Review Nubia M2 Lite: Smartphone Murah Rasa Flagship

Jika kalian masih awam dengan merek Nubia, tak perlu berkecil hati. Meski bukan perusahaan kemarin sore, Nubia memang kurang gencar melakukan penetrasi di pasar tanah air. Namun di tahun ini, sepertinya Nubia ingin melakukan comeback dengan merilis beberapa smartphone mereka secara resmi di Indonesia. Salah satu smartphone yang akan saya ulas adalah Nubia M2 Lite.

Jadi inilah review Nubia M2 Lite setelah satu minggu pemakaian.

Unboxing

Tidak ada yang spesial dari paket penjualan Nubia M2 Lite. Selain unit ponselnya, Nubia memberikan kabel data, kepala charger, buku panduan dan SIM ejector. Tidak ada bonus tambahan.

Paket pembelian

Desain

Saya cukup terkesan dengan desain dan material yang digunakan, apalagi jika melihat harga yang ditawarkan untuk smartphone ini yang cukup terjangkau.

Meski desain terlihat mainstream, tapi saat ini, itulah yang banyak diinginkan oleh pengguna. M2 Lite terlihat trendy dan eye catchy. Kebetulan saya mendapatkan unit dengan warna gold (Nubia menyebutnya Champagne Gold) yang memiliki sentuhan warna mirip dengan iPhone dan Huawei P10.

Material dari M2 Lite terbuat dari plastik, meski begitu, saya merasakan plastik tersebut solid dan kokoh. Tidak murahan.

Secara keseluruhan, desain dari Nubia M2 Lite cukup cantik untuk ditenteng dan tidak bikin malu ketika dipamerin ke teman atau kerabat.

Tak hanya desain, body dari M2 Lite ini nyaman untuk digenggam, dan tidak merepotkan ketika harus dimasukkan ke kantong celana. Meskipun, untuk mengoperasikannya, saya harus membutuhkan kedua tangan agar mendapatkan posisi yang nyaman.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Layar

Nubia M2 Lite hadir dengan layar 5.5 inchi dengan resolusi 720 x 1980 atau HD (belum full HD). Tentu bagi pengguna yang terbiasa melihat layar full HD pada smartphone, tentu akan sedikit terganggu saat melihat video atau film menggunakan M2 Lite, seperti saya.

Namun ini bukan masalah besar jika kalian adalah pengguna ponsel kelas mid-low atau entry level. Kecerahan dan warna yang dihasilkan dari layar M2 Lite cukup bersahabat dan nyaman dipandang mata.

Tidak ada masalah yang berarti pada layar ketika saya menggunakan ponsel ini selama sekitar satu minggu. Yang jadi masalah bagi saya, hanyalah ukuran dimensinya yang terlalu besar. Yap! karena saya memang tidak begitu suka dengan ponsel besar.

Kamera

Inilah faktor yang mungkin membuat kalian tertarik. Dengan harga terjangkau, M2 Lite menawarkan kemampuan fotografi yang bisa diharapkan. Berbekal kemampuan 13 megapixel (f/2.2) pada kamera utama, hasil foto kamera ponsel ini cukup baik untuk keperluan media sosial ataupun sebagai foto blog/web.

Untuk kamera depan, M2 Lite justru memiliki kemampuan yang lebih besar, yaitu 16 megapixel (f/2.0), seolah mengisyaratkan bahwa ponsel ini ditujukan untuk pengguna selfie yang menginginkan smartphone selfie terbaik namun juga ramah kantong. Selain untuk mengabadikan obyek diam, kamera dari M2 Lite bisa merekam video 1080@30 fps dengan baik.

Yang paling menyenangkan dari kamera pada ponsel buatan Nubia adalah, diberikannya banyak mode yang bisa langsung kita gunakan. Pada M2 Lite, saya menemukan 13 mode foto yang akan membuat terlihat bagus, yaitu, mulit eksposur, lukisan cahaya, aperture elektronik, rana lambat, lagu bintang, pembuat video, lintasan, DNG, kloning kamera, fotografi selang waktu, gerakan lambat, panorama dan kamera makro.

Kalian bisa lihat sendiri hasil-hasil foto dari jepretan Nubia M2 Lite di bawah ini (semua menggunakan mode auto)

Foto Indoor
Foto lowlight

Foto Indoor
Foto outdoor

Fitur

Meski diperuntukkan untuk kelas mid-low, Nubia M2 Lite hadir dengan banyak fitur menarik dan canggih, bahkan beberapa fitur diantaranya bisa ditemukan pada ponsel-ponsel flagship.

Dual-SIM (hybrid)

Tak lengkap jika sebuah smartphone yang ingin bermain di pasar Indonesia tidak menghadirkan fitur ini. Meskipun masih menggunakan teknologi hybrid, namun dengan spesifikasi memori internal 32 GB, kita tidak akan kesulitan untuk menentukan apa yang hendak dipasang pada slot SIM kedua 2.

Fingerprint

Tidak banyak smartphone seharga 2.5 juta yang memberikan fitur ini. Saat saya coba, sensor berjalan dengan baik, meskipun ketika ponsel berada pada posisi horisontal, sensor sidik jari kadang mengalami hambatan. Tapi hal tersebut tidak terlalu mengganggu.

Nubia UI 4.0

Nubia 4.0 cukup menarik dan sederhana. Pengoperasian yang familiar memudahkan saya menggunakan ponsel ini meski baru pertama kali mencoba.

Hal paling menarik adalah, adanya fitur Gerakan tepi dan Gesture yang akan membuat kita lebih mudah dan cepat dalam menggunakan M2 Lite.

Hal yang tidak saya suka ada pada bagian Notification Center. Saat notifikasi muncul, saya tidak bisa melakukan tap untuk langsung membuka pesan atau aplikasi (saat kondisi ponsel terkunci). Jadi seperti hanya sekedar informasi saja.

Fast Charging

Selain selfie, fitur ini juga menjadi primadona bagi para pembuat ponsel saat ini. Fast charging pada M2 Lite mampu memberikan tambahan daya yang cukup banyak meski baru di charge selama beberapa menit saja. Syaratnya, kita harus melakukan charge dengan kabel dan colokan milik Nubia, bukan yang lain.

Baterai

M2 Lite dibekali dengan baterai sebesar 3000 mAh yang tidak bisa dilepas secara mandiri (unibody). Saat mencoba untuk pemakaian normal seperti telpon, SMS, email, sosial media, YouTube, beberapa kali pertarungan Mobile Legends dan aktivitas mainstream lain, baterai ponsel ini mampu bertahan kurang lebih selama 9 jam.

Jadi saya bisa mereko mendasikan ponsel ini juga cocok digunakan buat kalian yang mobile dan senang bepergian. Kemampuan fast charging dari ponsel ini juga cukup membantu saat sedang berada di luar ruangan.

Performa

Meski tidak menggunakan prsosesor dari Snapdragon, namun chipset Mediatek MT6750 (Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53) mampu menghadirkan performa yang tidak mengecewakan. RAM 4 GB dan GPU Mali-T860MP2 juga memiliki andil dalam mulusnya performa dari Nubia M2 Lite ini.

Saya mencoba memainkan game Mobile Legends dengan menggunakan M2 Lite, tidak ada kendala yang berarti, meski saya sempet merasakan beberapa lag saat bermain, namun hal itu jarang terjadi.

Untuk penggunaan harian, Nubia M2 Lite sudah sangat mencukupi. Lancar untuk menjalankan aplikasi, kamera baik serta UI yang cukup familiar rasanya tidak akan membuat kalian kesulitan meskipun baru pertama kali menggunakannya.

Spesifikasi Teknis

SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches, 83.4 cm
Resolusi 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)
Multitouch Ya
PLATFORM OS Android 6.0 (Marshmallow)
UI Nubia UI 4.0
Chipset Mediatek MT6750
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
MEMORY Slot Kartu microSD, up to 128 GB (menggunakan slot SIM 2)
Internal RAM 4 GB, ROM 32 GB
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Depan 16 MP, f/2.0
Suara Tipe alarm Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Ya
3.5mm jack Ya
– Active noise cancellation with dedicated mic
– DTS Sound
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio No
USB Type-C 1.0 reversible connector
FITUR Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No
– Fast battery charging
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/Flac player
– Photo/video editor
– Document viewer
BATERAI Non-removable Li-Po 3000 mAh battery
LAINNYA Warna Black Gold, Champagne Gold

Kesimpulan

Dengan harga sekitar 2 jutaan, Nubia M2 Lite tak pelak lagi menjadi primadona bagi kalian yang menginginkan smartphone murah, spesifikasi mumpuni namun harga terjangkau.

Merek Nubia memang tidak semegah Samsung, namun jika kalian tidak peduli dengan merek dan hanya tertarik dengan performa harian, maka Nubia M2 Lite bisa kalian jadikan pilihan.

[wp-review id=”45569″]

[junkie-button url=”http://store.urbandigital.id/zte-nubia-m2-lite-32gb-4637908″ style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Beli Nubia M2 Lite Di sini [/junkie-button]

%d blogger menyukai ini: