujurnya, tidak banyak yang harus dikontrol saat memainkan game ini. Pertarungan antar Heroes akan berjalan semi otomatis. Saya sebut semi otomatis karena tiap Heroes akan menyerang musuh tanpa perlu kita kontrol, kecuali saat menggunakan jurus. Bahkan kita tidak perlu memilih musuh mana yang harus diserang.

Ada juga pilihan untuk auto-play yang akan menjalankan pertarungan secara otomatis. Dalam hal ini termasuk penggunaan jurus. Yang kita lakukan tinggal menonton saja.

gameplay juggernaut wars

Menurut saya, kontrol yang hampir semuanya otomatis ini sedikit mengurangi keasikan bermain. Sisi RPG hanya muncul ketika mengatur skill dan armor Heroes. Sisi strategi juga hanya ada di saat memilih kapan harus menggunakan jurus.

Paling tidak — yang saya harapkan — kita bisa memilih musuh mana yang mau diserang terlebih dulu. Sehingga permainan bisa lebih sedikit strategis. Kalau semua otomatis, game jadi terasa seperti sekedar simulasi saja.

Tampilan Juggernaut Wars

Kalau untuk urusan grafis, Juggernaut Wars layak mendapat pujian. Game ini memiliki gambar yang bagus. Baik dari desain karakter Heroes dan monster, background pertarungan, sampai efek jurus, semua memuaskan.

Walau tampilannya 3D, gaya ilustrasi game ini masih memiliki gaya seperti gambar cat air atau lukisan. Gradasi dan tone warna juga enak dilihat. Tidak seperti bentuk 3D generik yang biasanya serba mengkilat. Tampilan ini sedikit mengingatkan saya pada game Prince of Persia versi tahun 2008.

juggernaut wars game dengan gambar bagus

Sebagai game mobile, game ini juga tidak memenuhi layar dengan berbagai tombol kontrol atau informasi yang berlebih (nama karakter, level, dll). Jadi kita bisa melihat pertarungan dengan lebih lega.


Baca juga: Review Laptop ASUS X555QG: Laptop Game Murah


Performa Game dan Pengalaman Bermain

Sejauh yang saya mainkan, game ini tidak terlalu membebani handphone. Yah, dalam tahap cukup wajar lah. Minimal saya tidak bertemu permainan yang patah-patah atau handphone panas dengan baterai cepat terkuras (mungkin terkuras, tapi tidak secepat itu).

Namun, saya menemui beberapa kali kendala koneksi. Ada saatnya ketika game ini berhenti dan memberikan pemberitahuan kalau koneksi terputus, lalu akan tersambung kembali. Tapi di beberapa kesempatan, koneksi tidak pulih.

Saya juga sudah mencoba main game lain saat terjadi masalah itu. Nyatanya, game lain yang saya buka tidak mengalami masalah. Padahal sama-sama menggunakan koneksi internet.

Secara keseluruhan, game Juggernaut Wars memang seru dimainkan dan memiliki gambar yang memuaskan. Untuk permasalahan perkembangan Heroes di gameplay yang saya sebut di atas, mungkin ini salah satu usaha developer untuk mendorong pembelian dalam aplikasi. Tidak salah juga. Hanya saja kalau bisa tidak mengganggu keseruan, sampai kita akhirnya malas bermain lagi.


Juggernaut Wars bisa didapat di Play Store dan di App Store secara gratis. Game ini memiliki potensi besar untuk jadi game favorit para penyuka RPG atau MOBA. Tentunya kalau perkembangan game terus dilakukan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

%d blogger menyukai ini: