Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

WOW! ASUS ROG Phone 3 Punya Refresh Rate 160Hz Tersembunyi!

ROG Phone 3
foto: eGG Network
Anom Penulis

Dengan mendukung refresh rate 144Hz, ROG Phone 3 sudah menjadi salah satu ponsel gaming paling dahsyat saat ini. Namun ternyata ponsel ini masih menyimpan kejutan. Ternyata ada dukungan refresh rate 160Hz yang tersembunyi di ROG Phone 3.

Di dalam setelan tampilan layar ROG Phone 3, terdapat pilihan refresh rate. Kita bisa memilih setelan otomatis, yang artinya membiarkan sistem menyesuaikan tampilan sesuai kebutuhan, atau menentukan sendiri dari pilihan 60Hz, 90Hz, 120, dan 144Hz.

popculture.id

Mode 160Hz Tersembunyi

Misaal Rahman dari XDA Developers menemukan kalau ada pilihan refresh rate ke-6 di dalam smartphone ini. Pilihan ke-6 itu adalah 160Hz. Namun, pilihan itu tidak ada di depan mata.

Misaal menyebutkan kalau ia bisa menampilkan mode 160Hz di setelan layar ROG Phone 3 dengan menggunakan Android Debug Bridge (ADB) di komputer dan menggunakan perintah di bawah ini:

adb shell setprop debug.vendor.asus.fps.eng 1

Setelah ponsel di-restart, pilihan mode 160Hz akan muncul di halaman setelan (Setelan > Tampilan > Laju Penyegaran) atau dari tombol Refresh Rate di Quick Setting.

Menguji Refresh Rate 160Hz

Misaal Rahman juga menyebutkan beberapa cara untuk membuktikan apakah refresh rate 160Hz itu benar berjalan atau tidak.

  1. Melalui testufo.com,
  2. Menggunakan aplikasi Fluid Simulation dan aktifkan mode 160Hz,
  3. Coba salah satu game yang mendukung frame rate tinggi (Misaal menyebutkan Pac-Man mendukungnya).
Uji di testUFO (foto: Mishaal Rahman | XDA Developers)

Yang menarik, Misaal menyebutkan kalau sejauh ini ia tidak menemukan masalah ketika memakainya selama beberapa hari.Paling tidak dalam hal stabilitas. ROG Phone 3 punya kemampuan untuk itu (chipset Snapdragon 865+ dan baterai 6000mAh)

Namun, ia menyebutkan kalau mode 160Hz memang belum dioptimalkan. Salah satunya dalam hal kalibrasi layar. Walau begitu, kita bisa mengatur warna sendiri melalui Setelan. Ia juga berharap ASUS bisa membuka mode 160Hz di ROG Phone 3 ini secara resmi melalui pembaruan sistem.

Jadi, sudah cukup jelas kalau ROG Phone 3 memang smartphone gaming yang dahsyat. Bahkan mungkin unggul di kelasnya.

    %d blogger menyukai ini: