Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Review Game: Trouserheart

Anom Penulis

Untuk review game kali ini, saya mau mengulas Trouserheart. Game ini memenangkan kompetisi Nokia Create untuk kategori Fun & Games Master Mission Winner dan memenangkan kontes game Unity3D & Microsoft. Apa yang membuat game ini juara?

Sebelumnya, mari kita bahas dulu deskripsi game ini. Trouserheart adalah sebuah game petualangan dan semi RPG. Saya sebut semi RPG karena game ini lebih mengutamakan aksi hack and slash walau memiliki beberapa elemen RPG. Di game ini kita bermain sebagai seorang raja yang mencari celananya yang dicuri. Celana? Iya, celana.

Humor yang bagus memang jadi salah satu aset game ini. Selama kita menelusuri berbagai stage yang ada di peta, kita akan menemui banyak hal yang bisa bikin kita senyum-senyum sendiri.

Selain lucu, game ini juga punya keunikan lain. Apa itu? Kontrolnya. Ada apa dengan kontrolnya? Begini, di beberapa game, terutama game petualangan, aksi, atau RPG, selalu ada virtual controller di layar. Yang menjadi masalah adalah controller ini seringkali memakan cukup banyak bidang di layar. Ada juga game petualangan yang menggunakan sistem one touch control seperti Rayman Jungle Run. Tapi untuk beberapa kasus tetap kurang pas diterapkan. Lalu apa yang dilakukan game ini? Sederhana. Tampilan controller dihilangkan, tapi fungsinya tetap. Setelah beberapa tahun menggunakan ponsel touch screen, kita dianggap sudah memahami kontrol game tanpa bantuan gambar. Kalau yang belum terbiasa, tetap bisa memunculkan kontrolnya kok. Jangan kuatir.

Sama seperti kebanyakan game RPG, kita juga bisa melakukan upgrade untuk armor, senjata, dan kemampuan kita. Karena game ini cuma semi RPG, pengaturan upgrade-nya juga tidak rumit. Yang lucu, walaupun armor kita sudah tinggi levelnya (misalnya sudah emas), tokoh kita tetap nggak pakai celana. Boxer-nya dong… ada lope-lopenya. 😀

Gameplay-nya juga menarik. Setiap kita membuka peta baru, variasi musuh juga bertambah. Misalnya makhluk kecil yang suka mencuri itu. Di level selanjutnya mereka akan membawa bom. Lalu di level lain, mereka akan membawa peti harta karun. Selain itu selain membantai musuh, kita juga akan memainkan mini puzzle. Kalau kombinasi benar, harta akan turun dari langit. Kalau salah, monster yang akan turun.

Game ini memang memiliki grafis yang oke, kontrol yang unik, dan gameplay yang tidak membosankan. Tapi yang paling utama adalah: game ini menghibur. Mirip dengan game Skulls of The Shogun, yang juga punya celotehan lucu. Faktor menghibur inilah yang membuat kita senang terus bermain game ini. Ya, minimal terus penasaran nyari celana sang raja.

Game Trouserheart ini bisa dibeli di Windows Phone Store Indonesia dengan harga Rp21.510,-. Ada versi trial-nya. Tapi kita hanya bisa memainkan satu peta saja di versi trial ini. Game ini bekerja di Windows Phone 8. Yang minat langsung ke link di bawah saja.