Apa yang Baru dari Mac Mini 2018

apple-mac-mini-2018-1-1-980x620

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang Apple Event dan menjelaskan sedikit spesifikasi  mengenai produk-produknya, kini giliran kita menjelaskan lebih detail spesifikasi salah satu produk dari Apple Event juga yang diberi nama Mac mini.

Setelah 4 tahun tak mengalami pembaruan, akhirnya menjelang akhir tahun di 2018 ini Apple meluncurkan pembaruan dari Mac mini seri sebelumnya.

Salah satu produk dari Apple ini sebenarnya sangatlah populer dan banyak diminati masyarakat, namun terakhir kali Apple melakukan pembaruan dari produk ini adalah di tahun 2014 yang lalu.

Pembaruannya tahun ini tentu memunculkan berbagai hal baru yang lebih keren dan menarik ketimbang Mac mini pendahulunya.

Penasaraan apa saja spesfikasi keren dari Mac mini 2018 ini? nah, langsung saja di bawah ini adalah penjelasannya!

Desain

Sumber Gambar : PCMag.com

Dari segi desain, Mac mini ini sebenarnya memiliki model yang tidak berbeda jauh dengan model yang sebelumnya.

Namun yang menjadikannya berbeda adalah, tampilan warnanya yang baru. Jika seri sebelumnya hadir dengan varian warna Silver, kali ini Mac mini dihadirkn dengan warna Grey.

Memang perbedaan warna ini tidak terlalu signifikan, namun jika kalian perhatikan secara detail pasti akan mengetahui perubahan warna dari Mac mini terbaru ini.

Ukuran dari Mac mini 2018 ini juga sama persis dari sebelumnya, tapi untuk masalah spesfikasinya tentu mengalami peningkatan yang signifikan.

Memiliki lebar layar sebesar 18,7 cm, tinggi 3,6 dan berat sebesar 1,3 kg menjadikan Mac mini semakin menjadi idaman para pecinta produk Apple.

Sama halnya dengan MacBook Air 2018, Mac mini juga dibuat dari bahan alumunium daur ulang, sehingga menjadikan produk ini lebih ramah lingkungan.

Prosesor

Sumber Gambar : iMore

Mac mini ini didukung dengan prosesor Intel 8th-gen Coffe Lake untuk menambah perfoma yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Apple mengklaim produk terbarunya ini sebagai perangkat baru yang memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat ketimbang Mac mini tahun 2014.

Untuk model pemasukannya ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3 quad-core 3,6 GHz, yang bisa kamu upgrade ke versi 6-core i7 untuk mendapatkan kecepatan Turbo Boost hingga 4,6 GHz.

Mac mini terbaru dari Apple ini juga didukung dengan chip keamanan T2 baru dari Apple sendiri. Chip tersebut menawarkan enkripsi data on-the-fly.

Selain itu Mac mini 2018 ini dilengkapi juga dengan pengkodean video HEVC yang kabarnya memiliki kecepatan 30 kali lipat dari sebelumnya.

RAM dan Penyimpanan.

Sumber Gambar : BGR.com

Membahas mengenai RAM-nya, tentu Mac mini 2018 ini didukung dengan kapasitas RAM yang jauh lebih besar dari apapun.

Dibekali dengan RAM 8 GB 2666MHz DDr 4, RAM dari Mac Mini ini juga dapat diperbarui hingga menjdi 64 GB. Kapasitas ini tentu jau lebih besar dari generasi sebelumnya yang hanya dilengkapi dengan RAM 16 GB.

Dan untuk penyimpanan internalnya, Mac mini 2018 ini diluncurkan dengan model penyimpanan flash.

Dengan model penyimpanan terbaru ini, membuat Mac mini 2018 mempunyai driver empat kali lebih cepat ketimbang pendahulunya.

Penyimpanan internal dari Mac mini ini memiliki kapasitas 128GB SSD, selain itu kamu juga bisa meningkatkan penyimpanan internal  hingga 2T.

Ports

Sumber Gambar : Digital Trends

Untuk portsnya sendiri, Mac mini 2018  dilengkapi dengan empat port Thunderbolt dan dua port USB-A, yang didukung oleh HDMI 2.0 dan jack audio.

Selain itu juga dilengkapi dengan port Ethernet sebesar 10Gb jika kamu membutuhkannya.

Ada komentar?