Review OPPO F5: Desain Menawan dan Masih Mengandalkan Kamera Selfie

OPPO F5 hero img

Smartphone OPPO F5 baru saja diluncurkan, dan kali ini, dapur review kami sudah bisa mencicipinya di hari pertama. Jadi inilah unboxing dan review OPPO F5 yang saya gunakan selama tiga hari sebagai ponsel harian (tentu kami akan melakukan update artikel ini untuk penggunaan yang kami rasa cukup untuk menilai sebuah smartphone. Biasanya 2 minggu).

Unboxing

Paket penjualan OPPO F5 cukup menarik, selain memberikan tambahan earphone, OPPO memberikan bonus hard case untuk melindungi smartphone tersebut. Dengan harga nyaris mencapai 4 juta rupiah, pemberian kedua benda tersebut cukup menyenangkan.

review oppo f5

Paket penjualan

Desain

Review OPPO F5 saya mulai dari segi desain.

Saat pertama kali melihat smartphone ini, saya cukup senang dengan bahasa desain yang disajikan kali ini. Membawa tren desain bazeless, OPPO F5 terlihat modern dan eye catchy. Meski begitu, OPPO masih memberikan sensor sidik jari yang terletak pada bodi bagian belakang, tepat di atas logo OPPO.

Material yang digunakan adalah plastik, namun tidak terlihat murahan. Bahkan secara sekilas, saya sempat mengira OPPO F5 terbuat dari alumunium. Dan jangan lupa, OPPO F5 masih menyertakan jack audio.

OPPO F5 memiliki dimensi 156.5 x 76 x 7.5 mm dan berat 152 gram, standar dimensi smartphone saat ini. Meski saya penyuka smartphone berukuran kecil, namun mengenggam OPPO F5 tetap terasa nyaman. Meskipun, dalam pengoperasiannya tetap harus menggunakan kedua tangan agar terasa nyaman.

Kekurangannya, ketika saya menggunakannya untuk bermain Mobile Legends beberapa waktu (kurang lebih 3 pertandingan), jari kelingking sebelah kanan saya terasa sedikit sakit karena menahan bodi bagian bawah. Itu tidak begitu masalah jika menggunakan OPPO F5 hanya sekedar untuk menonton video atau bermain game yang tidak membutuhkan banyak kontrol, seperti Asphalt.

Secara keseluruhan, desain dari OPPO F5 cukup bagus untuk ditaruh di meja ketika nongkrong bersama teman-teman kalian.

Layar

Layar yang lebih lega tentunya membuat saya merasa lebih nyaman ketika menggunakannya untuk menonton film, video, bermain game atau hanya sekedar browsing berita tentang Setya Novanto. Warna dan kecerahan yang disajikan cukup detil dan tidak terlihat.

Untuk bermain game-pun, saya belum menemukan masalah yang mengganggu, seperti lag atau touch yang tidak responsif. Semua lancar jaya.

Kekurangannya sih (sebenarnya bukan dari segi smartphone-nya), kalau kalian lihat video YouTube dengan koneksi seadanya, maka gambarnya akan terlihat menyebalkan (ga halus, kotak-kotak dan sejenisnya).

Kekurangan lainnya, jika kalian gunakan layar OPPO F5 di luar ruangan, maka layar tidak akan terlihat jelas dan sedikit kabur. Meskipun tulisan teks masih terlihat, namun jika digunakan bermain game, itu akan sangat mengganggu.

Saat melakukan kesemua aktivitas tersebut, hal yang menyenangkan adalah, tidak adanya ‘gangguan’ mata yang disebabkan karena notch di layarYup, layar dari OPPO F5 terlihat clean tanpa ada ‘poni’ seperti milik iPhone X.

Secara spesifikasi, layar OPPO F5 (LCD) memiliki ukuran 6 inchi dengan rasio 18:9 dan membawa resolusi 1080 x 2160 Full HD+ dengan 402 ppi.

Kamera

Sektor kamera kembali menjadi marketing gimmick dari OPPO, kali ini mereka menawarkan teknologi AI untuk menghasilkan foto selfie terbaik.

Mengikuti tren saat ini, OPPO F5 juga memberikan fitur kamera selfie dengan mode portrait. Saat saya coba, hasil selfie mode tersebut masih jauh dari sempurna. Area yang di blur masih tidak merata. Untuk hasil selfie biasa, hasilnya terlihat baik untuk keperluan Instagram.

Untuk kamera utama, OPPO F5 dibekali dengan kamera berkekuatan 16MP dengan f/1.8. Hasil yang didapat juga tidak mengecewakan, meski warna yang terlihat sedikit lebih pucat dibandingkan warna aslinya. Hasil terbaik akan didapatkan ketika berada di luar ruangan dengan cahaya yang memadai.

Hasil foto selfie mode portrait

Hasil selfie

Hasil outdoor

Hasil foto indor

Hasil indoor cahaya bagus

Untuk hasil foto resolusi penuh, kalian bisa klik gambar thumbnail di bawah ini.


 

Fitur

Untuk menarik perhatian pengguna smartphone tanah air, OPPO F5 dibekali beberapa fitur menarik. Berikut beberapa diantaranya.

Dual-SIM

Keberadaan dual-SIM adalah daya tarik, dan seperti menjadi fitur wajib setiap smartphone keluaran OPPO. Yang menarik dari dual-SIM yang ditawarkan OPPO F5 adalah, mereka tidak menggunakan sistem hybrid, yang berarti kalian bisa menggunakan dua kartu dan micro-SD (hingga 256 GB) sekaligus. Tak perlu bingung memilih.

Facial Unlock

Ini adalah fitur yang cukup mengejutkan bagi saya saat melakukan review OPPO F5. Dengan harga kurang dari 4 juta, OPPO F5 memberikan teknologi pengenalan wajah yang mirip dengan iPhone X. Saya pikir, fitur ini hanyalah gimmick belaka, ternyata saya salah.

Fitur Facial Unlock mampu berfungsi dengan baik, mampu mengenali wajah dengan cepat saat digunakan untuk membuka ponsel. Saya mencoba berbagai kondisi, seperti dengan atau tanpa kacamata, OPPO F5 mampu mengenalinya dengan baik. Saya belum mencoba pada kondisi low-light atau menggunakan foto untuk mengakali fitur ini.

Kekurangannya? ada dan sangat berbahaya. Fitur ini tetap bisa membaca wajah kita meskipun saat sedang tidur. Bayangkan jika kalian sedang tidur dan ada yang usil membuka ponsel, itu bisa sangat mudah dilakukan. Jadi pastikan jika kalian ingin tidur, sembunyikan OPPO F5 sebaik mungkin.

Jadi bagi saya, fitur ini guna-ga-guna a.k.a nice to have.

Sensor Sidik Jari

Tidak seperti iPhone X yang menghilangkan sensor sidik jari demi mendapatkan layar bazeles dan wireless charging, OPPO F5 tetap memberikan sensor sidik jari ini untuk keamanan yang lebih baik (karena fitur Facial Unlock-nya masih rentan). Performa sensor sidik jari dari ponsel ini cukup baik dan responsif, tidak ada lag atau kegagalan saat menggunakannya.

Color OS

Smartphone ini sudah membawa versi Android Nougat 7.11 dengan kustomisasi ala OPPO. Seperti pada ponsel-ponsel OPPO lain, Color OS sangat menyerupai iOS. Bagi pengguna iPhone, tentu berpindah ke OPPO bukanlah masalah besar, begitu juga sebaliknya.

Color OS membawa beberapa fitur kustom yang bisa membuat penggunanya lebih nyaman. Yang saya suka adalah adanya fitur bawaan Aplikasi Ganda yang bisa membuat aplikasi seperti WhatsApp, BBM, Facebook menjadi dua dalam satu ponsel, dan fitur Akselarasi Game yang bisa menutup semua notifikasi sehinggai saat bermain game, kita tidak terganggu dengan pesan masuk atau telepon.

Fitur Color OS lainnya yang menarik adalah gestur. KIta tak perlu menggunakan tiga tombol khas Android untuk navigasi, cukup menggunakan gestur usapan jari pada layar untuk mengontrolnya. Secara pribadi, say alebih suka menggunakan fitur gestur ini dibandingkan tombol capasitive.

BACA JUGA
Review Vivo V7+: Handphone Dengan Kamera Selfie 24 MP!

Baterai

OPPO F5 memiliki daya baterai sebesar 3200 mAh. Saat saya coba menggunakan ponsel ini secara normal (media sosial, YouTube, beberapa kali bermain game, telepon, email) ketahanan baterainya layak dipujikan. OPPO F5 mampu bertahan lebih dari 9 jam hingga butuh diisi lagi tenaga. Itupun tidak dalam kondisi ponsel mati.

Sayangnya, dengan kemampuan baterai yang besar, OPPO F5 tidak memiliki fitur fast charging untuk pengisian yang lebih cepat.

Performa

OPPO F5 menggunakan prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53. Anehnya, spesifikasi ini tidak tercantum di web resmi mereka. Padahal pada smartphone-smartphone mereka yang lain, nama dan tipe prosesornya disebutkan (sama-sama dari MediaTek). OPPO F5 juga membawa RAM sebesar 4GB untuk membantu kinerja dari prosesor MediaTek tersebut.

Hasilnya, cukup memuaskan. Tidak ada lag ataupun gangguan fatal saat saya mencoba bermain game Mobile Legends atau game-game lain seperti Minion Rush. Untuk menjalankan aplikasi, belum ada kendala berarti yang saya temukan.

Spesifikasi Teknis

Dimensi Tinggi 156.5mm
  Lebar 76mm
  Ketebalan 7.5mm
  Berat 152g
Warna    F5 4GB: Gold and Black
     F5 6GB: Red and Black
Sistem Operasi    ColorOS 3.2, based on Android 7.1
GPU    ARM Mali G71 MP2 770MHz
RAM    4GB
     6GB
Penyimpanan    4GB: 32GB (Expandable up to 256GB)
     6GB: 64GB (Expandable up to 256GB)
Baterai    3200mAh
Prosesor    Octa-core MT6763T
Layar Ukuran 6.0 inchi
  Tipe LTPS TFT
  Resolusi FHD+ (2160 by 1080 pixels)
  Warna 16 Juta
  Touchscreen Multi-touch, Capacitive Screen
Kamera Rear Sensor 16-megapixel
  Flash LED Flash
  Aperture Rear: f/1.8
    Front: f/2.0
Konektivitas Frekuensi FDD B1/3/5/7/8
    TDD B38/39/40/41(2535-2655MHz)
    WCDMA B1/5/8
    GSM 850/900/1800/1900
SIM Card Type    Dual Nano SIM Cards & Micro SD Card(Total 3 slots)
GPS    Ya
Bluetooth    4.2
Wi-Fi    2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n
OTG    Ya
Sensor    Distance sensor
     Light sensor
     G-sensor
     E-compass

Kesimpulan

Setelah mencoba selama 3 hari, saya merasakan OPPO F5 merupakan smartphone dengan performa baik dan memberikan gimmick menarik, seperti Facial Unlock. Meskipun mudah untuk ‘dikelabui’, keberadaan fitur ini bisa digunakan untuk pamer kepada pemilik iPhone X, walau sepertinya percuma juga untuk dilakukan.

Seperti banyak smartphone OPPO sebelumnya, OPPO F5 kembali menyuguhkan kemampuan selfie ajaib, meskipun keberadaan mode portrait-nya masih jauh dari sempurna. Namun jika kalian tidak suka bermain dengan mode portrait, hasil kamera selfie dari ponsel ini cukup memuaskan.

Kekurangannya? ketiadaan NFC cukup merepotkan jika kalian adalah pengguna aktif e-money. Selain itu fitur fast charging yang sangat berguna untuk kaum mobile tidak bisa ditemukan pada ponsel ini.

Apakah OPPO F5 lebih baik dari iPhone X, tentu saja tidak. Namun dengan harga kurang dari 4 juta, OPPO F5 bisa dijadikan referensi buat kalian yang mencari smartphone harian yang memiliki fitur selfie bagus dan terjangkau di tahun 2017.

Urbanskor
  • Fitur
  • Desain
  • Penggunaan
  • Performa/Harga
4.2

Kesimpulan

OPPO F5 merupakan smartphone dengan desain yang cantik, hasil kamera tajam khas OPPO dan harga yang masuk akal. Jika kalian mencari kamera yang asik buat selfie dengan fitur Facial Unlock seperti yang ada pada iPhone X namun memiliki harga terjangkau, maka OPPO F5 bisa menjadi pilihan

Sending
User Review
4 (2 votes)

Beli OPPO F5 Online

Ada komentar?