Review TVShow Time – TV Show Tracker

serial TV

Hampir semua orang hobi nonton TV. Kalau sampai ada serial TV terlewat, tentu rasanya menyebalkan. Untungnya, ada aplikasi TVShow Time – TV Show Tracker (tersedia untuk Android, iOS, dan web). Dengan aplikasi ini mengikuti perkembangan serial TV favorit jadi lebih mudah.

FITUR TVSHOW TIME

Pada dasarnya, aplikasi TVShow Time (saya singkat begitu saja) memiliki fitur yang sama dengan aplikasi TV show tracker lain.

  • Membuat kalender serial TV dengan memilih serial favorit (menyesuaikan dengan waktu lokal).
  • Menandai musim tayang dan episode yang sudah ditonton.
  • Mengatur dan menerima notifikasi kalau serial TV ditayangkan
  • Memberi komentar dan terhubung dengan penonton lain.
  • Mengatur profil dan melihat statistik

Baca juga: Letterboxd: Website untuk Moviegoers


tampilan tvshow time
Tampilan aplikasi TVShow Time – TV Show Tracker

Jadi, yang kita lakukan hanyalah memilih serial TV favorit kita atau serial TV populer yang ingin kita tonton. Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan kalender tontonan secara otomatis sesuai jadwal tayang serial TV tersebut. Ya tentu saja, jadwalnya adalah jadwal asli stasiun TV asalnya, tapi bisa diatur sesuai waktu lokal.

Paling tidak, fungsi dasar aplikasi ini adalah melacak perkembangan serial TV. Jadi tidak melulu masalah jadwal. Kamu bisa menandai sampai episode berapa di season berapa terakhir kali kamu menonton serial tersebut. Kalau suatu hari mau diteruskan, tinggal cek dan tonton lanjutannya. Mudah.

TAMPILAN APLIKASI TVSHOW TIME

Sekilas, tidak ada yang istimewa dari tampilan aplikasi TVShow Time. Tapi hal ini bukan berarti sesuatu yang jelek. Nyatanya, tampilannya enak dilihat dan digunakan.

Tampilan utama yang terbagi jadi empat halaman hadir sesuai fungsinya. Calendar untuk melihat serial yang akan tayang, To Watch sebagai pengingat serial yang belum ditonton, Feed untuk melihat komentar penonton lain, dan Profil.

tv show dan profil
Tampilan episode acara TV dan Profil

Masing-masing halaman memiliki bagian yang saling terkait, jadi mudah kalau ingin melihat sesuatu. Misalnya dari Kalender, lalu melihat episode yang bersangkutan, kemudian melihat informasi serial itu secara umum, atau membaca komentar.

Adanya tampilan voting karakter atau skala emosi juga memberi hiburan tersendiri. Lumayan buat seru-seruan.


Baca juga: Mencoba Netflix Indonesia di Windows 10


PERFORMA

Sejauh yang saya gunakan, aplikasi ini berfungsi seperti yang dijanjikan. Sampai saat ini, belum ada masalah apa pun yang saya alami.

tracking tv show
Menandai season dan episode serial TV

Kalau melihat bursa, ada beberapa keluhan tentang aplikasi ini. Yang saya perhatikan berhubungan dengan notifikasi. Sekali lagi, saya belum mengalami kendala ini.

Secara keseluruhan, aplikasi TVShow Time bisa memenuhi kebutuhan mengikuti perkembangan serial TV. Aplikasi ini mudah digunakan, dan cukup menyenangkan.


Aplikasi TVShow Time – TV Show Tracker bisa diunduh gratis dari Play Store dan App Store. Kalau kamu mau mendapatkan fitur lebih banyak (dan tanpa iklan), kamu bisa berlangganan layanan ini.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

LIHAT WEBSITE

*Saya mencoba aplikasi ini dengan handphone Moto E3 Power Android Marshmallow

%d blogger menyukai ini: