Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Rocket Q, SSD Laptop 8TB Terbesar di Dunia Besutan Sabrent

Indri Penulis

Sabrent resmi meluncurkan SSD 8TB bernama Rocket Q. Rocket Q sekarang resmi menyandang gelar SSD laptop terbesar di dunia lho.

Persaingan dalam pembuatan peripheral laptop atau komputer kini semakin sengit. Mulai dari persaingan dalam pembuatan prosesor, GPU, sampai SSD sekaligus.

popculture.id

Bicara mengenai SSD, gelar SSD terbesar saat ini masih dipegang oleh ExaDrive DC100 dari Nimbus Data. SSD yang satu ini punya ukuran sampai 100TB.

Tapi untuk SSD laptop, ada yang berhasil mencetak rekor baru nih. Sabrent baru saja meluncurkan SSD laptop berukuran 8TB bernama Rocket Q. Rocket Q diklaim sebagai SSD laptop terbesar di dunia. Hm, benarkah begitu?

Spesifikasi SSD Sabrent Rocket Q 8TB

Sebelumnya tidak ada rumor apapun dari Sabrent. Namun beberapa waktu lalu, perusahaan secara mengejutkan malah meluncurkan SSD Rocket Q (SB-RKTQ-8TB).

Sumber Gambar : Sabrent

Sebenarnya Rocket Q bukan SSD terbesar di dunia ya. Tapi Rocket Q adalah SSD terbesar yang bisa kalian colokkan ke laptop dengan slot M2. Sebelumnya SSD laptop terbesar dipegang oleh Micron 5210 Ion dengan ukuran 7,7TB.

Soal spesifikasinya, SSD ini memakai model PCle Gen3 (bukan Gen4). Rocket Q telah mendukung perintah TRIM dan SMART.

Selain itu, Rocket Q memakai chip Micron QLC dan pengontrol Phison E125. SSD ini tidak memakai teknologi TCL seperti yang lain.

Oya, SSD ini juga punya fitur advanced wear levelling, bad block management dan over-provision. Fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan kinerja dan masa penyimpanan drive.

Layaknya drive Sabrent lainnya, Rocket Q juga dibekali perangkat lunak Acronis True Image. Jadi pengguna bisa membuat kloningan drive dengan mudah.

Untuk masalah kecepatan baca / tulis memang belum tersedia. Tapi karena SSD 4TB menghasilkan kecepatan 3,4GBps / 3GBps pada saat baca / tulis, dan 0,49 / 0,68 MIOPS saat baca / tulis 4K, mungkin model 8TB bisa lebih cepat.

Sampai sekarang Sabrent belum mengumumkan harga SSD ini. Tapi karena versi 4TB adalah 2,5 kali harga model 2TB, kemungkinan model 8TB bakal dijual dengan harga di atas $ 1.900.

    %d blogger menyukai ini: