Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rumor: YouTube Siap Hadirkan Layanan Langganan Streaming Akhir Tahun Ini

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika YouTube siap menghadirkan layanan langganan streaming akhir tahun ini. Simak informasi lengkapnya di sini.

Kabar terbaru mengatakan bahwa YouTube telah merancang strategi streaming baru dengan nama kode ‘channel store.’ Menurut The Wall Street Journal, ‘channel store’ adalah cikal bakal toko online buat layanan streaming. Untuk mengerjakan proyek ini, YouTube rela meluangkan waktu setidaknya selama 18 bulan.

popculture.id

Nggak cuma itu, YouTube kabarnya juga telah menghubungi perusahaan hiburan untuk mengukur minat partisipasi. Gosipnya kalau semua berjalan tanpa hambatan, maka ‘channel store’ bakal diluncurkan musim gugur ini.

Ngomongin soal layanan berbayar di YouTube nih. Saat ini seperti yang kita tahu, YouTube sudah punya layanan berbayar bernama YouTube Premium dan YouTube TV. Khusus buat YouTube TV, layanan ini menawarkan pengguna akses ke channel TV langsung dan kemampuan merekam acara. Di layanan ini pengguna juga bisa menambah layanan streaming lain seperti HBO Max, dll.

Nah pertanyaannya, terus nanti apa perbedaan layanan langganan streaming baru dengan YouTube TV yang sudah ada saat ini? Bedanya di layanan baru, pengguna bisa membeli dan menonton layanan langsung lewat aplikasi YouTube.

Tentunya dalam layanan baru ini, segala aktivitas yang terjadi di dalamnya akan melibatkan pembagian pendapatan di antara perusahaan (terutama YouTube dan perusahaan hiburan yang mereka gandeng). Kalau dipikir-pikir, ini bisa jadi langkah yang baik untuk memperoleh lebih banyak pelanggan, walaupun itu artinya persetase pendapatan yang masuk ke YouTube lebih kecil.

Keuntungan tambahan lain yang bisa didapatkan oleh YouTube adalah mereka bisa menempatkan lebih banyak iklan, cuplikan dan juga film gratis kepada pengguna. Kalau pengguna ingin berlangganan, maka mereka bisa membayar layanan lewat YouTube.

Sementara itu, menggabungkan layanan streaming dengan layanan lain bukan strategi baru dalam bisnis. Disney contohnya, mereka menggabungkan Disney Plus, ESPN Plus dan Hulu dalam satu bundel.

Disney Amerika baru-baru ini bahkan mengumumkan rencana untuk menaikkan harga mulai bulan Agustus 2022. Disney Amerika juga bakal merilis level langganan baru yang didukung iklan pada akhir tahun ini.

Nah kalau YouTube berhasil melakukan hal yang sama seperti Disney, YouTube mungkin bisa menjadi pusat hiburan utama nantinya. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: