Instagram Rilis “Security Checkup” & 2FA Lewat WhatsApp

Instagram meluncurkan fitur baru bernama “Security Checkup.” Instagram juga akan hadirkan otentikasi dua faktor (2FA) WhatsApp.

Fitur Security Checkup resmi diumumkan Instagram pada tanggal 13 Juli 2021, di halaman resminya. Apa yang bisa diharapkan dari fitur ini? Mari kita cek.

Dengan adanya fitur ini, orang yang akunnya pernah di-hack orang lain, bakal melihat form permintaan saat mereka akan login Instagram. Form tersebut akan menanyakan apakah mereka ingin memulai pemeriksaan keamanan atau tidak.

Kalau mereka melanjutkan ke tahap pemeriksaan, Security Chekcup bakal memandu pengguna lewat langkah-langkah keamanan. Seperti mengonfirmasi kalau ada akun yang pernah membagikan informasi login, meninjau aktivitas login, sampai memperbarui informasi kontak pemulihan (email & nomor HP).

Sumber : Instagram

Selain mengumumkan fitur pemeriksaan keamanan, dalam pengumumannya Instagram juga menyarankan orang-orang untuk mencoba langkah-langkah di bawah ini agar akunnya lebih aman.

Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor

Instagram sangat menyarankan agar penggunanya bisa mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor. Fitur ini sebenarnya sudah ada cukup lama.

Namun selama ini, pengguna Instagram cuma bisa mengaktifkan otentikasi dua faktor pakai nomor HP atau aplikasi autentikator.

Sumber : Instagram

Nah, kabar baiknya, dalam beberapa minggu lagi Instagram bakal mendatangkan fitur otentikasi dua faktor (2FA) lewat WhatsApp. Saat fiturnya sudah tersedia, kamu bisa melindungi akun Instagram memakai nomor WhatsApp di negara tertentu.

Memperbarui Nomor HP dan Email

Pastikan nomor HP dan email yang terhubung ke Instagram-mu adalah yang terbaru (alias sekarang masih aktif kamu pakai). Jadi nanti kalau ada sesuatu yang terjadi di akunmu, Instagram bisa menghubungimu via email/nomor HP.

Sumber : Instagram

Menariknya, tips yang kedua ini memungkinkan kamu memulihkan akun Instagram-mu meskipun informasi akunmu sudah diubah oleh hacker.

Laporkan Konten/Akun Mencurigakan

Tips ini terbilang sangat sederhana. Jadi kalau menemukan akun spam/akun milik orang yang kamu curigai seorang hacker, laporkan saja akunnya ke Instagram. Caranya klik profil akun tersebut, dan laporkan langsung dari profil.

Sementara kalau kamu menemukan konten spam/konten yang mencurigakan, klik titik tiga yang ada di bagian atas konten dan pilih “Laporkan.”

Aktifkan Permintaan Masuk

Kalau kamu mengaktifkan fitur ini, setiap kali ada orang yang mencoba masuk ke akunmu dari perangkat/browser web yang tak dikenal Instagram, kamu akan mendapatkan notifikasi (berupa perangkat yang coba masuk dan lokasinya berasal dari mana).

Sumber : Instagram

Kamu bisa menyetujui atau menolak permintaan masuk dari perangkatmu. Kalau akun tersebut sudah pernah masuk akun Instagram-mu dan masih menyimpan akses login sampai sekarang, buka “Pengaturan > Keamanan > Aktivitas Masuk.” Setelah itu, keluarkan perangkat tersebut dari daftar Aktivitas Masuk.

%d blogger menyukai ini: