Review LG 360 Cam: Buat Video 360 Secara Cepat

Kali ini saya kan melakukan review LG 360 Cam, device pertama LG untuk mengambil foto atau video 360 derajat. Apakah device ini mampu membuat virtual reality (VR) akan semakin dikenal?

Seperti kita tahu, teknologi VR sudah mulai menjamur, beberapa manufaktur besar mencoba menjadi pemimpin di ranah ini. Konten-konten dengan label 360′ juga sudah gampang kita temukan, baik melalui kanal YouTube atau Facebook.

Jika di awal kemunculannya kita harus memiliki 6 hingga 12 kamera untuk membuat sebuah video 360′, maka mulai tahun ini, kamera 360′ siap pakai bakal banyak ditemui. Salah satu yang mampir ke dapur review kami adalah LG 360 Cam.

Jadi berikut review kamera 360′ LG 360 Cam.

Unboxing

Tidak ada yang istimewa dari kemasan LG 360 Cam. Bentuk dan bahan kardus yang digunakan cukup standar, seperti kemasan yang ada pada produk ponsel kebanyakan. Kita akan menemukan berbagai informasi berupa spesifikasi teknis, nomor seri dan fitur-fitur andalan di luar kardus. Hal itu sedikit memudahkan kita untuk membayangkan apa yang bisa dilakukan oleh peranti ini.

review-lg-360-cam

Paket penjualan yang diberikan juga cukup standar, yaitu buku manual, kabel data dan charger. Tidak ada yang spesial. Mungkin hal itu dilakukan untuk menekan harga penjualan.

Desain

Desain dari LG 360 Cam cukup unik dan cukup handy untuk dibawa bepergian. Tombol power, lampu indikator dan status pengambilan mode gambar 180 atau 360′ diletakkan di samping. Di sisi utama, hanya ada satu tombol besar berbentuk lingkaran. Tombol tersebut berfungsi sebagai tombol shutter. Jika tombol tersebut ditekan, maka lampu indikator diatasnya akan menyala.

Untuk lensa utama, agar bisa mendapatkan gambar 360′, LG menempatkan dua lensa di sisi depan dan belakang. Di bagian bawah, kita akan menemukan lubang yang bisa digunakan untuk menempatkan device ke tripod. Di sebelahnya, ada ruangan yang bisa digunakan sebagai slot kartu memori dan colokan USB type-C untuk memindahkan data foto atau untuk mengisi daya.
Secara desain, tidak bisa dibilang menarik, tapi jika berbicara masalah ergonomi, LG 360 Cam ini nyaman digunakan dan karena ukurannya yang kecil, maka tidak akan membebani tas backpak ketika dibawa bepergian.

Penggunaan

Jika pada review produk-produk sebelumnya saya tidak pernah membaca buku manual, hal tersebut berbeda saat melakukan review LG 360 Cam ini. Untuk melakukan pairing antara LG 360 Cam dan ponsel dibutuhkan password wifi, dan petunjuk dari password tersebut hanya ada di buku manualnya. Mungkin LG berfikir bahwa password adalah hal sensitif, makanya mereka tidak menaruh informasi ini di kotak kardusnya.

Selain kebingungan saat pertama kali melakukan pairing, saya tidak lagi mengalami kesulitan dalam menggunakan LG 360 Cam, baik untuk mengambil foto maupun video.

LG 360 Cam tidak dilengkapi dengan layar kontrol, jadi jika kalian membutuhkan layar kontrol agar bisa tahu preview-nya terlebih dulu, dibutuhkan aplikasi LG 360 yang bisa di download di Play Store atau iTunes Store. Sayangnya, saya belum menemukan aplikasi pihak ketiga untuk sistem operasi Windows 10 mobile.

[junkie-alert style=”white”] Artikel terkait: Gebrakan Dual Lensa Kamera Smartphone [/junkie-alert]

Aplikasi LG 360 yang ada di ponsel bukan hanya digunakan sebagai layar kontrol, kita bisa melihat foto atau memindahkan file-file foto dan video langsung melalui aplikasi tersebut. Jadi saran saya, install saja aplikasi ini di ponsel.

Tapi jika kalian ingin menggunakan LG 360 Cam tanpa aplikasi, tetap bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mengambil foto, cukup tekan tombol shutter, dan untuk merekam video, tekon dan tahan tombol shutter selama 2-3 detik.

Kamera

Kamera ini dilengkapi dengan kemampuan sebesar 13 megapixel, kalian bisa mendapatkan hasil foto dengan resolusi 5660 x 2830 pixel dan kualitas video hingga 2K (2560 x 1280)

Langsung pada kesimpulan, menurut saya, LG 360 Cam ini menghasilkan kualitas foto dan video yang bagus ketika berada di area yang memiliki cahaya cukup. Buat kamu yang hobi travelling di tempat-tempat terbuka, tentu LG 360 Cam akan menjadi partner yang cocok. Tapi jangan harap akan mendapatkan hasil bagus jika kalian menggunakannya di malam hari atau di ruangan yang minim cahaya. Bisa dipastikan hasilnya akan mengecewakan.

Berikut hasil jepretan foto dan video menggunakan LG 360 Cam:

foto outdoor

foto outdoor

foto indoor malam

foto indoor malam

indoor-foto-lg-360-cam

Baterai

Saat saya mencoba menggunakan device yang berkapasitas 1.200 mAh ini, untuk aktivitas merekam video non-stop, saya bisa mendapatkan video dengan durasi sekitar satu jam.

Kesimpulan

LG 360 Cam jelas bukan device yang ditujukan untuk pengguna profesional. Saya melihat device ini ditujukan untuk end-user yang ingin berbagi konten secara berbeda. Dengan harga 3.500.000, LG 360 Cam termasuk device paling murah di kelasnya. Tapi jika kalian ingin kualitas lebih, ada Ricoh Theta yang bisa dijadikan pilihan. Tentu dengan banderol harga yang jauh diatas LG 360 Cam.

Spesifikasi LG 360 Cam

Dimensi 1.57″ x 3.82″ x 0.98″ (set only)
Berat 2.65 oz. (set only)
Kamera dual 13 MP
Connectivity Wi-Fi®, Bluetooth®
Kapasitas Baterai 1,200 mAh
Microphones 3
9-Axis Sensors Yes
Tidak bisa digunakan tanpa micro-SD

Ada komentar?