Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Canva Rilis Platform Komunikasi Visual “Canva Visual Worksuite”

Indri Penulis

Canva resmi meluncurkan “Canva Visual Worksuite.” Ini adalah sebuah platform komunikasi visual menyeluruh yang bisa digunakan semua orang.

Saat mendengar kata Canva, kebanyakan orang pasti akan langsung berpikir soal platform desain yang bisa dipakai mulai dari pemula sampai desainer profesional.

popculture.id

Ya, memang seperti itulah Canva. Tapi itu dulu. Sekarang Canva telah berevolusi menjadi platform yang lebih serbaguna. Apalagi baru-baru ini Canva resmi meluncurkan “Canva Visual Worksuite.”

Boleh dibilang, Visual Worksuite sebenarnya lebih mirip seperti Microsoft Office. Karena platform ini terdiri dari berbagai produk aplikasi. Mulai dari yang bisa dipakai untuk membuat dokumen, presentasi, sosial media, dll.

Kali ini saya akan mengajakmu berkenalan dengan Canva Visual Worksuite dan apa saja produk aplikasi yang ada di dalamnya. Yuk langsung saja!

Canva Document

Sesuai namanya, Canva Document adalah produk yang bisa dipakai pengguna buat bikin berbagai macam dokumen. Mulai dari dokumen proposal, rencana proyek, daftar tugas, dokumen strategi, atau bahkan rencana perjalanan.

Canva Document berbeda dengan aplikasi pembuat dokumen lain seperti Microsoft Office. Canva Document tidak meninggalkan ciri khas Canva sebagai ‘platform desain visual.’ Jadi Canva Document akan membantu pengguna membuat dokumen yang menarik secara visual, dengan menggabungkan seluruh fitur desain Canva.

Menariknya, Canva Document juga mendukung kolaborasi antar pengguna lho. Jadi pengguna bisa bikin dokumen bareng, diskusi langsung via komentar, melacak progress pengeditan, sampai mengubah dokumen menjadi presentasi siap pakai.

Canva Whiteboards

Canva Whiteboards adalah layanan ‘papan tulis bersama’ yang ditujukan buat kolaborasi tim. Di sini setiap anggota tim bisa menuangkan semua ide mereka. Ide yang disampaikan nggak cuma berbentuk catatan tempel, tapi bisa lewat foto atau video.

Kalau dipikir-pikir, Canva Whiteboards ini asyik banget lho. Karena Canva Whiteboards juga mendukung catatan dalam bentuk video, jadi kita bisa ‘ngomong langsung’ untuk mencurahkan ide. Saya rasa, proses diskusi bakal lebih asyik dan cepat selesai kalau cara kerjanya seperti ini.

Canva Presentations

Canva Presentations bisa kamu pakai untuk membuat presentasi kelas profesional dengan mudah. Canva Presentations dibekali fitur-fitur yang membuat gerakan presentasi menjadi lebih smooth dan sinematik.

Layanan ini juga menyajikan tampilan data angka yang lebih modern. Lewat Data Visualization 2.0, pengguna bisa mentransfer data (termasuk spreadsheets) menjadi animasi yang lebih interaktif.

Canva for Teams

Canva for Teams merupakan fitur manajemen tim. Pengguna bisa menggunakan Canva for Teams untuk melacak kinerja tim saat berkolaborasi. Selain itu di sini pengguna juga bisa melacak keberhasilan desain Canva untuk klien lewat Design Insight (contohnya untuk memantau jumlah penayangan, siapa yang terlibat dengan konten, dll).

Canva Video

Canva Video adalah layanan pengeditan video kelas profesional yang user friendly. Layanan ini menawarkan berbagai fitur pengeditan video yang gampang dipakai. Contohnya seperti fitur Background Removal yang bisa menghilangkan background video dalam sekali klik. Pengguna juga bisa bikin animasi unik untuk mempercantik video.

Canva Print Catalog

Canva Print Catalog adalah layanan yang bisa digunakan untuk mencetak hasil desain secara nyata. Cuma bedanya, di sini pengguna bisa membuat hingga 35 desain cetak yang berbeda. Kemudian kumpulan desain yang berbeda itu bisa dicetak dalam sekali klik (jadi pengguna nggak perlu mengatur satu-per-satu desain mana yang mau dicetak).

Canva Websites

Canva Websites bisa dibilang sebagai platform CMS (seperti WordPress.com, Weebly, Wix, dll). Karena di sini pengguna bisa bikin website secara gratisan, mendesain website responsif menggunakan ratusan template yang tersedia, dan sudah mendapat nama domain nantinya.

Walaupun sifatnya gratisan, tapi Canva Website sudah menawarkan perlindungan kata sandi. Canva juga turut menghadirkan Design Insight. Ini adalah layanan analitik yang bisa dipakai pengguna untuk memantau siapa yang telah melihat dan terlibat dengan website, postingan media sosial, dokumen, atau desain kolaborasi.

    %d blogger menyukai ini: