Optimalkan Saran Aplikasi dan Game di Play Store

aplikasi di play store

Kita semua tahu kalau Play Store hobi memberi saran aplikasi dan game. Pertanyaannya, bagaimana cara agar saran aplikasi dan game di Play Store itu lebih sesuai dengan selera kita?

Hal pertama yang harus kamu sadari adalah Play Store mempelajari aplikasi dan game apa saja yang akan menarik minat kita. Misalnya melalui cara memakai Play Store dan aplikasi yang kita pasang di handphone. Dari situ mereka menawarkan aplikasi lain yang mirip dengannya.

Tapi seiring berkembangnya waktu, aplikasi yang kita pasang bisa saja berbeda. Tidak selalu sama. Apalagi kalau kamu hobi coba-coba aplikasi dan game (seperti saya). Begitupun ketika kita berganti ponsel dan ada aplikasi bawaan dari ponsel sebelumnya yang tidak kita pasang lagi (mungkin dulu ada aplikasi dari EMUI, dan sekarang pakai ZenUI).

Hal tersebut bisa membuat proses pelacakan Play Store menjadi terganggu. Tidak heran, kadang sering muncul saran aplikasi dan game yang tidak sesuai dengan minat kita sebenarnya.

Agar supaya saran dari Play Store lebih jitu, paling tidak ada dua hal yang bisa kamu lakukan.

Tandai Aplikasi Sebagai Tidak Tertarik

Kalau kamu melihat saran aplikasi atau game yang tidak menarik minatmu, kamu bisa menandainya. Bagaimana caranya?

  1. Tekan dan tahan aplikasi tersebut sampai keluar context menu atau pop up menu,
  2. Pilih ‘Tidak Tertarik’ (‘Not Interested‘).

tandai aplikasi tidak menarik

Hapus Aplikasi dari Koleksi

Berikutnya, kamu bisa menghapus aplikasi dan game yang tidak kamu suka dari daftar aplikasi yang pernah kamu pasang. Bagaimana caranya?

  1. Buka ‘Menu‘,
  2. Pilih ‘My Apps & Game’,
  3. Pilih ‘Koleksi‘ dari tab di atas,
  4. Hapus aplikasi bersangkuatn dengan menekan tanda X di sebelah kanan.

hapus aplikasi dari koleksi

Kedua langkah di atas akan memberitahu Play Store bahwa kamu benar-benar tidak tertarik pada aplikasi dan game bersangkutan. Pada akhirnya, Play Store juga akan mengurangi saran aplikasi dan game sejenisnya.

Dengan begitu, semua saran aplikasi dan game yang muncul di Play Store akan lebih sesuai dengan seleramu. Tentunya, dengan tidak adanya aplikasi yang tidak sesuai, akan muncul konten baru yang mungkin lebih cocok dan aplikasi yang lebih berguna.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.