Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Nikon Digosipkan Stop Produksi Kamera SLR Setelah Berjaya 60 Tahun

Indri Penulis

Baru-baru ini muncul gosip yang mengatakan bahwa Nikon stop produksi SLR. Sebelumnya, kamera jenis ini pernah jadi andalan fotografer profesional lho.

Setiap produk elektronik pasti ada masa kejayaannya masing-masing. Selama beberapa puluh tahun, mungkin kamera SLR adalah yang paling populer di kalangan fotografer profesional.

popculture.id

Tapi setelah hadirnya kamera mirrorless, perlahan pengguna kamera SLR hijrah ke model kamera mirrorless. Alasannya sederhana, mayoritas pengguna lebih suka kamera yang kecil dan ringan.

Menurut situs Nikkei, Nikon tetap akan memproduksi dan mendistribusikan model SLR yang ada. Hanya saja, Nikon bakal stop bikin model SLR baru. Semua inovasi baru mereka akan dicurahkan secara penuh dalam pengembangan kamera mirrorless.

Hmmm.. Jadi kalau misalnya SLR benar-benar hilang, kira-kira Nikon bakal gimana ya? Mereka terus nggak punya produk ikonik gitu? Terus gimana tanggapan Nikon?

Dalam pernyataan pers terbarunya, Nikon nggak mengonfirmasi atau membantah gosip tersebut. Tapi secara nggak langsung Nikon coba mengatakan kalau mereka masih tetap melanjutkan produksi, penjualan dan juga layanan SLR digital yang ada saat ini.

Ada artikel media tentang penarikan Nikon dari pengembangan SLR. Artikel media ini hanya spekulasi dan Nikon tidak membuat pengumuman terkait hal ini. Nikon melanjutkan produksi, penjualan, dan layanan SLR digital. Nikon menghargai dukungan berkelanjutan Anda,” kata Nikon.

Sementara itu, rumor ini rasanya mungkin cukup masuk akal. Apalagi makin kesini, perlahan Nikon sudah mulai menghentikan produksi beberapa model kamera SLR-nya.

Contoh pada bulan Mei 2022, Nikon mengonfirmasi bahwa mereka resmi menghentikan proses produksi DSLR murah, D3500 dan D5600. Nikon mengatakan kalau mereka ingin lebih fokus mengembangkan kamera dan lensa menengah ke atas yang ditargetkan buat fotografer profesional dan pecinta fotografi, sambil memperkuat produk-produk yang lebih baru.

Di sisi lain, kehadiran kamera mirrorless bukanlah satu-satunya hal yang bikin SLR jatuh. Mau diakui atau tidak, kamera SLR sekarang kalah saing sama berbagai teknologi canggih di smartphone, yang berhasil memporak-porandakan pasar kamera selama beberapa dekade.

Canon, pemimpin pasar kamera SLR, juga telah mengambil inisiatif lebih dulu. Tahun lalu, Canon menyatakan bahwa EOS-1D X Mark III bakal menjadi kamera DSLR andalan terakhirnya. Waktu itu, CEO Canon mengatakan kalau:

“Kebutuhan pasar kini bergerak cepat menuju kamera mirrorless. Maka dari itu, kami semakin bergerak menuju ke arah itu.”

Hm.. Rasanya agak sedih ya melihat produk-produk elektronik yang dulu pernah jaya, sekarang perlahan mulai mundur dan mengalah buat produk-produk yang lebih muda. Untuk sementara ini baru itu sih informasi yang kami dapatkan. Mungkin kalau Nikon benar-benar jadi stop produksi dan dukungan buat kamera SLR, mereka bakal mengumumkannya langsung di siaran pers.

    %d blogger menyukai ini: