Resmi: Samsung Galaxy S22 Ultra Meluncur Gantikan Seri Note

S Pen punya slot khusus

Samsung Galaxy S22 Ultra
Anom Penulis

Akhirnya Samsung mengumumkan smartphone seri Galaxy S22 di acara Galaxy Unpacked 2022. Termasuk di dalamnya Galaxy S22 Ultra yang menggantikan ponsel seri Note Samsung.

Memang Galaxy S21 Ultra sudah mendukung fitur S Pen. Namun ponsel itu belum memiliki slot khusus seperti seri Note. Bentuknya pun masih sama dengan seri S21 non-Ultra. Namun versi Ultra tahun 2022 ini berbeda.

Seperti kata TM Roh, Pimpinan Samsung Electronics’ MX Business, “Galaxy S22 Ultra mengambil fungsi paling disukai dari Galaxy Note dan aspek paling dipuji dari seri S dan menggabungkannya menjadi satu pengalaman perangkat bergerak yang unik.”

Desain Berbeda dengan Seri S22 Lain

Ya, berbeda dengan tradisi sebelumnya, versi Ultra tahun 2022 punya desain yang tidak sama dengan seri S22 lain. Secara keseluruhan, bentuknya memang lebih mirip seri Note. Perhatikan sudut-sudut yang lebih “persegi” jika kita lihat dari depan.

Lalu di bagian bawah juga terdapat slot khusus S Pen. Lagi-lagi, sebuah fitur khas Galaxy Note. S Pen ini juga sudah lebih baik dari sebelumnya. Tingkat latensinya 70% lebih rendah dari S Pen di Galaxy S21 Ultra.

Galaxy Seri S Paling Powerful

Samsung menyebutkan kalau ponsel ini memakai chipset 4nm. Jadi kemungkinan itu adalah Exynos 2200 atau Snapdragon 8 Gen 1. Bersama chipset ini juga hadir dukungan WiFi 6E yang super cepat (2X WiFi 6). Yang nggak kalah seru, Samsung kembali memberikan pilihan penyimpanan 1TB.

Untuk layarnya, Samsung memasang layar 6,8 inci dengan Dynamic AMOLED 2X, yang mampu menyesuaikan refresh rate sampai 120Hz dan memiliki kecerahan puncak 1750 nits. Samsung juga memberikan fitur Vision Booster yang akan menyesuaikan kecerahan layar dengan cahaya sekitar, sehingga lebih nyaman dilihat.

Untuk kamera, konfigurasinya tidak terlalu jauh berbeda dengan Galaxy S21 Ultra, dengan 4 kamera belakang dan yang utama (wide angle) berkualitas 108MP. Sedangkan di depan ada kamera selfie berkualitas 40MP.

Samsung menyebutkan kalau sensor kamera memiliki ukuran pixel 2,4µm yang memungkinkan menangkap cahaya lebih baik. Lalu ada pula lensa Super Clear Glass sehingga kamu bisa merekam video malam tanpa flare.

Ada satu lagi yang tidak kalah penting. Samsung berjanji akan memberikan update sistem operasi sampai 4 generasi Android ke depan. Ini mendekati iPhone yang mendapat sekitar 5 update iOS dan mengalahkan Google Pixel 6 yang hanya dapat 3 update OS Android.

Punya Edisi Khusus

Samsung Galaxy S22 Ultra hadir dalam pilihan warna Phantom Black, Phantom White, Green dan Burgundy. Serunya, ponsel ini punya edisi khusus yang hanya bisa kamu dapat jika memesan secara online di website resmi. Namun sayang, kelihatannya edisi ini tidak tersedia di Indonesia.

Sekedar info, warna eksklusif Samsung Galaxy S22 Ultra tersedia dalam 3 pilihan: Graphite, Red dan Sky Blue.

Harga dan Ketersediaan

Smartphone unggulan Samsung ini tersedia dalam beberapa pilihan berdasar kombinasi RAM dan kapasitas penyimpanan. Kelihatannya versi dengan kapasitas 1TB tidak tersedia di Indonesia.

Harga Samsung Galaxy S22 Ultra adalah:

  • 8GB + 128GB – Rp 17.999.000
  • 12GB + 256GB – Rp 18.999.000
  • 12GB + 512GB – Rp 20.999.000

Berdasar Samsung Indonesia, periode promo pre-order berjalan tanggal 9 Februari – 3 Maret 2022. Kamu bisa cek situs Samsung Indonesia untuk informasi lebih jauh.

    %d blogger menyukai ini: